AMD Ryzen 3 Mobile Series Line Up : Spesifikasi & Konfigurasi

AMD Ryzen 3 Mobile Series – AMD hari ini jauh lebih baik, termasuk dalam urusan prosesor untuk mobile. Betapa tidak, kehadiran Ryzen mengubah semua hal menjadi pilihan yang mengesankan. Nah, dari semua pilihan seri Ryzen mobile yang telah hadir, satu hal yang tampak jauh lebih menarik adalah seri Ryzen 3 dengan kekuatan komputasi yang cukup baik dan bisa dihadirkan dalam paket bundle terjangkau. Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap semua hal tersebut dibawah ini.

Prosesor AMD Ryzen mobile sendiri menggabungkan teknologi yang sudah hadir dari seri desktop, namun pilihan mereka kini memiliki keunggulan lain dengan kehadiran GPU Radeon Vega dalam satu paket lengkap. Hasilnya, kualitas kinerja CPU dan nilai grafis bisa memberikan performa yang mumpuni, bahkan bisa disandingkan dengan CPU yang memakai dedicated GPU entry level. Dan hal tersebut juga berlaku untuk seri Ryzen mobile paling rendah, dimana ada dua pilihan yang siap hadir untuk pengguna mainstream, yakni Ryzen 3 2200U dan Ryzen 3 2300U. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap secara detail dibawah ini.

Baca juga : Sony Playstation 5 Siap Hadir Dengan Kekuatan AMD Ryzen

AMD Ryzen 3 Mobile Series : Pandangan Umum

AMD meyakini bahwa kedua pilihan ini memiliki banyak keunggulan, terutama apa yang bisa dihadirkan pada kedua seri ini untuk urusan teknologi terbaru. Salah satu yang bisa menjadi nilai paling positif adalah teknologi inteligen AMD SenseMI , yang memungkinkan prosesor mobile AMD Ryzen untuk bisa beradaptasi dengan semua kebutuhan Anda, memberikan kinerja yang kita inginkan, dan disisi lain juga bisa memberikan tingkat efisiensi yang mencengangkan sehingga memungkinkan masa pakai baterai jauh lebih panjang.

Dua pilihan seri terbaru ini adalah Ryzen 3 2200U dan Ryzen 3 2300U. Pilihan ini sama-sama memiliki GPU Radeon Vega series, hanya saja mereka memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Prosesor AMD Ryzen dengan Radeon ™ Graphics diklaim oleh produsen bisa memberikan kinerja gaming yang jauh lebih ideal, memungkinkan framerates yang halus dan dapat dimainkan pada notebook ultrathin dalam judul esports populer seperti League of Legends dan Overwatch . Ditambah lagi bahwa ia juga bisa memberikan fitur perangkat keras yang jauh lebih efisien, sehingga memungkinkan waktu yang jauh lebih baik dan panjang, termasuk dukungan untuk konten video 1080P dan 4K.

Nilai unggulan lainnya yang ditawarkan oleh seri Ryzen 3 dengan Radeon ™ Vega Graphics adalah dukungan High Dynamic Range (HDR) untuk game dan film yang paling indah dan terasa jauh lebih hidup. Kombinasi ini bisa digabungkan dengan teknologi Radeon ™ FreeSync ™ 2, yang dapat dengan mudah menghadirkan realisme menakjubkan dari gambar High Dynamic Range (HDR) tanpa kompromi

Nah, untuk detail spesifikasi dari dua pilihan CPU terbaru tersebut, mari kita lihat lebih ringkasannya  dibawah ini.

1. AMD Ryzen 3 2300U

Pilihan pertama dan yang paling tinggi dalam urusan kinerja adalah seri Ryzen 3 2300U. Pilihan ini mungkin belum terlalu banyak dilihat oleh konsumen, namun ia bisa membawa kinerja yang jauh lebih baik untuk urusan laptop mainstream. Hal terbaik dari seri ini adalah kekuatan prosesor dengan fitur quad core murni dan 4 thread. Pilihan ini siap menyajikan kinerja yang ideal, terutama untuk performa multi-thread.

Spesifikasi  AMD Ryzen 3 2300U
# of CPU Cores / Thread  4/4
# of GPU Cores 6
Graphics Model Radeon™ Vega 6 Graphics
Graphics Frequency 1100 MHz
Base Clock 2GHz
Max Boost Clock 3.4GHz
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 2MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Default TDP / TDP 15W
System Memory Type DDR4 2400Mhz

Dan untuk menyempurnakan pilihan tersebut, seri ini membawa nilai clockspeed dasar sebesar 2.0Ghz dan maksimum boost clock hingga 3.4Ghz. Total cache yang dimiliki oleh seri ini adalah 6MB yang terbagi antara  L1 cache sebesar 384Kb, L2 cache sebesar 2MB dan L3 cache sebesar 4MB. Namun, seri Ryzen mobile sepenuhnya terkunci dan diproduksi dalam proses litografi 14nm. Hasilnya, nilai TDP yang dimiliki oleh prosesor ini sangat kecil, yakni sebesar 15W. Untuk dukungan memori, ia siap menyajikan nilai memori DDR4 2400Mhz dengan maksimum dual channel.

