Barisan Prosesor AMD Ryzen Turun Harga, Chipset Terbaru Pun Meluncur

Prosesor AMD RyzenAMD kembali lagi membawa berita yang sangat berharga bagi para penggemar setianya, dan kali ini mereka siap menyajikan pilihan harga prosesor Ryzen yang jauh lebih terjangkau. Selain berencana untuk menghadirkan kekuatan baru pada lini Ryzen, mereka siap banting harga dengan menurunkan harga beberapa pilihan prosesor utama mereka, termasuk juga pada seri high-end.

Dalam acara tahunan CES 2018 di Las Vegas, AMD mengumumkan bahwa pihaknya siap menurunkan MSRP untuk barisan prosesor Ryzen-nya. Pengurangan harga ini berlaku untuk model Ryzen 7, 5, 3, dan Threadripper dan kita bisa menghemat hingga 30%. Pengurangan harga ini tentu akan menjadi berita yang sangat baik, meskipun kita harus melihat bagaimana realitasnya di negara kita.

Baca juga :AMD Siap Sajikan Ryzen APUs Dengan Kekuatan RX Vega

Jadi, Apa saja pilihan prosesor yang turun? Dan berapa kisarannya?

Dimulai dari seri super high-end, AMD Threadripper, salah satu yang siap banting harga adalah seri 1900X, yang merupakan tambahan menarik dan cukup rejangkau untuk sebuah prosesor dengan kekuatan 8 core dan 16 thread ini. Prosesor tersebut turun harga dari kisaran 7.5 jutaan menjadi 6 jutaan saja. Pengguna enthusiast dengan budget terbatas mungkin bisa menghadirkan sebuah prosesor yang layak untuk kinerja multithread yang baik pada prosesor ini dengan menghemat biaya sekitar 18%.

Sedangkan pilihan high-end lainnya yang terbaik adalah seri Ryzen 7 1800X, dimana ia memulai debutnya dengan kisaran harga sekitar 6.8 jutaan, tapi sekarang berada pada kisaran harga 4.7 jutaan.  Pengurangan harga 30% ini berarti kita dapat mencetak kesepakatan yang solid pada prosesor delapan inti dan enam belas yang bekerja dengan baik, termasuk juga pada motherboard B350 yang murah.

Ryzen 7 1700 X dan Ryzen 1700 juga memiliki harga baru dengan kisaran masing2 4.1 juta dan 4 jutaan. Seri high-end dari Ryzen tampaknya jauh lebih menjangkau harapan pengguna dengan budget terbatas, namun bisa memberikan performa yang jauh lebih baik lagi. Sedangkan sisanya kami hadirkan dalam daftar tabel dibawah ini, meskipun harga yang ditentukan mungkin belum pasti ketika sudah disarankan di negara kita.

Prosesor AMD Ryzen

Chipset Terbaru AM4

Meskipun semua prosesor terbaru AMD ini masih akan mendukung soket AM4 (termasuk untuk motherboard lama mereka) produsen tersebut tampaknya juga akan memulai debut chipset terbaru X470, dimana mereka mengklain bahwa pilihan chipset ini jauh lebih dioptimalkan untuk CPU Ryzen generasi kedua yang akan lebih hemat daya. Motherboard dengan chipset baru ini akan diluncurkan pada bulan April 2018 bersamaan dengan Ryzen generasi kedua dari AMD. Hal yang paling menarik adalah, anda akan dihadirkan banyak pilihan fitur mewah dan mungkin saja jauh lebih baik dalam urusan teknologi, termasuk dukungan memori yang lebih tinggi.

Nah, itu dia sedikit informasi terbaru dari AMD, khususnya berkaitan dengan pilihan prosesor dan harga terbaru yang ditawarkan. Janji ini bisa jadi lebih baik jika realitasnya tidak begitu jauh ketika sudah berlaku dinegara kita. Apalagi, mereka kini akan memiliki banyak pilihan prosesor terbaru dengan kekuatan yang jauh lebih baik. Namun perlu diketahui bahwa, beberapa seri prosesor lama mereka tampaknya sudah hilang dan tidak diproduksi, seperti Ryzen 3 1200 dan Ryzen 5 1400.

 Baca Juga :



Comments

One thought on “Barisan Prosesor AMD Ryzen Turun Harga, Chipset Terbaru Pun Meluncur

Comments are closed.