- Hardware, Laptop, Prosesor

Lenovo Yoga 520-14IKB : Feel The Power Of Intel 8th Gen Processor

Lenovo Yoga 520 kini memiliki pilihan terbaik dalam hal urusan spesifikasi. Dengan kehadiran prosesor Intel generasi ke-8 yang memiliki fitur quad core, pilihan seri Yoga jauh lebih ideal bukan saja untuk performa pekerjaan kasual, namun juga bisa memberikan kinerja yang lebih baik lagi untuk segala aplikasi yang cukup menuntut. Jadi, jika anda sedang mencari 2-in-1 laptop yang sangat menawan bukan saja dari segi desain, namun juka memiliki kinerja yang lebih bisa diandalkan, maka pilihan Lenovo Yoga 520-14IKB layak untuk anda pertimbangkan.

Kita tahu bahwa kehadiran prosesor Intel Kaby Lake-R terbaru untuk laptop berdampak pada kinerja yang jauh lebih baik dengan tingkat perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Itu karena pilihan prosesor terbaru dari Intel generasi ke-8 kini memiliki fitur quad core dengan 4 prosesor inti pada barisan seri U. Sehingga, pilihan tersebut akan memberikan sesuatu yang jauh lebih ideal untuk kinerja laptop dengan bentuk desain tipis yang sebelumnya hanya memiliki keunggulan dalam hal sisi mobilitas saja. Hal tersebut berlaku juga pada Lenovo Yoga 520-14IKB , dimana ia kini memiliki pilihan prosesor Intel Core i5 8250U untuk konfigurasi terbawah dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : Intel Core i5-8250U : Spesifikasi & Performa

Lenovo Yoga 520-14IKB : Desain

Lenovo Yoga 520-14IKB pada dasarnya memiliki bentuk desain yang sama dengan seri sebelumnya, dimana ia masih memiliki bentuk ramping dengan nilai portabilitas yang tinggi. Ada tiga pilihan warna yang disediakan produsen pada laptop ini untuk melengkapi pilihan konsumen , yakni Onyx Black, Mineral Grey dan  Metallic Gold . Laptop ini bisa memudahkan semua hal yang anda lakukan dengan pilihan yang sangat fleksibel, membawanya kemana saja dengan mudah, apalagi ia hanya memiliki bobot sekitar i 1.75kg dengan tingkat ketebalan hanya 1.9 cm.

Laptop ini semakin sempurna dengan desain finishing aluminium yang ramping walaupun tidak secara keseluruhan. Anda juga akan melihat bagian tepiannya dipangkas dengan tingkat presisi cukup tinggi, selain itu ia juga dirancang untuk memiliki nilai yang bersih dan desain modern. Dan tentu saja, apa yang membuatnya jauh lebih fleksibel dan memiliki fitur multi fungsi adalah kehadiran engsel 360 derajat. Sehingga berkat engsel 360 derajat yang tahan lama ini, kita dapat dengan mudah beralih ke mode tablet untuk browsing web, atau menonton sebuah film dalam mode tenda. berbentuk huruf V. Apalagi ia memiliki layar Full HD dengan teknologi, anda tidak akan memiliki masalah dalam hal sudut pandang.

Konektivitas

Laptop ini juga memiliki pilihan konektivitas yang cukup lengkap walaupun terhitung sederhana, bahkan ada beberapa port yang bisa memberikan fungsi terbaik untuk semua kebutuhan anda. Ada dua buah pilihan port USB 3.0, hanya port khusus untuk charger. Salah satu yang terbaik adalah kehadiran USB Type C yang akan memberikan konektivitas satu paket lengkap, apalagi nyatanya USB Type C mampu menyediakan konektivitas yang cukup cepat.

Untuk melengkapi fitur konektivitas, Lenovo Yoga 520 juga memiliki slot card reader 4-in-1 serta audio jack . Namun, pilihan port untuk multi display mungkin sedikit terbatas, ketika ia hanya hadir dengan sebuah pilihan port HDMI saja. Meskipun begitu, pilihan ini cukup baik dengan dukungan resolusi yang jauh lebih besar, apalagi jika anda memiliki layar extra dengan resolusi yang memadai.

Sedangkan untuk konektivitas internet, anda tidak akan melihat port LAN, karena laptop ini benar-benar mengandalkan fitur wireless 802.11 a/c. Untungnya, pilihan ini cukup baik untuk mendukung konektivitas tercepat yang anda miliki dirumah atau dikantor anda. Selain itu, ia juga masih mendukung fitur bluetooth yang bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat.