Sedangkan untuk urusan grafis, Radeon Vega yang hadir didalam CPU tersebut siap menyajikan performa handal, bahkan diklaim bisa lebih baik dari seri iGPU sebelumnya. Itu karena ia sudah hadir dengan kekuatan Radeon Vega 6 yang memiliki jumlah Graphic core 6 dan memiliki pilihan clockspeed maksimum hingga 1100Mhz. Belum ada laptop yang membawa seri terbaru ini, namun yang pertama hadir bisa dipastikan dari proden ACER dengan seri Aspire maupun Swift 3.

2. AMD Ryzen 3 2200U

Pilihan terakhir adalah Ryzen 3 2200U, dimana pilihan ini memiliki fitur dual core dan 4 thread serta maksimum clockspeed hingga 3.4Ghz. Ada total cache 5MB yang dimiliki oleh CPU ini, dimana terbagi menjadi pilihan L1 cache sebesar 384KB, L2 cache sebesar 1024KB dan L3 cache sebesar 4MB. Pilihan ini siap menyajikan performa jauh lebih ideal jika dibandingkan dengan seri notebook Office pada umumnya, bahkan hampir setara dengan seri prosesor Core i5-7200U, dimana dalam uji coba Cinebench ia menunjukan kinerja yang cukup fantastis dengan skor multi-thread hingga 318.

Spesifikasi  AMD Ryzen 3 2200U
# of CPU Cores / Thread  2/4
# of GPU Cores 3
Graphics Model Radeon™ Vega 3 Graphics
Graphics Frequency 1100 MHz
Base Clock 2GHz
Max Boost Clock 3.4GHz
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 1MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Default TDP / TDP 15W
System Memory Type DDR4 2400Mhz

Untuk menyempurnakan pilihan seri terbaru ini, AMD membawa solusi tangguh lain dalam hal spesifikasi, termasuk dukungan untuk memori DDR4-2400Mhz, dan proses produksi 14nm yang bisa memberikan tingkat efisiensi terbaik dalam konsumsi daya. Hasilnya, ia memiliki TDP sebesar 15W dan itu jauh lebih ideal untuk pilihan laptop modern, termasuk notebook tipis.

AMD Ryzen 3 Mobile Series

Untuk Grafis, Radeon Vega hadir menjadi solusi utama, dimana ia membawa Radeon Vega 3 dengan maksimum clockspeed hingga 1100Mhz. Dan pilihan ini bisa menjadi solusi terbaik untuk urusan gaming kasual maupun eSport, meskipun kinerja yang dihadirkan tergantung dari jenis memori yang dimiliki oleh laptop. Pilihan dual channel memori bisa menjadi solusi terbaik.

Seri ini sudah hadir pada notebook sekelas Acer maupun produsen populer lainnya. Namun, pilihan yang paling lengkap dan pertama kali hadir tentu menjadi bagian dari Acer. Ia nyatanya sudah hadir untuk notebook mainstream dengan seri Aspire yang memiliki harga cukup terjangkau, yakni sekitar 5 jutaan.

Kesimpulan

Nah, itu dia sekilas pandangan mengenai lini terbaru AMD Ryzen 3 untuk laptop, dimana pilihan ini bisa memberikan solusi baru bagi pengguna yang menginginkan kinerja paling handal, termasuk juga nilai harga yang jauh lebih terjangkau. Kedua pilihan ini siap bersaing dengan seri Core i3 dari Intel yang sudah menguasai pasar sebelumnya, termasuk juga pada seri prosesor AMD dibawahnya. Kami benar-benar menantikan semua perubahan ini dan bisa berbuah pada hasil kompetisi yang jauh lebih ideal.

Intinya bahwa tidak ada pilihan rekomendasi untuk sebuah CPU, namun beberapa pilihan lain, termasuk seri Ryzen 3 ini bisa menjadi kandidat dan alternatif terbaik untuk segmen laptop mainstream. Apa yang bisa menjadi sisi positif dipasar adalah ada banyak pilihan yang mengesankan, termasuk apa yang bisa ditawarkan oleh prosesor AMD Ryzen 3 2200U maupun Ryzen 3 2300U. Kita akan segera melihat bagaimana semua pilihan ini bisa merubah sesuatu yang jauh lebih baik (atau sebaliknya) ketika sudah berada didunia nyata.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts