- Gaming Gear, Hardware, Motherboard

ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 : Motherboard Berkelas & Harga Pas

Dari sekian banyak pilihan motherboard X470, pilihan yang bisa memberikan nilai yang pas antara harga, kinerja, fitur dan bentuk desain bisa menjadi milik ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4. Dengan kisaran harga sekitar 2.7 jutaan, pilihan ini bisa memberikan solusi ideal bagi pembangun rig PC berdasarkan prosesor AMD Ryzen terbaru generasi kedua.

ASRock pada dasarnya selalu memberikan pilihan solid dalam setiap produk yang dihadirkannya, dan kini mereka juga memiliki pilihan berarti untuk seri mobo X470. Entah anda sedang mencari pilihan yang terbaik dengan kisaran harga terjangkau atau sisi bentuk desain dan fitur extra, seri ini bisa memberikan jawaban handal untuk semua jawaban.

Baca juga : 5 Pilihan Terbaik Motherboard X470 Dari ASROCK

ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 : Pandangan Umum

Spesifikasi ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4
CPU Socket TypeAM4, AMD Promontory X470
CPU TypeAMD AM4 Socket Ryzen Series CPUs (Summit Ridge, Raven Ridge and Pinnacle Ridge)
MemoryUp to DDR4 3466+ (OC), Dual Channel Up to 64GB
Expansion Slots2 x PCI Express 3.0 x16 Slots (single at x16 (PCIE1); dual at x8 (PCIE1) / x8 (PCIE4))*
4 x PCI Express 2.0 x1 Slots
Storage Devices6 x SATA3 6.0Gb/s Connectors
SATA 6Gb/s1 x Ultra M.2 Socket (M2_1), supports M Key type 2230/2242/2260/2280/22110 M.2 SATA3 6.0Gb/s module and M.2 PCI Express module up to Gen3 x4 (32Gb/s)*
1 x M.2 Socket (M2_2), supports M Key type 2230/2242/2260/2280 M.2 SATA3 6.0Gb/s module and M.2 PCI Express module up to Gen2 x2 (10Gb/s)*
Audio ChipsetRealtek ALC1220 7.1 Channels
LAN ChipsetIntel i211AT 10/100/1000Mbps
Rear Panel PortsPS/2
1 x PS/2 keyboard/mouse port
HDMI
1 x HDMI
RJ45
1 x RJ-45 LAN Port with LED (ACT/LINK LED and SPEED LED)
USB 3.1
1 x USB 3.1 Gen2 Type-A Port (10Gb/s) (Supports ESD Protection)
1 x USB 3.1 Gen2 Type-C Port (10Gb/s) (Supports ESD Protection)
6 x USB 3.1 Gen1 Ports (Supports ESD Protection)
Internal I/O ConnectorsOnboard USB
2 x USB 2.0 Headers (Support 4 USB 2.0 ports) (Supports ESD Protection)
2 x USB 3.1 Gen1 Headers (Support 4 USB 3.1 Gen1 ports) (Supports ESD Protection)
Other Connectors
1 x COM Port Header
1 x TPM Header
1 x Power LED and Speaker Header
1 x AMD Fan LED Header
1 x RGB LED Header
1 x Addressable LED Header
1 x CPU Fan Connector (4-pin)
1 x CPU/Water Pump Fan Connector (4-pin) (Smart Fan Speed Control)
3 x Chassis/Water Pump Fan Connectors (4-pin) (Smart Fan Speed Control)
1 x AMD LED Fan USB Header
1 x Dr. Debug with LED
Form FactorATX
LED LightingRGB
Dimensions (W x L)12.0" x 9.6"
Power Pin1 x 24-pin ATX Power Connector (Hi-Density Power Connector)
1 x 8-pin 12V Power Connector (Hi-Density Power Connector)
1 x 4-pin 12V Power Connector (Hi-Density Power Connector)
HargaRp 2.825.000 (Beli)

ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 hadir dengan bentuk faktor ATX , dan pilihan ini juga terhitung sangat baik dalam urusan desain. Kita bisa melihat sejumlah armor dengan sudut pandang kuat pada mobo tersebut. Selain itu juga ada banyak pilihan fitur yang disediakan produsen pada seri terbaru ini. Ada 3 pilihan power konektor untuk menghidupkan mobo tersebut, yakni 1 x 24-pin ATX Power Connector (Hi-Density Power Connector), 1 x 8-pin 12V Power Connector (Hi-Density Power Connector) dan 1 x 4-pin 12V Power Connector (Hi-Density Power Connector).

ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4

Bahkan, pilihan ini juga mendukung fitur Polychrome RGB. Intinya bahwa selain memiliki penerangan RGB built-in, ia juga dilengkapi dengan onboard header RGB dan header RGB yang memungkinkan motherboard bisa dihubungkan ke perangkat LED yang kompatibel seperti strip, kipas CPU, pendingin, sasis dan sebagainya. Pengguna juga dapat menyinkronkan perangkat LED RGB di seluruh aksesori bersertifikasi Polikrom RGB Sync untuk menciptakan efek pencahayaan unik mereka sendiri.

Pilihan ini juga membawa nuansa hitam dengan fitur warna PCB Matte Black. Ini merupakan skema warna hitam dan tembaga matte baru yang tampak misterius, sehingga layak dicocokkan dengan komponen bergengsi pada motherboard high-end ASRock. Dan seperti apa yang kami katakan pada bagian awal, fitur armor yang hadir memiliki fungsi tersendiri, dimana ia merupakan pelindung penutup yang dirancang melindungi pada semua bagian penting di dekat I / O belakang motherboard, sehingga tidak mudah rusak oleh listrik statis.

Ia juga hadir dengan penyerap panas paduan aluminium ekstra besar, dimana ini bisa secara efektif mengambil panas dari MOSFET dan chipset sehingga seluruh sistem dapat bekerja lebih stabil dan bisa bertahan jauh lebih lama, termasuk dalam skema yang paling menuntut sekalipun.

Kemudian hadir pula pilihan Power Choke Premium 45A , dimana pilihan ini bisa memberikan fitur jauh lebih ideal untuk membuat arus saturasi hingga tiga kali lebih baik, sehingga memberikan peningkatan dan peningkatan tegangan Vcore ke motherboard lebih stabil. Dan nyatanya produsen juga membawa kapasitor Nichicon 12K yang terkenal memiliki jangka hidup yang panjang hingga 12.000 jam, sehingga bisa menawarkan rentang hidup 20% lebih lama.

Spesifikasi Inti

Selain mendukung penuh prosesor AMD Ryzen terbaru generasi ke-2, ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 juga memiliki 4-slot memori hingga DDR4-3466 (OC) non ECC. Anda bisa dengan mudah memasangakn dual channel memori ini tanpa banyak kendala, terlebih lagi bahwa pilihan prosesor terbaru kini jauh lebih stabil untuk urusan memori dengan kecepatan tinggi.

Kemudian hadir pula dua buah pilihan utama slot PCIe 3.0 x16 Slots (tunggal pada x16 (PCIE1); ganda pada x8 (PCIE1) / x8 (PCIE4)). Pilihan ini sudah siap menyajikan fitur AMD Quad CrossFireX  dan CrossFireX ataupun NVIDIA Quad SLI  dan SLI.  Namun, hanya satu pilihan slot PCIe yang memiliki fitur istimewa 15μ Gold Contact, dan ia hanya hadir slot PCIE1. Sisanya adalah  4 x Slot PCI Express 2.0 x1 dengan banyak pilihan fungsi bagi pengguna modern hari ini.

Untuk urusan storage, ASRock menghadirkan pilihan yang sangat lengkap dan terhitung mewah. Betapa tidak, ia sudah memiliki pilihan 6 port SATA3 6.0 Gb/s Connectors, sebuah Ultra M.2 Socket (M2_1) yang mendukung M Key dengan tipe 2230/2242/2260/2280/22110 M.2 SATA3 6.0 Gb/s module dan M.2 PCI Express module yang bisa menyajikan SSD M.2 Gen3 x4 (32 Gb/s) – 1 x M.2 Socket (M2_2). Pilihan ini terhitung sangat ideal bagi pengguna hari ini, apalagi harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan merk lainnya. Salah satu pilihan untuk soket M.2 juga memiliki Cakupan Penuh M.2 Heatsink, dimana fitur ini bisa membuang panas secara efisien , sehingga bisa memastikan SSD M.2 selalu memiliki kecepatan tinggi tanpa harus memiliki masalah throttling. Meskipun, pilihan ini tidak terlalu ideal, mengingat bahwa ia dekat sekali dengan sistem pendingin CPU.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, ASRock memberikan pilihan solid dengan kehadiran sejumlah port inti, yakni 2 buah port USB 3.1 Gen 2 pada bagian belakang, 8 buah port USB 3.1 Gen 1 yang tersebar, baik pada bagian belakang maupun pada internal I/O konektor dan 2 buah port USB 2.0 . Pilihan ini siap memberikan banyak manfaat bagi pengguna yang memiliki banyak perangkat, terlebih ia memiliki sejumlah port unggulan, termasuk dukungan untuk ESD Protection.