Spesifikasi

SpesifikasiLenovo Yoga 520-14IKB
HargaRP 10.269.000 (Beli)
Processor8th Gen Intel Core i5-8250U 1.60 GHz Processor (6M Cache, up to 3.4GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Display14.0 FHD IPS AG TOUCH(SLIM)
Capacitive-type Multi-touch, supports 10-point
Multi-mode4 modes: notebook, tablet, stand and tent; 360° rotation hinge
Graphics2GB NVDIA GeForce 940MX GDDR5
Memory4GB, 2133 MHz DDR4, 1 x DIMM socket
WebcamHD 720p, fixed focus, with dual digitial microphone
Storage 1TB HDD
Dimensions 330 x 235 x 19.8 mm
WeightStarting at 1.75 kg
Battery2-cell (35Wh)
AC adaptor45W
Keyboard6-row, multimedia Fn keys
TouchpadOne-piece touchpad
Audio supportHD audio, Harman® speakers with Dolby® Audio Premium,
dual digital microphone, audio jack
Wireless LAN11ac, 1x1, Wi-Fi + Bluetooth 4.1 combo adapter, M.2 Card
Ports2 x USB 3.0
1 x USB Type-C
HDMI
4-in-1 Card Reader (MMC, SD, SDHC, SDXC)
audio jack
Garansi2 Tahun

Apa yang terbaik dari seri Lenovo Yoga 520-14IKB ini adalah pilihan spesifikasi yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Ya, laptop ini sudah memiliki pilihan prosesor Intel Core i5 8250U untuk pilihan konfigurasi terendah, dan Intel Core i7 8550 untuk pilihan tertinggi. Berbicara mengenai prosesor, seri yang kami ulas adalah pilihan yang memiliki prosesor i5 Intel generasi ke-8. Dan kabar baiknya, pilihan prosesor ini sudah memiliki tambahan dual core, sehingga menjadikannya 4 prosesor inti didalamnya.

Ya, jajaran prosesor terbaru dari Intel seri U untuk generasi ke-8 kini hadir sebagai pilihan quad core prosesor, dengan kekuatan 4 core fisik serta 8 thread serta memiliki pilihan iGPU HD 620, anda akan melihat bagaimana kinerja yang hadir bukan saja untuk kebutuhan aplikasi sederhana. Beberapa aplikasi yang cukup menuntut pun bisa dijalankan dengan cukup mudah. Dan untuk melengkapi kekuatan tersebut, ia juga sudah hadir dengan tingkat clockspeed dasar 1.6 Ghz serta memiliki fitur boost hingga 3.4 Ghz. Selain itu, prosesor ini juga memiliki tingkat cache sebesar 6MB serta mendukung pilihan memori hingga DDR4-2133Mhz. Intel Core i5 8250U tampaknya masih memiliki tingkat TDP yang sama, yakni sekitar 15W dengan maksimum TDP up hingga 25W.

Lenovo Yoga 520-14IKB

Meskipun begitu, mungkin ia akan melebihi dari apa yang distandarkan oleh Intel, melihat fitur quad core yang cukup besar untuk melahap semua konsumsi daya. Hanya saja, pilihan prosesor ini masih memiliki tingkat manufaktur 14nm, sehingga kelebihan konsumsi daya bisa dikurangi. Spesifikasi lainnya adalah pilihan RAM sebesar 4GB DDR4-2400 yang bisa anda upgrade hingga maksimum memori 16GB. Selain itu, tersedianya satu slot kosong akan memungkinkan kita untuk mengupgrade pilihan memori extra untuk kinerja yang lebih baik.

Kehadiran pilihan dedicated grafis Nvidia Geforce 940MX juga memberikan nilai plus lainnya. Dengan pilihan ini, laptop ini bisa menghadirkan kinerja gaming kasual yang cukup ideal, meskipun masih terbatas dalam pilihan gaming yang menuntut. Apa yang sangat baik dari GPU ini adalah kehadiran pilihan memori video yang cukup ideal, yakni 2GB DDR dengan tingkat clockspeed sebesar 1122 Mhz.

Display

Lenovo Yoga 520 juga memiliki pilihan display yang cukup mengesankan. Dengan ukuran sekitar 14″ dan memiliki maksimum resolusi Full HD, anda akan memiliki layar yang sangat baik serta memiliki tingkat brightness yang ideal,, termasuk untuk penggunaan di lingkungan luar.  Apalagi layar yang dihadirkan pada laptop ini sudah mendukung teknologi IPS yang akan memberikan pengguna kenyamanan extra dalam hal sudut pandang, serta gambar yang jauh lebih tajam.

Intinya, kita bisa memiliki pengalaman yang cukup baik seperti saat menonton film dan menjelajahi web dengan pilihan gambar yang detail dari hampir setiap sudut . Apalagi, layar yang dihadirkan cukup luas dengan fitur bezel yang sempit pada dua sisi layar dengan ukuran 12,3 mm ke 7,6 mm.

Keyboard & Touchpad

Lenovo tampaknya telah meningkatkan kualitas  keyboard sedikir lebih baik agar memberikan nilai yang jauh lebih ideal bagi pengguna. Keyboard itu sendiri secara keseluruhan belum berubah dengan tingkat perjalanan kurang dari 1,5 mm, dan itu bisa ideal dengan ukuran kita. Kuncinya relatif nyaman, serta umpan balik taktil cukup dan konvertibelnya tetap tidak mengganggu saat mengetik – hanya spasi yang sedikit lebih keras daripada tombol yang tersisa. Secara keseluruhan, keyboard ini sangat bermanfaat dan memberikan sisi yang nyaman untuk semua aktivitas kita.

Kemudian hadir pula touchpad, dimana ia memiliki ukuran sekitar 10,5 x 6 cm, clickpad ini berukuran cukup ideal dan menawarkan karakteristik meluncur permukaan yang benar-benar nyaman untuk dilalui. Apa yang sangat baik adalah pilihan kontrol halus dan respon langsung tanpa meloncat, bahkan saat jari kita menggerakkan kursor perlahan atau melakukan drag cepat hingga empat jari.

Touchscreen

Layar sentuh yang hadir pada laptop ini juga hadir dengan bezel sempit seta mendukung input 10 jari dan bekerja dengan sangat baik bahkan di tepi dan sudutnya. Selain itu, anda bisa memiliki berbagai kemudahan lain dengan Lenovo Active Pen. Dengan akurasi pin-point dan teknologi palm-rejection, ia bisa memberikan pengalaman menulis pena on-paper yang sangat alami sesuai dengan kemahiran anda. Bahkan, jika anda berencana untuk menghadirkan pena ini, ia bisa dipasangkan dengan fitur Windows Ink terbaru yang bisa ditemukan langsung di taskbar.

Audio & Webcam

Kehadiran audio dengan kehadiran teknologi Harman Speakers akan memberikan sesuatu yang ideal dalam hal audio. Bahkan pilihan audio yang hadir pada laptop ini sudah mendukung fitur Dolby Audio Premium yang akan memberikan kualitas suara yang renyah, jelas dan cukup baik secara keseluruhan. Dolby Audio menyediakan solusi audio lengkap untuk laptop ini, dan bisa membuat suara video dua saluran yang khas menjadi suara surround 5.1-channel melalui headphone.

Untuk urusan webcam, Lenovo Yoga 520 tampaknya bisa memenuhi kebutuhan anda untuk urusan ini dan itu lebih jauh dari sekedar webcam sederhana. Ini karena ia sudah hadir dengan pilihan webcam HD dengan maksimum resolusi 720p, sehingga ia akan memberikan kualitas gambar yang cukup baik. Hanya saja, anda mungkin perlu membutuhkan lampu penerangan extra, apalagi jika anda berencana untuk video converence dalam suasana yang cukup gelap.

Security

Tidak ada pilihan kensington lock pada laptop ini, namun kehadiran Fingerprint reader alias pembaca sidik jari akan memberikan solusi yang jauh lebih efektif. Ya, kehadiran Pembaca Sidik Jari & fitur Windows Hello akan memeberikan pilihan Keamanan yang sangat efisien. Anda bisa  log in ke Windows tiga kali lebih cepat dengan pembaca sidik jari opsional, sehingga membuat segala sesuatu jauh lebih mudah.

Baterai

Lenovo Yoga 520 hadir dengan pilihan baterai 2-cell (35Wh) dan mampu memberikan kekuatan untuk penggunaan normal hingga 10 jam lamanya. Sehingga, pilihan laptop ini layak menjadi teman setia perjalanan anda tanpa harus mengkhawatirkan baterai yang cepat habis. Selain itu, ia memiliki fitur port dengan USB 3.0, sehingga pilihan ini bisa memiliki sisi kemudahan dengan perangkat, bahkan anda bisa mengisi daya perangkat favorit yang lain saat laptop dimatikan.

Kesimpulan

Degan hadirnya pilihan spesifikasi terbaru dari Lenovo Yoga 520-14IKB, maka pilihan laptop convertible jauh lebih baik bukan saja dari nilai mobilitas dan fungsi, namun juga performa yang jauh lebih meyakinkan. Lenovo tampaknya tidak membuat banyak perubahan yang berarti pada pilihan seri terbaru ini, hanya dari segi spesifikasinya saja. Sehingga, Lenovo Yoga 520 layak untuk anda pertimbangkan sebagai pilihan terbaik untuk laptop 2-in-1, apalagi harga yang ditawarkan untuk seri terendah berkisar antara 10 jutaan lebih. Itu jauh lebih terjangkau dengan kekuatan yang jauh lebih baik lagi.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat