ASUS TUF B360M-PLUS GAMING Preview : Harga & Spesifikasi

ASUS TUF B360M-PLUS GAMING Preview : Harga & Spesifikasi

ASUS TUF Series dalam motherboard dikenal sebagai pilihan perangkat yang paling handal dan paling tangguh untuk semua urusan pengguna modern hari ini. Ada banyak pilihan yang menghampiri pengguna, dan salah satu yang paling ideal adalah ASUS TUF B360M-PLUS GAMING. Dengan kisaran harga yang cukup baik, ia bisa menawarkan nuansa solid antara kinerja dan bentuk desain yang cukup menggoda. Jika anda penasaran dengan seri terbaru tersebut, mari kita ungkap lebih detail dibawa ini.

Seri TUF sengaja dihadirkan oleh ASUS sebagai pilihan jitu dalam urusan kehandalan, karena seri ini biasanya membawa banyak komponen tangguh untuk waktu yang lama. ASUS sendiri bahkan memberikan garansi panjang hingga 5 tahun. Pilihan terbaru yang cukup solid dari seri ini adalah B360M-PLUS GAMING, karena selain memiliki banyak fitur yang cukup mewah, harga yang ditawarkan juga sangat ideal untuk rig kelas menengah. Ini tentu bisa menjadi pasangan keren bagi CPU Intel Core 8th gen yang mengesankan.

Baca juga : ASUS ROG Zephyrus M Preview : Intel Core i7-8750H 8th Gen Inside

ASUS TUF B360M-PLUS GAMING : Pandangan Umum

TUF B360M-PLUS GAMING membawa bentuk faktor Micro ATX dengan ukuran 24cm x 23.1cm dan memiliki warna hitam plus aksen oranye (atau bisa saya katakan kuning emas) yang menjadi patokan dasar seri TUF. Pilihan ini tentu membawa nuansa estetika yang menyenangkan bagi pengguna, apalagi seri ini membawa fitur Pencahayaan Aura Sync RGB dengan tambahan header RGB 4-pin.ASUS TUF B360M-PLUS GAMING

Hasilnya, nuansa modern akan membawa tampilan yang jauh lebih keren, dimana ia bisa menampilkan spektrum warna yang hampir tak terbatas dengan kemampuan untuk menyinkronkan efek di seluruh ekosistem yang terus berkembang dari produk-produk Aura Sync yang diaktifkan. Pilihan ini bisa menjadi solusi rig tangguh dengan bentuk kecil dan performa handal, bahkan anda bisa menghadirkan semua situasi kinerja yang menyenangkan, baik dari sudut estetika dan dukungan fitur mewah lainnya.

Fitur utama yang hanya dihadirkan pada seri ini adalah kehadiran TUF Mosfet, TUF Gaming Armor dan TUF Chokes serta TUF CAPACITORS. TUF CHOKES sendiri merupakan inti yang biasanya dihadirkan dengan pilihan komponen berstandar militer bersertifikat yang akan memberikan kekuatan paling tangguh, khususnya dalam membantu meningkatkan stabilitas sistem. Sedangkan TUF CAPACITORS diklaim oleh produsen akan menghasilkan kinerja + 20% untuk toleransi suhu dan umur mobo 5X jauh lebih lama. Dan MOSFET TUF merupakan pilihan komponen yang akan memberikan fitur Lower RDS, artinya bahwa memiliki RDS yang lebih rendah pada dasarnya akan menghasilkan papan lebih efisien daya dan menghasilkan sedikit panas.

Spesifikasi

Spesifikasi ASUS TUF B360M-PLUS GAMING
Form Factor Micro ATX
Cpu Socket LGA1151
Chipset Intel B360
Memory Slots 4 X 288-Pin Dimm
Memory Type DDR4-2133 / 2400 / 2666
Maximum Supported Memory 64gb
Raid Support No
Onboard Video Depends On Cpu
Crossfire Support No
Sli Support No
Sata 6 Gb/S 6
Onboard Ethernet 1 X 10/100/1000 Mbps
Onboard Usb 3.0 Header(S) Yes
Harga Rp 1.970.000

Mobo ini memiliki chipset B360, yang artinya bahwa pilihan tersebut merupakan fitur sweet spot yang bisa menawarkan beberapa fitur mewah, kinerja yang handal termasuk harga yang pas. Selain mendukung CPU terbaru dari Intel 8Th Gen Prosesor, ia juga hadir dengan pilihan 4 dimm slot yang memiliki dukungan memori hingga DDR4 2666Mhz (Non ECC Memory dan dual Channel Memory). Pilihan ini juga sudah memiliki dukungan Intel Extreme Memory Profile untuk kinerja yang jauh lebih meyakinkan dan stabil.