Sedangkan untuk konektivitas LAN, ASRock memberikan pilihan konektivitas standar dengan kehadiran dari Intel Ethernet Controller I211-AT yang siap menyajikan pilihan konektivitas kabel untuk internet maupun jaringan lokal. Produsen mengklaim bahwa pilihan ini bisa memberikan kinerja throughput terbaik, utilisasi CPU yang lebih rendah, stabilitas yang ditingkatkan, dan mampu memberikan pengalaman jaringan yang ideal kepada pengguna.

Sedangkan untuk urusan konektivitas lainnya, sebuah port HDMI bisa memberikan pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan pilihan iGPU sebagai nilai utama, namun sayang hanya itu saja pilihan port display yang disediakan oleh produsen.

Audio

Untuk urusan audio, pilihan utama hadir dari Realtek ALC1220 yang bisa memberikan fitur audio Channels hingga 7.1.  Terlebih lagi bahwa ia membawa nilai keunggulan, dimana pilihan audio ini bisa menyajikan kualitas audio sinematik dengan pilihan yang sangat baik, termasuk untuk menghasilkan suara yang handal dalam  realisme audio, dinamika, termasuk untuk kualitas suara game.

Didalam ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 sendiri, mobo tersebut memiliki 6 port HD Audio Jacks, yakni  Rear Speaker, Central , Bass,  Line in,  Front Speaker, dan  Microphone (Gold Audio Jacks). Sajian ini terhitung cukup mewah, mengingat harga yang dihadirkan jauh lebih terjangkau.

Fitur Bios & Dukungan Software

Untuk memudahkan semua penggunaan dalam mobo ini, produsen sudah menyajikan pilihan bios yang ideal dan modern, diantaranya adalah 256MB AMI UEFI Legal BIOS dengan dukungan GUI, yang juga nyatanya mendukung fitur “Plug and Play”, termasuk juga ACPI 5.1 compliance wake up events.

Dan pilihan mobo ini juga sudah menyediakan sejumlah bundle software yang cukup bermanfaat, karena selain driver, didalam paket DVD juga produsen menyediakan sejumlah software utilitas, Perangkat Lunak AntiVirus (Versi trial), Browser dan Bilah Alat Google Chrome. Meskipun, beberapa diantara mereka mungkin tidak diperlukan sama sekali. Jadi, hati-hati saat menginstal paket bundle ini, sebaiknya pilih instalasi secara custom.

Beberapa software yang bermanfaat bisa menjadi pilihan utama, diantaranya ASRock F-Strea,  ASRock Polychrome RGB, ASRock Key Master dan ASRock XFast LAN. Pilihan ini hanya tersedia sebagai bahan unduhan secara terpisah.

Kesimpulan

Apa yang bisa menjadi rekomendasi kami pada mobo ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 adalah nilai yang pas dengan harga yang cukup terjangkau. Pilihan ini siap menyajikan kualitas terbaik dengan bentuk desain yang handal, terlebih beberapa fitur juga sudah disajikan jauh terhitung ideal. Jadi, ketika seri motherboard X470 masih menjadi solusi utama pada platform AMD soket AM4 terbaru, dan terkadang terlalu mahal untuk dijadikan sebagai pilihan mobo ideal, selalu ada alternatif yang baik untuk memulai. Dan salah satu pilihan utama sebagai bahan alternatif murah bisa menjadi fokus utama dari produsen ASRock dengan pilihan motherboard terbaru ini.

Nah, akhir dari kesimpulan kami bisa menjadi keputusan anda untuk melihatnya lebih detail, dimana pilihan ini cukup layak sebagai pilihan solid dalam jajaran mobo X470 terbaru. Meskipun bukan yang terbaik, namun ia sudah membawa kelas tersendiri sebagai salah satu motherboard handal yang modern dan cukup menjanjikan dalam kinerja yang jauh lebih stabil.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “ASRock Fatal1ty X470 Gaming K4 : Motherboard Berkelas & Harga Pas

Comments are closed.