- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

Hasil Re-Benchmark Core i9-9900K VS Ryzen 7 2700X, Jarak Yang Semakin Menipis

Sementara Intel mengklaim bahwa kehadiran prosesor Intel Core i9-9900K memiliki kinerja yang jauh lebih baik dengan tingkat perbedaan 50% jika dibandingkan Ryzen 7 2700X pada saat peluncuran, disisi lain, beberapa kalangan menyatakan bahwa klaim”sepihak” ini bisa mengaburkan kompetisi yang baik.

Hal tersebut juga diuraikan oleh orang-orang seperti Gamer Nexus dan Hardware Unboxed, dimana ada sejumlah kelemahan benchmark saat Intel membandingkan prosesor Core i9-9900K dengan 2700X. Mereka mengatakan bahwa, Intel tidak membawa kinerja “sesungguhnya” prosesor AMD Ryzen 7 2700X diluar kotak. Sehingga, hasil yang dilakukan tim biru pada saat peluncuran prosesor Intel 9h Gen menguntungkan barisan CPU terbaru tersebut, termasuk seri Core i9 untuk mainstream.

Baca juga : Konektivitas 5G Akan Semakin Bermakna, Intel Siap Menjadi Pilihan Pertama

Principled Technologies Uji Ulang Benchmark Intel Core i9-9900K

Untuk itulah, Principled Technologies sebagai penguji pihak ketiga kembali melakukan pengujian ulang dari kedua CPU, dimana mereka sebenarnya yang merilis hasil benchmark tersebut pada saat Intel merilis prosesor terbarunya 10 hari yang lalu. Hasilnya, perusahaan ini merilis dokumen terbaru terkait pengujian teranyar dengan hasil yang jauh lebih komperehensif, dimana klaim yang sebelumnya memiliki tingkat perbedaan kinerja hingga 50% kini jauh lebih berkurang dengan rata-rata perbedaan hanya terpaut sekitar 15% saja.

Beberapa media sebelumnya telah mencurigai bahwa tes metodoli uji coba benchmark yang dilakukan Intel pada saat peluncuran tidak seimbang, dimana ada beberapa alasan mengapa Intel Core i9-9900K memiliki kinerja yang jauh lebih baik, sementara prosesor AMD Ryzen 7 2700X dibatasi dalam hal sejumlah fitur, diantaranya adalah :

  • Intel hanya mengaktifkan “Game Mode ” dengan Ryzen Master pada sistem AMD, dimana fitur tersebut hanya ditujukan untuk Threadripper dan menonaktifkan setengah core CPU.
  • Ketika Intel Core i9-9900K pada saat pengujian memiliki pendingin CPU Hebat Noctua, Ryzen 7 2700X hanya diuji dengan pendingin CPU bawaan Wraith Cooler.
  • Tim Biru Tidak mengaktifkan profil XMP untuk sistem AMD, sehingga menghasilkan timing memori yang longgar. Sementara disisi yang berbeda, XMP diaktifkan pada sistem Intel dan memori telah dikonfigurasi dengan benar.

Benchmark itu sendiri terdiri dari 19 game dan termasuk beberapa CPU seperti Ryzen Threadripper 2950X, Ryzen 2700X, Intel Core i7-8700K dan Core i9-9900K. Penelitian sebelumnya memungkinkan Intel untuk menyimpulkan bahwa CPU senilai 7.3 jutaan ini memiliki kinerja hingga 50% lebih cepat dari AMD Ryzen 2700X. Principled Technologies menguraikan metodologi pengujian mereka dengan detail, yang tentu saja memungkinkan pers teknologi untuk secara cepat melihat beberapa kelemahan penting dalam prosedur pengujian mereka, sehingga hasilnya tidak relevan.

Principled Technologies Uji Ulang Benchmark Intel Core i9-9900K
Via Principled Technologies

Ketika dihadapkan oleh para penggila antusias dan komunitas peninjau teknologi, Principled Technologies mengakui bahwa ada beberapa kesalahan dan berjanji untuk menjalankan seluruh benchmark suite mereka lagi dengan metodologi pengujian yang direvisi. Dan kini, mereka mempublikasi hasil benchmark terbaru dari kedua prosesor tersebut, dimana tolak ukur yang sebelumnya memiliki jarak yang jauh, kini hanya terpaut hingga 15% secara keseluruhan.

Intel awalnya mempertaruhkan klaim “hingga 50% lebih cepat” pada Ashes of the Singularity, sebuah benchmark multi-threaded yang menuntut. Kita semua dapat membayangkan apa yang terjadi pada Ryzen 2700X ketika 4 core-nya dan 8 dari threadnya dinonaktifkan. Dan ketika chip itu berjalan pada kapasitas penuh, keunggulan kinerja itu turun menjadi 17%.

Tentu, Intel masih memiliki cukup banyak keunggulan pada prosesor terbaru mereka, hanya saja nilai perbedaan yang sesungguhnya kini tidaklah sebesar 50% yang diklaim mereka pada saat peluncuran. Dan ini bisa saja berbeda ketika seluruh situs review sudah mulai menikmati prosesor ini pada tanggal 19 oktober mendatang, dimana kita bisa melihat secara utuh bagaimana perbandingan sesungguhnya dari kedua CPU tersebut.

Untuk urusan harga itu sendiri, prosesor Intel Core i9-9900K akan tetap membebani konsumen hingga 66% lebih banyak daripada pesaing Ryzen-nya dengan nilai kisaran harga sekitar 7.3 jutaan, terlebih lagi jika dibandingkan dengan Ryzen 2700X yang hanya memiliki harga 4.9 jutaan. Termasuk juga sebelum pengguna membeli pendingin CPU sebagai nilai tambah, karena prosesor 9900K tidak datang dengan pendingin didalam kotak.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Hasil Re-Benchmark Core i9-9900K VS Ryzen 7 2700X, Jarak Yang Semakin Menipis

Comments are closed.