Untuk urusan display, bagi anda yang masih akan bertahan pada iGPU, TUF B360M-PLUS GAMING memiliki pilihan solid untuk memulai. Ada dua port display yang siap menyajikan pilihan ideal, yakni port HDMI yang siap menyajikan display 4K dan DVI-D dengan fitur yang jauh fleksibel dengan dukungan display hingga 1080p. Ia juga siap menyajikan fitur Ekspansi slot untuk PCIe, yakni sebuah Slot PCIe 3.0×16 (x16Mode) untuk pilihan GPU utama dan 2 buah slot PCIe 3.0/2.0×1.

Untuk urusan storage, ada total 8 buah port yang siap memberikan pilihan lengkap untuk semua pilhan penyimpanan modern hari ini. Dua buah slot M.2 storage device dengan dukungan tipe 2242/2260/2280 hadir untuk memberikan kinerja SSD paling fleksibel dan tercepat. Dan sisanya adalaj port SATA 6Gb / s dengan total 6 buah slot.

Konektivitas & Audio

Untuk urusan konektivitas, ASUS menyediakan pilihan port LAN standar dengan sebuah Gigabit LAN Intel® I219V, namun apa yang bisa memberikan fitur spesial adalah kehadiran TUF LANGuard yang akan memberikan perlindungan dari sambaran petir maupun listrik statis. Ini bisa memberikan rasa nyaman tersendiri ketika bermain saat dalam cuaca yang tidak mendukung.

Sedangkan untuk urusan konektivitas port USB, ada 11 port USB yang terbagi antara front panel, back panel dan pilihan extra didalam mobo itu sendiri. 2 buah pilihan port USB 3.1 Gen 2 hadir dibagian panel belakang yang siap menyajikan kinerja transfer hingga 10 Gbps dengan warna Teal blue. Sedangkan untuk port USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps) hadir dengan 3 pilihan port (satu bagian belakang dalam bentuk USB Type C, dan dua pilihan didalam mobo itu sendiri. Sisanya adalah 6 port USB 2.0 yang tersebar di seluruh bagian mobo, termasuk untuk front panel dan panel belakang.

ASUS TUF B360M-PLUS GAMING

Untuk urusan Audio, ASUS TUF B360M-PLUS GAMING hadir dengan pilihan audio Realtek ALC887 yang bisa menyajikan 8-Channel High Definition Audio CODEC. Fitur ini jelas bisa memberikan sesuatu yang mewah dalam memberikan pilihan audio paling ideal, termasuk Audio Shielding yang akan memastikan pemisahan presisi analog / digital serta mengurangi gangguan multi-lateral. Selain itu, produsen juga menyajikan lapisan PCB audio khusus dan Premium Japanese audio capacitors, sehingga bisa menjaga kualitas sinyal audio sensitif tetap baik, alami dan imersif dengan kejelasan luar biasa.

Kesimpulan

Kami masih belum bisa menyajikan kinerja sesungguhnya dari seri motherboard terbaru ASUS TUF B360M-PLUS GAMING ini, namun nuansa yang terkesan solid bisa menjadi pilihan mobo tersebut sebagai prioritas anda. Hal terbaik dari seri TUF ini tentu hadir dalam urusan kehandalan dan jaminan garansi yang panjang.

Selain itu, seri ini juga hadir dengan beberapa fitur istimewa termasuk dukungan untuk prosesor Intel Core generasi ke-8, serta bisa memaksimalkan konektivitas dan kecepatan dengan hadirnya Dual M.2, Gigabit LAN, USB 3.1 Gen2, dan kompatibilitas Intel Optane Memory. Apalagi, komponen TUF kelas militer seperti TUF LANGuard, TUF Chokes, TUF Capacitors, dan TUF MOSFET akan memberikan daya tahan sistem yang jauh lebih baik untuk masa depan yang panjang.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “ASUS TUF B360M-PLUS GAMING Preview : Harga & Spesifikasi

Comments are closed.