- Laptop, Macbook, Peripheral, Tutorial

Mau Beli Laptop Atau Komponen PC Tapi Takut Kemahalan? Baca Dulu Tipsnya Disini

Membeli Laptop atau bahkan sebuah komponen PC biasanya tidak terlepas dari sajian harga. Dan terkadang, kita suka melihat banyaknya varian harga berbeda-beda yang ditawarkan oleh para penjual, sehingga ini bisa membuat kita suka merasa jauh lebih sulit untuk menentukan pilihan.

Untuk itulah, kami akan sedikit memberikan tips agar kamu tidak salah dalam memilih barang yang kamu impikan sesuai dengan harga yang disarankan oleh produsen (atau bahkan tidak tertipu). Dan itu juga bisa menjadi sesuatu yang sangat baik sebagai patokan kamu saat berencana untuk membeli beberapa pilihan komponen PC atau laptop, termasuk membandingkan harga yang ditawarkan dengan penjual lain (termasuk pelayanan dan kemudahan klaim garansi).

Baca juga : Mau Beli Laptop Gaming Berbasis Nvidia Graphic Card? Official Store Langkah Terbaiknya

Nah, hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum membeli sesuatu adalah nilai MSRP ( Manufacturer Suggested Retail Price) atau bisa dikatakan sebagai harga eceran yang disarankan dari produsen. Ini bisa diartikan sebagai stiker harga yang biasa kita lihat pada label harga di toko swalayan saat kamu membeli sesuatu di sana. Dan ketika kamu sudah bisa mengetahui harga dasar yang disarankan oleh produsen, setidaknya kamu sudah memiliki modal atau patokan saat berencana untuk barang yang kamu impikan selama ini.

Pertanyaannya, saya suka melihat varian harga yang berbeda-beda dari setiap toko, apakah ini normal? Tentu saja itu normal, selama selisih harga dari barang tersebut tidak melebihi nilai SRP. Contohnya, ketika di toko A kamu melihat harga sebuah VGA dengan selisih harga sekitar antara 50ribu atau hingga 200 ribuan lebih dengan nilai MSRP, itu bisa menjadi sesuatu yang normal dan tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Disini, kamu bisa mencarinya pada toko lain dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, atau bahkan bisa lebih murah.

Dan jika kamu melihat seorang penjual yang menawarkan barang jauh lebih tinggi di atas harga yang disarankan oleh produsen, maka sebaiknya hindari hal seperti ini. Itu tentu akan sangat merugikan kamu dari sisi anggaran, apalagi jika harga yang ditawarkan melebihi selisih hingga jutaan.  Nah, hal yang sama juga berlaku jika kamu melihat penawaran harga jauh lebih murah di bawah batas kewajaran (meskipun mereka mengatakan bahwa ini barang baru). Bisa saja itu hanya sebuah trik untuk menipu konsumen dengan godaan harga yang sangat murah.

Bagaimana caranya untuk melihat MSRP pada barang tertentu? Kamu bisa melihatnya di situs resmi dari produk yang ingin kamu impikan, atau mencarinya secara online. Setidaknya, ada sesuatu di luar sana yang menunjukan nilai harga pasti dari barang tersebut.

Jadi, itu dia beberapa tips kami yang mungkin saja bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi kamu, apalagi jika berencana untuk membeli beberapa komponen pc tidak lama lagi.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat