- Gaming Gear, Hardware, Motherboard

Ini Dia Lini Terbaru Motherboard ASUS ROG Seri X470

Motherboard ASUSAMD Ryzen sudah dirilis, dan kini motherboard seri X470 terbaru siap membidik konsumen dengan pilihan tangguh berikutnya. Salah satu yang akan memberikan pesona baru hadir dari ASUS seri Republic Of Gamer dengan 3 pilihan terbaiknya, yakni ASUS ROG Crosshair VII Hero, Strix X470-F Gaming dan Strix X470 I-Gaming. Pilihan ini mungkin sudah tersedia di negara kita, dan jika anda penasaran dengan seri mobo terbaru tersebut, mari kita ungkap sekilas dibawah ini.

Ketika pilihan prosesor Ryzen 2nd Gen masih mengisyaratkan pengguna lama untuk bisa memakainya dengan mobo seri 300, pilihan terbaru tampaknya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi kehadiran seri mobo X470 akan memberikan sesuatu yang jauh lebih mengesankan dalam hal kinerja, salah satunya adalah dukungan untuk teknologi AMD StoreMI Technology. Selain itu, mobo seri X470 juga akan memberikan pilihan yang jauh lebih ideal dalam peningkatan kompatibilitas memori dan kemampuan overclocking.

Nah, jika anda sedang mencari pilihan mobo seri X470 terbaru, pilihan dari ASUS mungkin bisa menjadi pertimbangan utama. Selain memiliki kapabilitas untuk semua hal yang sangat baik didalam mobo terbaru mereka, ASUS dikenal memiliki pilihan yang handal dan mengesankan dalam urusan estetika, termasuk fitur yang lengkap.

Baca juga : AMD Ryzen 2nd Gen Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya

Lini Terbaru Motherboard ASUS ROG seri X470

Dan tidak tanggung-tanggung, ASUS dengan seri ROG siap menghadirkan 3 pilihan utama yang akan memberikan jalan bagi pengguna Enthusiast dengan sesuatu yang bisa diandalkan dalam hal performa. Dan dari semua pilihan tersebut, 3 pilihan utama ini siap menjajal pesona baru dari ketangguhan prosesor Pinnacle Ridge yang sudah mulai menular ke banyak calon konsumen.

Seri X470 akan mencakup tiga papan yang disesuaikan untuk berbagai build. Dan untuk lebih jelasnya, mari kita lihat lebih detail dibawah ini.

SpesifikasiCrosshair VII HeroStrix X470-F GamingStrix X470-I Gaming
Kisaran HargaRp3,999,858 Rp3,071,286Rp2,593,858
SizeATXATXMini-ITX
Memory4 x DDR4 up to 3466+ (OC)4 x DDR4 up to 3466+ (OC)2 x DDR4 up to 3466+ (OC)
Multi-GPU2 x SLI, 3 x CrossFireX2 x SLI, 3 x CrossFireXNA
PCIe2 x16 (CPU): x16, x8/x82 x16 (CPU): x16, x8/x81 x16 (CPU): x16, x8/x8
1 x16 (Chipset): x41 x16 (Chipset): x4
3 x1 (Chipset)3 x1 (Chipset)
Storage1 x M.2 (NVMe x4 or SATA)1 x M.2 (NVMe x4 or SATA)1 x M.2 2280 (NVMe x4 or SATA)
1 x M.2 2280 (NVMe x4)1 x M.2 2280 (NVMe x2 or SATA)1 x M.2 2280 (NVMe x4)
6 x SATA 6Gbps6 x SATA 6Gbps4 x SATA 6Gbps
NetworkingIntel I219-V Gigabit EthernetIntel I219-V Gigabit EthernetIntel I219-V Gigabit Ethernet
2x2 802.11ac WiFi MU-MIMO (optional)2x2 802.11ac WiFi MU-MIMO
AudioSupremeFX S1220 codecSupremeFX S1220A codecSupremeFX S1220A codec
ESS Sabre ES9023P DAC
DisplayNADisplayPort 1.2HDMI 2.0b
HDMI 1.4b
USB3.1 Gen 2: 1 x front, 1 x Type-C, 1 x Type-A3.1 Gen 2: 1 x front, 2 x Type-A3.1 Gen 2: 2 x Type-A
3.1 Gen 1: 2 x front, 8 x Type-A3.1 Gen 1: 2 x front, 1 x Type-C, 5 x Type-A3.1 Gen 1: 2 x front, 4 x Type-A
2.0: 3 x front, 2 x Type-A2.0: 2 x front, 2 x Type-A2.0: 2 x front
AuraIO shield, chipset heatsinkIO shield, chipset heatsinkRight edge, M.2 heatsink
2 x strip headers2 x strip headers1 x strip header
2 x addressable headers1 x addressable header1 x addressable strip header
Cooling2 x pump headers (AIO, pump+)2 x pump headers (AIO, pump+)1 x AIO pump header
5 x fan headers4 x fan headers2 x fan headers
1 x high-amperage fan header1 x thermal sensor header1 x thermal sensor header
3 x thermal sensor headers (2 x liquid)
1 x flow sensor header

ASUS ROG Crosshair VII Hero

Pilihan tertinggi hadir dengan seri ROG Crosshair VII Hero dengan pilihan fitur yang mewah , termasuk Wi-Fi twin yang akan memimpin lineup dengan desain tersembunyi untuk overclocker yang serius dan penggemar enthusiast yang siap mengeluarkan segalanya dalam membangun gaming rig.

Motherboard ASUS ROG seri X470

Seri ini hadir dengan bentuk faktor ATX dan membawa 4 slot memori yang bisa memiliki dukungan hingga 3466Mhz (OC). Ada dua pilihan slot PCIe utama (2×16) yang akan memberikan efek terbaik dalam hal multi GPU, termasuk dukungan untuk 2 x SLI atau 3 x CrossFireX. Sedangkan sisanya hadir dengan pilihan slot PCIe 1×16 (x4) dan 3×1 untuk chipset.  Pilihan ini semakin disempurnakan dengan kehadiran dua buah SAFESLOT, dimana ini akan memberikan retensi perangkat PCIe jauh lebih kuat dan ketahanan dari pergeseran.

Motherboard ASUS ROG seri X470

Untuk urusan storage, pengguna bisa menghadirkan pilihan SSD M.2 dengan fitur NVMe dengan ketersediaan slot sebanyak 2 buah. Pilihan ini mendukung hampir semua pilihan SSD M.2 modern dengan berbagai jenis ukuran. Sedangkan sisanya hadir dalam pilihan port SATA 6GB/s sebanyak 6 port.

Hal terbaik dari motherboard ini adalah dua pilihan utama dalam hal konektivitas untuk pengalaman gaming yang jauh lebih baik, yakni Intel Gigabit Ethernet, 2×2 802.11ac MU-MIMO WiFi, LANGuard, serta kehadiran port USB 3.1 Gen 2. Ini akan memberikan senjata terbaik untuk menjamin masa depan yang jauh lebih ideal.

ASUS juga mengisyaratkan bahwa mobo tersebut pastinya sudah mendukung untuk teknologi pencahayaan RGB jauh lebih modern. Artinya bahwa Ia bisa disinkronkan dan bisa berfungsi dengan portofolio besar untuk perlengkapan PC yang memiliki kemampuan Aura Sync, termasuk juga untuk dukungan untuk light strips dan Phillip Hue.

Urusan pendinginan pun jauh lebih disempurnakan, dimana seri Crosshair terbaru kini memiliki zona pendinginan air khusus, kontrol kipas yang komprehensif, dan heatsink untuk M.2. Sedangkan untuk urusan overclock, ASUS menyediakan opsi one-click untuk penyetelan cerdas, dan opsi tweaker lanjutan di UEFI untuk mereka yang sudah berpengalaman.  Pilihan motherboard ini mungkin sudah tersedia (atau juga masih belum), namun untuk urusan harga, ROG Crosshair VII Hero akan memiliki kisaran harga sekitar 3.9 jutaan.

ASUS ROG Strix X470-F Gaming

Kemudian hadir dibawahnya seri Strix X470-F Gaming, yang memiliki fitur hampir mirip dalam hal spesifikasi, namun terbatas dalam hal beberapa fitur. Pilihan ini bisa jauh lebih ideal dalam urusan harga, namun memiliki beberapa fitur yang tidak hadir seperti apa yang ditawarkan oleh seri Crosshair VII Hero, seperti dukungan untuk fitur pendingin yang lebih lengkap, Aura maupun Networking.

 

Meskipun begitu, seri ROG Strix X470-F Gaming tetaplah menjadi salah satu kandidat pilihan terbaik, karena ia merupakan hasil dari perpaduan sempurna antara kinerja dan bentuk yang stylish. Ini adalah motherboard ATX yang dikemas dengan teknologi tuning yang mudah digunakan dan estetika yang mengesankan, khususnya bagi mereka yang menginginkan pengalaman gaming yang hebat dan gaya yang halus. Strix X470-F Gaming terus menggerakkan pedal pada kinerja, dan pilihan kustomisasi yang kaya, sehingga memungkinkan pengguna bisa mendorong rig jauh lebih menonjol dan benar-benar menggoda iman.

Sama seperti seri Crosshair, ia menawarkan 4 pilihan slot RAM dengan dukungan memori hingga 3466 Mhz(OC), dukungan multi GPU, baik untuk NVIDIA 2-Way SLI, maupun AMD 3-Way CrossFireX , pilihan Gaming connectivity yang handal, seperti kehadiran Intel Gigabit Ethernet, LANGuard, dual M.2, serta USB 3.1 Gen 2. Hanya saja, ia juga membawa port untuk fitur multi display (termasuk untuk iGPU Prosesor) seperti Display Port 1.2 dan port HDMI 1.4b.

Kehadiran teknologi pencahayaan RGB juga hadir dengan fitur singkronisasi dengan PC dalam menghadirkan Aura Sync sesuai dengan gaya pengguna, termasuk juga dukungan untuk strip cahaya dan Hue Phillip. Ia juga memiliki Onboard M.2 Heatsink yang akan menyediakan pendinginan untuk drive M.2, memberikan kinerja penyimpanan yang konsisten dan meningkatkan kinerja yang jauh lebih baik (termasuk daya tahan). Pilihan ini sudah banyak beredar, dan memiliki kisaran harga sekitar 3 jutaan lebih.

ASUS Strix X470-I Gaming

Yang terakhir adalah Strix X470-I Gaming, dimana ini lebih ditujukan bagi pengguna yang menginginkan desain minimalis, namun masih membawa nilai yang ideal untuk urusan kinerja, termasuk desain. Pilihan ini tersedia dengan bentuk faktor Mini-ITX untuk sistem small-form-factor, dimana ia memiliki ukuran sekitar 17 cm x 17 cm.

Tapi bukan berarti bentuknya yang kecil, maka ia akan memiliki beberapa fitur yang terbatas, justru sebalaiknya. Pilihan ini bisa menawarkan fitur yang jauh lebih solid, bahkan dukungan memori  hingga DDR4 3466MHz (OC), meskipun hanya terbatas pada dua slot saja. Pilihan ini juga menyediakan port untuk fitur multi-display dengan kehadiran sebuah port  HDMI 2.0b dengan dukungan maksimum resolusi hingga 4K.

Strix X470-I Gaming juga menyediakan dukungan untuk teknologi pencahayaan RGB yang disinkronkan, dan bisa berfungsi dengan portofolio besar dari PC, sehingga bisa menghadirkan kemampuan Aura Sync. Hadir pula Onboard M.2 Heatsink yang akan menyediakan pendinginan untuk drive M.2, dan memiliki total slot M.2 sebanyak 2 buah.

Untuk konektivita, Strix X470-I Gaming juga menghadirkan pilihan yang sangat menjanjikan dengan kehadiran Intel Gigabit Ethernet, LANGuard, 2×2 802.11ac MU-MIMO WiFi, dual M.2, serta 3 buah port USB 3.1 Gen 2. Pilihan ini juga menyediakan 5-Way Optimization, dimana ini pengguna bisa dengan mudah untuk melakukan proses tuning secara otomatis di seluruh sistem, menyediakan profil overclocking dan pendinginan yang dibuat khusus untuk rig anda

Harga yang ditawarkan untuk seri pun cukup terjangkau, dengan kisaran harga sekitar 2.5 jutaan. Strix X470-I Gaming bisa menjadi solusi terbaik untuk gaming rig dengan bentuk faktor yang kecil, apalagi ia membawa banyak fitur yang sangat mengesankan.

Kesimpulan

Jadi, itu dia 3 pilihan terbaru motherboard ASUS ROG seri X470. Pilihan ini akan bersaing ketat dengan produsen lainnya yang juga sudah menghadirkan pilihan terbaiknya. Hanya saja, tidak ada pilihan “murah” untuk semua pilihan tersebut, karena seri X470 nyatanya dibangun untuk pengguna enthusiast dengan anggaran yang luas. Pengguna dengan anggaran terbatas mungkin harus menunggu pilihan mobo terbaru dengan seri dibawahnya siap hadir. Untungnya, anda masih bisa memakai mobo dengan chipset seri 300 seperti B350 maupun A320.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Ini Dia Lini Terbaru Motherboard ASUS ROG Seri X470

Comments are closed.