Penjelasan Intel Chipset LGA 1151 & Kompabilitas Generasi Prosesor

Penjelasan Intel Chipset LGA 1151 & Kompabilitas Generasi Prosesor

Intel Soket LGA 1151 merupakan pilihan soket terlama sejak diperkenalkan seri prosesor Intel generasi ke-6 SkyLake series tahun 2015 silam. Hingga kini, LGA 1151 masih berlaku pada barisan CPU terbaru Coffee lake generasi ke-8 maupun ke-9. Dan terkadang, kita suka dibuat bingung pada pemilihan chipset motherboard yang sesuai dengan seri tersebut, karena ada 3 generasi yang sudah hadir hingga hari ini.

Untuk itulah, mari kita sederhanakan kembali cara penyampaian tim biru dalam penjelasan seri chipset Intel yang bisa dipakai pada barisan CPU Intel soket LGA 1151, termasuk dukungan prosesor yang bisa disajikan oleh mereka. Sehingga, kamu bisa memilih seri prosesor dan motherboard yang pas dalam hal kompabilitas, dan pastinya kamu tidak akan salah memilih saat berencana untuk membeli CPU dari Intel (termasuk Mobo).

Baca juga : Intel Core i9-9900K & Core i7-9700K, Apa Yang kami Ketahui Sejauh Ini

Penjelasan Soket Intel LGA 1151

Soket Intel LGA 1151 (juga dikenal sebagai Socket H4) datang dalam dua versi berbeda, yakni pilihan soket yang kompatible dengan mikroprosesor Intel Skylake dan Kaby Lake yang dikenal sebagai revisi pertama, dan revisi kedua yang hanya mendukung CPU Coffee Lake.

LGA 1151 dirancang sebagai pengganti LGA 1150 (dikenal sebagai Socket H3) dan memiliki 1151 pin yang menonjol untuk melakukan kontak dengan bantalan pada prosesor. Kebanyakan motherboard untuk soket revisi pertama biasanya mendukung beberapa jenis memori, termasuk DDR3 (L), Slot DDR3 hingga DDR4, tetapi hanya satu jenis memori yang dapat dipasang. Sedangkan Motherboard soket revisi kedua hanya mendukung memori DDR4.

Skylake, Kaby Lake, dan Coffee Lake tidak mendukung antarmuka PCI konvensional lama; Namun, vendor motherboard dapat menerapkannya dengan menggunakan chip eksternal. Disisi lain, keuntungan pengguna yang memiliki soket LGA 1151, 1150, 1155, dan 1156 adalah urusan heatsink, diaman fitur ini dapat dipertukarkan karena semuanya memiliki jarak yang sama 75 mm antara setiap lubang sekrup.

Dukungan Chipset Intel Pada Soket LGA 1151

Hingga kini, ada sudah ada generasi ke tiga dalam urusan chipset Intel yang mendukung soket LGA 1151, namun kamu perlu tahu bahwa beberapa diantaranya tidak kompatible dengan seri lama ataupun yang terbaru. Untuk lebih jelasnya, mari kita penjelasan lebih detail dibawah ini.

1. Intel Chipset 100 Series

Chip Intel seri 100 memiliki beberapa kategori yang biasa disajikan vendor motherboard, yakni seri H110, B150, Q150 H170, Q170 dan Z170. Semua pilihan ini mendukung prosesor Intel generasi ke-6 Skylake dan generasi ke-7 Kaby Lake (setelah pengguna mengupdate bios terbaru). Seri ini tidak mendukung barisan prosesor Intel Coffee Lake generasi ke-8 maupun generasi ke-9, termasuk juga tidak memiliki dukungan untuk Intel Optane Memory.

2. Intel Chipset 200 Series

Hal yang sama juga berlaku pada Chip Intel seri 200, dimana seri ini masih memiliki beberapa kategori yang sama, namun kode penomoran yang biasa disajikan vendor motherboard berada pada angka 2 sebagai awalnya, yakni seri B250, Q250, H270, dan Z270. Semua pilihan ini mendukung prosesor Intel generasi ke-6 Skylake dan generasi ke-7 Kaby Lake, dengan beberapa kelebihan utama biasanya dukungan memori yang lebih tinggi. Seri ini juga tidak mendukung barisan prosesor Intel Coffee Lake generasi ke-8 maupun generasi ke-9. Hal terbaik dari seri ini adalah dukungan Intel optane Memory, meski hanya berlaku pada prosesor Intel Core i3, Core i5 dan Core i7.

Intel Chipset LGA 1151

3. Intel Chipset 300 Series

Terakhir, generasi terbaru chipset Intel adalah seri 300, dimana dimensi fisik mungkin tetap tidak berubah, namun soket ini telah diperbarui dengan mengembalikan beberapa pin cadangan, menambahkan kekuatan untuk mendukung persyaratan CPU 6-core. Soket terbaru ini juga memindahkan pin pendeteksi prosesor, memecah kompatibilitas dengan prosesor dan motherboard sebelumnya.

Sehingga, chipset Intel seri 300 tidak kompatibel dengan CPU Skylake dan Kaby Lake, dimana barisan chipset ini hanya mendukung seri Coffee Lake generasi ke-8 maupun ke-9. Perlu dicatat juga bahwa selain Chip Z390, pengguna perlu mengupdate bios lama mereka ke pilihan yang terbaru untuk bisa mendeteksi prosesor Coffee Lake Refresh.

Ada 6 pilihan chipset yang disajikan Intel pada seri 300 ini, yakni seri H310, B360, H370, Z370 dan terakhir dan bisa menjadi pilihan paling mewah adalah Z390 terbaru yang baru dirilis awal bulan ini. Semua pilihan chipset 300 series ini hanya mendukung memori DDR4 dengan tingkat kecepatan yang jauh lebih tinggi, termasuk juga dukungan Intel Optane Memory.

Kesimpulan

Nah, itu dia sedikit penjelasan Chipset Intel terbaru yang masih disajikan pada soket LGA 1151, sehingga dengan semua hal yang kami jelaskan diatas, kini kamu setidaknya bisa mengetahui kebutuhan motherboard (atau juga Prosesor) yang ideal untuk kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com