- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Nvidia GeForce RTX 2060 Terbukti Sangat Tangguh, Jauh Lebih Baik Dibanding GTX 1070 Ti

Nvidia GeForce RTX 2060 siap menjadi kandidat GPU terbaik untuk segmen midrange. Dan bukan tanpa alasan, hal tersebut setidaknya sudah dibuktikan oleh PCWorld yang sudah mendapat akses dalam review terbarunya. Seri ini bahkan bisa memberikan tantangan hebat untuk gaming 1440p serta bisa mengalahkan kekuatan GTX 1070 Ti dengan mudah.

Kartu grafis Nvidia itu sendiri resmi dirilis seminggu kemarin, dimana produsen mengklaim bahwa RTX GPU kini disajikan dengan pilihan yang jauh lebih terjangkau, bahkan RTX 2060 juga memiliki fitur teknologi masa depan, Ray Tracing.

Baca juga : Nvidia Siap Sajikan GPU RTX Series Untuk Segmen Laptop, Desain Max-Q Jauh Fleksibel

Spesifikasi GEFORCE RTX 2060 FOUNDERS EDITION 
 CUDA® Cores 1920
 RTX-OPS 37T
Giga Rays/s 5
Boost Clock (MHz) 1680
Base Clock (MHz) 1365
Memory Speed 14 Gbps
Standard Memory Config 6 GB GDDR6
Memory Interface Width 192-bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 336 GB/s
Standard Display Connectors DisplayPort, HDMI, USB Type-C™, DVI-DL
Graphics Card Power (W) 160W
Harga $ 349

Nvidia GeForce RTX 2060 membawa kekuatan 6GB GDDR6 192-bit dengan tenaga CUDA sebesar 1920. Jika dibandingkan dengan GTX 1060, nilai spesifikasi yang disajikan tentu jauh lebih tinggi, apalagi RTX 2060 juga membawa dukungan Tensor Core hingga 240 dan RT Core sebesar 30. Sedangkan untuk sajian spesifikasi lainnya, seri ini hadir dengan jumlah Texture unit sebesar 120, ROPs 48 meski clockspeed yang disajikan jauh lebih rendah dengan kecepatan maksimum hingga 1680Mhz.

Namun, tingkat kecepatan yang memori yang disajikan pada RTX 2060 bisa jauh lebih cepat hingga 14 Gbps dan memori Bandwith hingga 336.1GB perdetik. Ini artinya seri tersebut membawa nilai dua kali lipat jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan seri GTX 1060 yang hanya menyajikan tingkat kecepatan memori hingga 8 Gbps dan memory Bandwith hanya sebesar 192 GB perdetik.

Nvidia GeForce RTX 2060
Via PCWorld

PCWorld membuktikan bagaimana hegemoni sebuah RTX 2060 dalam gaming, dimana nilai Fps yang disajikan rata-rata untuk judul AAA game terbaru bisa memberikan nilai hingga diatas 70 Fps rata-rata. Seri ini bahkan hampir mengimbangi seri Radeon Vega 64 ataupun GTX 1080 Ti, yang terpaut hanya sekitar beberapa Fps saja.

Nvidia GeForce RTX 2060

Dan tidak hanya itu saja, seri ini juga bisa memberikan kinerja Ray Tracing yang cukup menyenangkan, dimana nilai FPS yang disajikan tidak turun secara drastis, dengan nilai terendah hanya sebesar 65Fps saja, meskipun mereka tidak memebrikan lebih detail mengenai sisi pengaturan.

Nvidia GeForce RTX 2060
Via PCWorld

Disisi lain, konsumsi daya yang disajikan juga ternyata jauh lebih rendah, dimana situs ini juga memperlihatkan bagaimana konsumsi daya GeForce RTX 2060 Founder Edition hanya mengkonsumsi daya hingga 284 Watt saja saat sedang dalam keadaan penuh saat menguji beberapa game.

Jadi, Nvidia GeForce RTX 2060 tampaknya akan membawa suguhan menarik bagi penggemar, apalagi bagi mereka yang berencana untuk membeli kartu grafis terbaru yang membawa nilai terbaik. Bahkan, seri tersebut layak dipertimbangkan sebagai pilihan utama, meski sajian harga yang disajikan di negara kita masih menjadi misteri besar. Hanya saja, jika ini memiliki nilai harga sekitar 5 sd 7 jutaan, pilihan ini tentu akan mendapat tempat yang sangat layak bagi pengguna.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Nvidia GeForce RTX 2060 Terbukti Sangat Tangguh, Jauh Lebih Baik Dibanding GTX 1070 Ti

Comments are closed.