- Gaming Gear, Hardware, Laptop, Prosesor

Acer Predator Helios 500 Bertenaga Ryzen Resmi Dirilis, Inilah Potensi Kehebatannya

Acer Predator Helios 500 dengan tenaga AMD Ryzen kini resmi dirilis di Indonesia. Ini bisa membawa peta kekuatan baru AMD maupun Acer dalam segmen gaming yang jauh lebih besar pengaruhnya. Terlebih lagi, seri ini bisa memberikan potensi menakjubkan bukan saja untuk Gamer, tapi juga sangat agresif dalam memberikan kinerja ampuh untuk aplikasi paling menuntut sekalipun.

Hal tersebut diungkap kemarin di Jakarta, dimana kedua produsen besar ini bergabung dalam satu tujuan utama, yakni memperkenalkan seri terbaru ini kepada media, termasuk seberapa hebat potensi kinerja yang mampu dihadirkan laptop gaming tersebut.  Acer Predator Helios 500 itu sendiri hadir dengan prosesor AMD Ryzen 2700 dengan kekuatan 8 Core dan 16 thread, serta memiliki GPU hebat bahkan untuk  kinerja gaming 4K sekalipun, Radeon Vega 56.

Baca juga : Acer Aspire 3 Ryzen Series Line Up : Spesifikasi, Harga & Pilihan Konfigurasi

Acer Predator Helios 500, AMD Ryzen Inside : Pandangan Umum

Spesifikasi  Acer Predator Helios 500
Operating System Windows 10 Home
Processor Model AMD Ryzen 7 2700 (8 Core/16 Thread, Up to 4.1 Ghz)
Standard Memory 16 GB DDR4 2400Mhz
Number of Total Memory Slots 4
Storage 256 GB SSD NVMe, Upgradeable Up to 512GB
1TB HDD
Display 17.3″ Full HD (1920×1080) IPS Panel With 144Hz Refresh Rate & AMD FreeSync
Wireless & Networking 2×2 IEEE 802.11ac
Gigabit Ethernet
BlueTooth 5.0
Grafis AMD Radeon RX Vega 56 8GB HBM2
Output 2 x USB Type C 3.1 Gen 2
3x USB 3.0
1x Display Port, 1X HDMI 2.0
Audio Waves MaxxAudio sound technology
Acer TrueHarmony Plus Technology
Acer Purified.Voice Technology with Two Built-in Microphones
Input Touchpad
Precision Touchpad (supporting Windows Modern Touchpad gestures)
Keyboard
Dedicated Numeric Keypad
Media Control Function Keys
Backlit four-zoned RGB Keyboard with anti-ghosting
Dimensions (W x D x H) 427.99 mm x 297.94 mm x 38.61 mm
Weight 4.00 kg
Battery 4-cell Li-ion Battery (4810 mAh)
Battery Life Up to 3.5 hours of battery life
Harga Rp 39.999.000

AMD kini berhasil menyempurnakan lini produk mereka untuk semua segmen, ketika seri ini juga hadir dalam jajaran laptop gaming Pure High-end. Hal yang sama juga berlaku untuk ACER, dimana mereka menjadi satu-satunya produsen yang memiliki pilihan produk paling lengkap, bahkan yang pertama dalam membawa prosesor Ryzen Desktop generasi kedua kedalam laptop gaming Predator Helios.

Acer Predator Helios 500 itu sendiri sebenarnya sudah cukup dikenal oleh gamer maupun kalangan umum sebagai salah satu laptop gaming paling gahar, nilai etestika yang buas termasuk fitur pendinginan yang paling hebat. Dan kini, kehadiran prosesor AMD Ryzen 7 2700 dan GPU Radeon Vega 56 menyempurnakan sisi kinerja yang jauh lebih hebat (termasuk juga dari sisi harga).

Acer Predator Helios 500
Dari Kiri ke kanan : Andreas Lesmana, Gaming Series Product Manager Acer Indonesia, Armawati Chen, Business Development Manager AMD Indonesia & Theresia HanydawatiProduct Manager PT.Acer Indonesia

Pilihan ini siap menjadi salah satu alternatif (atau pilihan utama) bagi para enthusiast yang menginginkan sebuah perangkat portable super handal, baik dari sisi desain maupun performa yang ditawarkannya.

Menurut Andreas Lesmana, Gaming Series Product Manager Acer Indonesia, ia mengatakan bahwa“ Sebagai gaming besar dari Predator, Acer Predator Helios 500 ini dirancang untuk pengalaman bermain game yang imersif dan akseleratif yang kini kami hadirkan juga dengan dukungan prodesor AMD Ryzen generasi kedua, plus GPU Radeon RX Vega 56 untuk seluruh hardcore gamers tanah air.”

Peluncuran ini tentu menjadi membawa banyak perubahan, dimana kita tidak harus selalu melihat Intel sebagai salah satu pilihan terbaik, namun juga perubahan besar AMD yang bisa memberikan nilai yang seimbang, termasuk untuk urusan prosesor Mobile.

Armawati Chen, Business Development Manager AMD Indonesia juga menyampaikan hal yang sama, dimana ia mengatakan bahwa “ Melalui peluncuran ini, AMD juga menunjukan komitmen kami untuk memberikan generasi baru kinerja pemrosesan dan grafis dalam sebuah form-factor Notebook Gaming High End bagi para gamers, konten creator dan pengguna Enthusiast dalam mendapatkan pengalaman komputasi yang super cepat dan lancar”.

Desain

Acer Predator Helios 500 mungkin bisa menjadi salah satu laptop gaming yang cukup besar, dengan tingkat ketebalan sekitar 3.8cm dan bobot sekitar 4.0Kg. Namun, produsen meyakinkan bahwa seri ini tidak kalah dalam sudut estetika, bahkan bisa membawa nilai keindahan terasa jauh lebih mempesona. Ia membawa konsep desain yang sangat futuristik, bahkan mengingatkan saya tentang sebuah mobil Mclaren seri Spider.

Betapa tidak, setiap detail mengandung karakteristik sportif, bahkan bentuk pendinginan yang menyerupai bagian belakang sebuah mobil sport bisa menambah nilai estetika yang jauh lebih menyenangkan. Dan tidak hanya itu saja, fitur pendinginan tersebut juga tidak hanya berfungsi untuk menambah nilai sudut estetika yang menarik, namun juga memiliki fungsi yang jauh lebih hebat lagi.

Acer sendiri mengatakan bahwa ia memiliki pendinginan paling mutakhir, bahkan yang terbaik. Betapa tidak, fitur pendinginan ini membawa empat knalpot dan dua intake yang bisa dengan cepat berputar di udara dingin dan mengeluarkan panas melalui desain unik. Hasilnya, ini memungkinkan laptop menjadi jauh lebih baik dalam urusan pendinginan, bahkan mampu meredam panas dengan cepat. Terlebih lagi, kehadiran AEROBLADE™ 3D FANS yang sangat populer bisa memberikan kinerja yang jauh lebih nyaman untuk dilalui, sehingga laptop akan baik-baik saja untuk penggunaan lama sekalipun.

Disisi lain, Acer juga membawa pilihan layar 17.3” yang cukup besar untuk memuaskan semua dahaga para gamer dengan tingkat kecerahan hingga 400 nits. Layar ini hadir dengan maksimum resolusi 1080p (1920×1080) plus sajian panel IPS yang bisa membawa nilai ketajaman jauh lebih menyenangkan, sudut pandang yang jauh lebih luas, bahkan ACER membawa tingkat refresh rate hingga 144Hz dan kehadiran teknologi AMD FreeSync. Tentu, pengguna nantinya tidak usah mengkhawatirkan masalah yang biasa hadir pada layar, termasuk screen stuttering maupun tearing.

Fitur Audio juga merupakan salah satu keunggulan yang dibawa laptop ini. Seri ini siap menyajikan kualitas audio paling hebat dengan hadirnya dua speaker dan sebuah subwoofer yang dipadukan dengan Acer True Harmony plus teknologi Wave MAXXAudio. Hasilnya, fitur audio akan terasa jauh lebih menyenangkan, bahkan bisa memberikan potensi suara yang jauh lebih mengesankan.

Sementara untuk urusan konektivitas, dua buah sajian utama hadir dalam port USB Type C 3.1 Gen 2 yang siap memberikan kinerja transfer data hingga 10Gbps dan kehadiran WLAN 2×2 802.11Ac yang bisa memberikan nilai yang jauh lebih efektif untuk urusan koneksi secara nirkabel. Bahkan, ia siap memberikan dukungan teknologi MIMO , artinya bahwa fitur ini bisa memaksimalkan kinerja konektivitas, dengan meminimalkan kesalahan dan mengoptimalkan kecepatan data.

Spesifikasi Internal

Untuk urusan spesifikasi internal, ada beberapa fitur unggulan yang bisa menjadi panggung utama Acer Predator Helios 500 ini bagi penggemar. Salah satunya datang dalam urusan tenaga komputasi dengan potensi yang jauh lebih besar dalam urusan kinerja jika dibandingkan dengan tim biru, AMD Ryzen 7 2700.

Spesifikasi  Ryzen 7 2700
Core Name Pinnacle Ridge
# of Cores / Threads 8C / 16T
Base Clockspeed / Max Boost 3.2 GHz /4.1Ghz
L1 Cache 768KB
L2 Cache 4MB
L3 Cache Yes
64-Bit Support 16MB
Manufacturing Tech 12nm
Thermal Design Power 65W
Hyper-Threading Support Yes
Memory Channel 2
Virtualization Technology Support Yes

Seri ini bisa menjadi rival utama dengan prosesor Intel Core i9-8950HK yang sebelumnya diklaim sebagai salah satu CPU mobile tercepat di dunia. Bahkan, overclocker senior di Indonesia, Alva “lucky_n00b” Jonathan membuktikan bahwa CPU tersebut membawa kinerja yang jauh lebih unggul, khususnya ketika hal tersebut berkaitan dengan kinerja multi-thread saat membandingkannya dengan prosesor Intel Core i9-8750HK.

Prosesor itu sendiri merupakan seri desktop yang sama dan sangat kompatible untuk mobile, bahkan memiliki nilai yang sama, baik clockspeed, nilai TDP maupun jumlah Core. Ini merupakan CPU dengan tenaga 8 core dan 16 thread, base clockspeed 3.2Ghz dan maksimum boost clock up to 4.1Ghz. Selain itu, CPU ini juga merupakan prosesor Ryzen generasi kedua dengan proses manufaktur 12nm, sehingga ia memiliki potensi yang sama dalam hal teknologi, termasuk fitur OC dan XFR 2 Boost.

Sedangkan untuk urusan grafis, kehadiran Radeon RX Vega 56 kini menjadi sejarah tersendiri, ketika seri ini berhasil disematkan pada perangkat portable. GPU ini memiliki tenaga yang sangat besar, bahkan bisa mewujudkan kinerja gaming 4K dengan pengaturan yang cukup ideal. Tentu, nilai spesifikasi yang dimiliki GPU tersebut membuatnya cukup diperhitungkan sebagai salah satu GPU handal, bahkan sedikit jauh lebih baik dari Nvidia GTX 1070.

Spesifikasi AMD Radeon RX Vega 56
Compute Units 56
Base Frequency Up to 1156 MHz
Boost Frequency Up to 1471 MHz
ROPs 64
Max Memory Size 8 GB HBM2
Stream Processors 3584
Texture Units 256
Transistor Count 12.5 B
Memory Speed (Effective) 1.6 Gbps
Memory Type (GPU) HBM2
Memory Interface 2048-bit
Max. Memory Bandwidth 410 GB/s

Seri ini membawa kekuatan 8GB HBM2 dengan jumlah Compute Units 56 dan maksimum clockspeed up to 1471Mhz. GPU ini juga hadir dengan Memory Interface sebesar 2048-bit dan mampu memberikan kinerja memory Bandwith hingga 410GBs. Tenaga besar tersebut mampu memberikan kinerja efektif untuk urusan gaming, terlebih lagi ia bisa menyajikan kinerja Peak Half Precision Compute Performance hingga 21 TFLOPs dan Peak Single Precision Compute Performance hingga 10.5 TFLOPs.

Dengan hadirnya Radeon RX Vega dalam sebuah laptop gaming, tidak ada lagi pengaturan high-kebawah yang akan ditemui pengguna, melainkan pengaturan terbaik yang sempurna dengan tingkat kenyamanan yang benar-benar mengesankan. Kamu bahkan bisa memberikan nilai plus untuk semua AAA gaming terbaru pada level 1080p.

Sisa spesifikasi lainnya yang dihadirkan secara default pada laptop gaming ini adalah pilihan RAM sebesar 16GB 2400Mhz, dimana pengguna juga bisa mengupgrade memori laptop hingga 32GB maksimum, terlebih lagi kehadiran Backdoor compartement bisa membuatnya terwujud tanpa perlu banyak pengetahuan besar untuk memulainya.

Disisi lain, kehadiran SSD NVMe yang sangat cepat juga hadir dengan kapasitas up to 512Gb, sehingga kinerja sistem akan jauh lebih cepat, termasuk waktu loading game yang sangat singkat. Mereka juga memberikan pilihan HDD standar dengan kapasitas 1TB, sehingga ini bisa menjadi kombinasi sempurna untuk sebuah sistem, terutama bagi mereka yang memiliki file besar didalamnya.

Harga & Simpulan Awal

Nah, berapakah nilai harga yang perlu dikeluarkan pengguna untuk mendapatkan laptop gaming ini? Tentu, ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk diucapkan, namun jika kamu memang tidak terbebani dalam urusan anggaran, harga yang ditawarkan laptop Acer Predator Helios 500 dengan seri Ryzen tersebut adalah 40 jutaan atau pastinya sekitar Rp 39.999.000 dan sudah tersedia di seluruh toko retail resmi di Indonesia.

Acer mengisyaratkan bahwa pengguna akan memiliki banyak keunggulan saat membeli laptop gaming tersebut, karena selain performa hebat yang bisa ditawarkannya, mereka juga akan menambahkan 3 bonus game terbaru, yakni Assasin’s Creed Odyssey, Star Control Origins dan Strange Brigade. Ini bisa menjadi kesepakatan yang baik bagi kamu, khususnya bagi mereka yang menginginkan sebuah perangkat gaming gear hebat plus bonus game terbaru yang cukup ditunggu banyak kalangan.

Terlepas dari semua hal yang telah kami sajikan diatas, Acer Predator Helios 500 tentu menjadi salah satu perangkat portable yang sangat diperhitungkan hari ini. Dan kehadiran tipe terbaru dengan tenaga komputasi AMD Ryzen 7 2700 bisa memberikan makna yang jauh lebih menyenangkan, terutama dari sisi performa maupun harga. Jika dibandingkan dengan seri Intel, harga yang ditawarkan mungkin akan memiliki nilai 2x jauh lebih tinggi. Sehingga, laptop gaming ini bisa menjadi salah satu opsi atau pilihan utama pengguna dengan nilai harga yang jauh lebih “terjangkau” jika dibandingkan dengan tim biru.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat