- Berita Terbaru, Internet, Serba-serbi, Technology

Konektivitas 5G Akan Semakin Bermakna, Intel Siap Menjadi Pilihan Pertama

Kehadiran teknologi konektivitas 5G bisa memberi sesuatu yang sangat berarti, bukan saja untuk urusan koneksi yang jauh lebih cepat. Untuk itulah, Intel siap memberikan pandangan yang jauh lebih bermakna dan memberikan visi baru, dimana tema 5G siap menanti masa depan mereka.

Menurut Sandra Rivera, wakil presiden senior dan manajer umum Intel, ia mengungkap bahwa komunikasi 5G memiliki potensi untuk membentuk kembali dan mendorong seluruh industri ke depan. Mulai dari infrastruktur kota dan otomatisasi industri hingga transportasi dan hiburan. Bahkan, konektivitas 5G akan menjadi kekuatan besar yang membawa penemuan dan inovasi baru. Hal tersebut diungkap pada selasa kemarin di acara KTT 5G Intel di Los Angeles.

Baca juga : Nvidia Siap Sempurnakan GeForce Now Dengan Sajian Koneksi 5G

Konektivitas 5G Akan Semakin Bermakna, Intel Siap Menjadi Pilihan Pertama

Intel sendiri menjadi tuan rumah KTT 5G di Los Angeles pada malam Mobile World Congress Americas untuk menyoroti kemajuan yang telah Intel buat dengan mitra mereka dalam uji coba 5G tahun ini. Hasilnya, ini bisa menunjukkan bagaimana perusahaan besar tersebut memungkinkan solusi 5G mereka menggunakan teknologi Intel. Intel sangat mempercayai bahwa komunikasi generasi berikutnya akan mengubah jaringan dan menyampaikan konten dengan cara yang lebih baru, lebih cepat, dan lebih efisien.

Konektivitas 5G
Sandra Rivera (paling kiri), wakil presiden senior dan manajer umum dari Jaringan Platform Group di Intel Corporation, menyambut panel pembicara pada Selasa, 11 September 2018, di Intel 5G Summit di Los Angeles, California. Panel termasuk (dari kiri): Mike Davies, Fox Sports; Robert Powers, Fox Innovation Lab; Igal Elbaz, AT & T; dan Jawad Manssour, Ericsson. (Kredit: Intel Corporation)

Pada 2035, rantai nilai industri 5G akan bernilai $ 2,5 triliun, dan “efek multiplier” 5G akan menghasilkan $ 10 triliun pendapatan, dan dampak ekonomi akan mencapai 2,2 juta pekerjaan di AS saja (atau $ 420 miliar dalam setahun AS PDB). Manfaat ini akan terlihat di dalam dan di luar industri telekomunikasi.

Dan untuk menyiapkan infrastruktur jaringan 5G, penyedia layanan komunikasi menukar perangkat keras fungsi-tetap untuk platform komputasi yang ditentukan perangkat lunak dan mendorong kecerdasan ke tepi jaringan. Langkah ini dapat menurunkan biaya, menyediakan kontrol jaringan dan otomatisasi yang lebih besar, dan melakukan komputasi di tempat yang paling dibutuhkan. Disini, Arsitektur Intel bisa memainkan peran penting dalam transformasi jaringan yang diperlukan untuk penyebaran 5G dengan memberikan kombinasi kinerja dan fleksibilitas yang ideal untuk menggerakkan jaringan cerdas dimana-mana.

Mereka bahkan telah bekerja sama dengan berbagai mitra, operator, dan perusahaan media tahun ini untuk melakukan lebih dari 25 percobaan teknologi nirkabel 5G. Dan ternyata mereka sukses dalam menghadirkan standar baru tersebut untuk mendorong peluncuran 5G jauh lebih dipercepat.

Visi untuk Media dan 5G

Video adalah jenis trafik yang tumbuh paling cepat saat ini, dimana mereka memperkirakan akan tumbuh hingga 45 persen per tahun hingga 2023. Dan dalam lima tahun kedepan, 73 persen dari semua lalu lintas data seluler adalah media. Hal ini didorong oleh kelaparan konsumen untuk streaming video, peningkatan waktu tonton dan evolusi menuju konten resolusi tinggi.

Selain itu, Latensi rendah konektivitas 5G akan mendorong munculnya realitas virtual (VR) dan augmented reality (AR) plus hiburan immersive lainnya jauh lebih istimewa. Warner Bros Entertainment bahkan akan memanfaatkan teknologi 5G dan mobile edge computing (MEC) yang berjalan di Intel untuk memberikan layanan konsumen baru, seperti hiburan berbasis lokasi yang disempurnakan dan game dengan pemain multi-akses.

Dengan hadirnya MEC, Warner Bros dapat meningkatkan pengalaman pengguna untuk AR dan VR, permainan, dan konsumsi konten, dimana secara harfiah bisa menciptakan masa depan hiburan dengan teknologi baru ini dan meningkatkan efisiensi dalam proses produksi dengan menggunakan kekuatan bandwidth tinggi 5G dan latensi rendah.

Ringkasnya, Konektivitas 5G bisa memberikan sesuatu yang lebih, termasuk beban kerja visual yang efektif dan semakin banyak bisnis yang menarik konsumen, termasuk mempercepat investasi dalam jaringan, aplikasi, infrastruktur, dan perangkat. Teknologi 5G bagi Intel tentu bisa memberikan makna baru, bahwa jaringan komunikasi generasi berikutnya akan memiliki kekuatan untuk mendefinisikan kembali seluruh industri dan menciptakan nilai yang jauh lebih fenomenal.

Sumber referensi & gambar : newsroom.intel.com

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat