- Mouse, Peripheral, Tutorial

Antara Wired Mouse & Wireless Mouse, Mana Sih Yang Ideal?

Ada banyak pilihan perangkat mouse hebat yang sudah hadir di luar sana, namun terkadang kita suka bingung saat akan menentukan pilihan yang pas. Apalagi, jika itu berkaitan antara Wired Mouse alias Mouse dengan fitur kabel yang selalu melekat dan Wireless Mouse alias mouse yang hadir secara nirkabel. Pertanyaannya, manakah pilihan yang ideal antara kedua perangkat ini?

Meskipun jawaban yang disajikan bisa bervariasi dan tergantung pada kebutuhan pengguna, namun kami akan memberikan sejumlah penjelasan yang bisa memberikan pandangan yang jauh lebih luas mengenai kedua perangkat antara Wired Mouse dan Wireless Mouse, baik dari sisi keunggulan maupun minusnya.

Baca juga : 5 Pilihan Mouse Gaming Murah 200 Ribuan Dengan Segudang Fitur Hebat

Antara Wired Mouse Atau Wireless Mouse, Keuntungan & Sisi Minusnya

1. Wired Mouse Alias Mouse Kabel

Sebuah perangkat Wired Mouse atau biasa kita menyebutnya sebagai mouse kabel biasanya hadir dengan fitur kabel yang melekat tetap pada perangkat tersebut. Ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi pengguna, namun juga memiliki sisi minus yang terkadang cukup membuat kita semua jengkel. Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai penjelasan dari sisi keuntungan saat memiliki perangkat ini, termasuk sisi minusnya, mari kita ungkap detailnya di bawah ini.

Wireless Mouse

a. Keuntungan

Salah satu Benefit utama yang bisa didapatkan pengguna saat memiliki Wired Mouse adalah nilai harga yang jauh lebih murah, lebih tahan lama dan tentu saja tidak ada “jeda” waktu yang selalu menjadi masalah utama pada Wireless mouse, dimana ini sangat berpengaruh bagi para gamer, apalagi jika mereka berhadapan dengan gaming yang membutuhkan tingkat respon tinggi. Disamping itu, perangkat ini tidak membutuhkan daya extra untuk membuatnya berfungsi, dimana kamu hanya tinggal Plugin pada colokan USB dan semua hal akan baik-baik saja.

b. Minus

Sedangkan untuk sisi minusnya, terkadang kehadiran kabel menjadi salah satu kendala bagi pengguna untuk bergerak jauh lebih luas, sehingga ruang mobilitas yang disajikan pada Wired Mouse sangatlah terbatas, apalagi jika kamu memiliki kebiasan yang buruk dalam urusan manajemen kabel. Itu tentu tidaklah nyaman untuk dilihat dari sudut estetika.

2. Wireless Mouse

Sedangkan untuk urusan Wireless Mouse, perangkat ini memiliki fitur nirkabel dimana hal tersebut bisa dilakukan melalui Transmitter alias pemancar. Jadi ketika kamu membeli sebuah Wireless mouse, ini akan hadir dalam dua pilihan perangkat, plus baterai yang tertanam dalam mouse. Disisi lain, mouse ini sepenuhnya hadir tanpa kabel sehingga bisa memberikan banyak manfaat bagi pengguna.

Wireless Mouse

a. Keuntungan

Sebuah Wireless Mouse biasanya memiliki banyak sisi positif yang bisa didapatkan oleh pengguna, namun apa yang membuatnya hebat adalah fitur Wireless yang disajikannya, dimana denga hadirnya fitur ini, kamu seolah bisa menggerakan semua hal pada layar tanpa ada batasan jarak dan tentu saja kemudahan dalam ruang yang jauh lebih luas.

Jika dibandingkan dengan Wired Mouse, pengguna yang memakai Wireless mouse biasanya memiliki gerak yang jauh lebih fleksibel, termasuk penempatannya. Ini sangat ideal untuk pengguna laptop atau bahkan pengguna yang memakai TV sebagai layar utamanya. Disamping itu, pengguna yang memiliki perangkat ini juga memiliki keuntungan lain dalam urusan manajemen kabel, dimana kamu tidak harus berurusan lagi dengan semrawutnya kabel yang biasa ditawarkan pada mouse kabel.

b. Minus

Sedangkan untuk sisi minusnya, sebuah perangkat Wireless mouse biasanya memiliki keterbatasan dalam waktu respon, sehingga perangkat ini terkadang tidak terlalu ideal bagi para gamer, khususnya bagi mereka yang membutuhkan perangkat tersebut pada beberapa skenario game Fps. Tentu, kehadiran jeda waktu untuk menyalurkan terlebih dahulu melalui pemancar menjadi salah satu penyebabnya.

Harga yang ditawarkannya pun pada umumnya terasa jauh lebih mahal (meskipun tidak semuanya), sehingga pengguna yang menginginkan perangkat ini tentu harus mengeluarkan biaya extra. Dan terakhir, perangkat ini membutuhkan daya extra untuk membuatnya bekerja, sehingga ini bisa memberikan batasan bagi pengguna untuk melakukan aksi jauh lebih Panjang.

Manakah Pilihan Yang Ideal?

Meskipun ini bisa relatif berbeda dalam jawabannya untuk setiap pengguna, namun setidaknya kami bisa memberikan saran saat kamu menginginkan salah satu dari kedua perangkat ini, terlebih lagi saat berhadapan dengan beberapa kasus, diantaranya adalah :

  1. Wired Mouse : Pilihan ini bisa menjadi yang terbaik, jika fokus utama kamu adalah gaming yang membutuhkan waktu respon cepat, atau juga menginginkan pilihan yang terasa jauh lebih murah dan tidak menginginkan banyak perangkat extra didalamnya.
  2. Wireless Mouse : Pilihan ini bisa sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan ruang mobilitas yang jauh lebih luas dan tidak terbatas pada penggunaan satu tempat saja. Ini bisa menjadi pendaming ideal bagi pengguna laptop maupun pengguna kasual office yang tidak membutuhkan waktu respon cepat.

Nah, itu dia sedikit penjalasan kami mengenai Mouse Wireless maupun Wired mouse, dimana keduanya bisa menjadi pilihan paling handal untuk beberapa skenario. Semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Antara Wired Mouse & Wireless Mouse, Mana Sih Yang Ideal?

Comments are closed.