- Power Supply, Tutorial

Perbedaan Istilah PSU Non Modular, Semi Modular & Full Modular

Istilah PSU – Memiliki sebuah Power Supply (PSU) yang baik akan memenuhi semua kebutuhan daya kelistrikan PC dengan tingkat kestabilan yang cukup ideal, menjadikan komponen bisa tahan jauh lebih lama lagi. Namun, ternyata untuk memilih PSU tidaklah semudah apa yang ditulis dalam teks, karena ada beberapa istilah yang bisa cukup menggangu pengguna, khususnya mereka yang tidak memiliki pengetahuan dasar untuk memulai. Jadi, dalam artikel kali ini, kami akan membahas perbedaan jenis PSU dari sisi fitur kabel, yakni Modular, Semi Modular dan Non Modular.

Ya, saya tahu bahwa mungkin sudah banyak yang mengetahui hal ini, namun nyatanya tidak semua orang justru belum mengetahui secara pasti hal tersebut. Bahkan, jika anda benar-benar memiliki masalah dalam urusan managemen kabel, pilihan PSU dengan sebuah fitur yang melekat dari istilah diatas bisa memberikan dampak besar. Jadi, mari kita jelaskan beberapa istilah tersebut dibawah ini.

Baca juga : 7 Pilihan PSU 750W Terbaik Untuk High-end PC

Perbedaan Istilah PSU Non Modular, Semi Modular & Full Modular

1. PSU Non Modular

Biasanya, pilihan PSU ini merupakan pilihan standar yang biasa kita lihat pada barisan PSU entry level dengan harga yang cukup terjangkau. Jika anda masih penasaran mengenai hal tersebut, apa yang membedakan PSU non modular adalah perbedaan dalam tata letak kabel yang sepenuhnya melekat pada PSU. Intinya adalah PSU jenis ini dilengkapi dengan semua kabel yang melekat padanya, dan siap untuk digunakan. Pilihan ini biasanya memiliki keuntungan untuk memastikan pengguna yang tidak ingin ribet dalam pemasangan CPU, seolah-olah kita hanya tinggal plug & play dan tinggal jalankan PC.

Sisi minusnya adalah kadangkala hal itu bisa sangat berantakan dalam urusan manajemen kabel. Kita selalu akan mencoba mencari tempat yang ideal untuk semua kelebihan kabel, hasilnya adalah mimpi buruk dan tentu saja mempengaruhi tingkat airflow. Manajemen kabel yang buruk dapat berarti hadirnya perbedaan antara aliran udara yang baik atau buruk dan tentu saja suhu operasi sistem bisa berpengaruh.

2. PSU Semi Modular

Istilah PSU

PIlihan PSU ini biasanya memiliki fitur hanya beberapa kabel penting saja yang terpasang pada PSU. Biasanya ia memiliki kabel fitur utama yang melekat padanya, yakni , 24Pin ATX, satu PCIe, 8Pin CPU, dan mungkin satu atau dua kabel listrik periferal (SATA / Molex). Tentu saja pilihan ini bisa jauh lebih baik dalam urusan managemen kabel jika dibandingkan dengan PSU Non Modular, namun terkadang fitur semi modular memiliki fungsi yang setengah-setengah untuk urusan ini, jadi pilihan PSU dengan fitur ini berada di tengah-tengah baik dalam urusan sisi minus maupun nilai positifnya. Jadi, jika anda merasa bahwa anda tidak ingin selalu mencabut semua kabel PSU, maka pilihan PSU dengan fitur Semi Modular menjadi jawabannya.

3. PSU Full Modular

Jika anda seorang yang menginginkan sesuatu yang sempurna dalam rig PC anda, maka pilihan PSU dengan fitur Full Modular merupakan jawabannya. Dengan hadirnya PSU yang memiliki fitur ini, ia akan memberikan banyak kemudahan untuk memulai, selain untuk urusan managemen terbaik, akan ada banyak manfaat selain hal tersebut. Itu karena pilihan PSU ini benar-benar benar-benar tidak dilengkapi tanpa kabel yang terpasang sebelumnya. Anda hanya memasang apa yang anda butuhkan, jadi istilahnya tidak ada pilihan kabel yang “terbuang” dalam fungsi, managemen dan sebagainya.

Namun, sisi minusnya terletak pada harga, dimana pilihan PSU dengan fitur ini biasanya bisa jauh lebih mahal. Contohnya, Corsair dengan seri VS 450W dengan SF 450W memiliki nilai harga yang jauh lebih berbeda, dimana seri SF memiliki biaya 2 sd 3 kali lipat dibandingkan dengan seri VS. Selain dari beberapa fitur inti dan seri, namun juga fitur SF memiliki pilihan Full Modular. Hal terbaik dari pilihan PSU Full Modular adalah lebih banyak pilihan bagi kita, memungkinkan kita untuk hanya memasang kabel yang kita butuhkan dan menjaga agar aliran udara dan pengelolaan kabel semaksimal mungkin.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai PSU dari sudut fitur kabel yang melekat pada hampir semua merk perangkat ini yang sudah tersedia dipasaran. Pastinya, semoga bisa memberikan banyak bagi anda, apalagi jika anda akan berencana untuk membeli PSU yang ideal, termasuk dari sisi pengkabelan.

 Baca Juga :




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat