Lenovo ThinkStation P510 Overview : Spesifikasi & Harga

Ada banyak industri di Indonesia yang membutuhan sebuah workstation yang cukup kuat untuk bisa memfasilitasi pekerjaan mereka dengan mudah. Ketika pilihan harga “terjangkau” menjadi alasan terbaik anda, maka Lenovo ThinkStation P510 mungkin layak untuk anda pertimbangkan. Selain pilihan harga yang terhitung lebih menarik, spesifikasi yang dihadirkan cukup ideal sebagai Rig Workstation.

Sebagaimana kita tahu bahwa pilihan komputer workstation ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan serius dalam bidangnya, yang membutuhkan tingkat komputasi besar dan biasanya dalam skala industri, entah industri kecil atau terbesar yang pernah ada. Ketika membangu komputer Workstation terlalu rumit untuk anda, maka pilihan terbaik tentu saja hadir pada produsen yang ahli dalam bidangnya. Dan berbicara mengenai itu, Lenovo tentu saja mengambil peranan penting untuk urusan Workstation PC.

Dari sekian banyak pilihan Workstation yang dihadirkan dari Lenovo, pilihan yang ideal bagi pengguna anggaran yang menginginkan kinerja terbaik untuk kebutuhan serius anda, maka Lenovo ThinkStation P510 bisa menjadi sesuatu yang sangat berguna dan bermanfaat. Apalagi dengan tag harga sebesar 35 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah prosesor dengan tingkat komputasi yang cukup serius dari Intel Xeon E5-1630 serta pilihan GPU Nvidia Quadro K2200 yang sangat kuat untuk kinerja grafis workstation. Jadi, mari kita lihat sekilas dari Lenovo ThinkStation P510 dibawah ini (bukan review loh).

Lenovo ThinkStation P510 : Desain

Pilihan desain sebuah mesin workstation ini bukanlah ditujukan bagi mereka yang menginginkan desain super elegan, indah dan sebagainya. Namun, pilihan workstation yang kompak, solid dan sisi fungsionalitas merupakan hal yang terbaik untuk dimiliki. Dan Lenovo ThinkStation P510 sudah bisa memenuhi syarat utama untuk hal tersebut.

    

Dengan bentuk yang cukup sederhana, pilihan warna hitam solid serta kehadiran beberapa slot Drive Bays seperti DVD, beberapa tombol power, Front Panel USB sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda. Apalagi kehadiran sebuah logo ThinkStation sudah cukup ideal sebagai tampilan bagaimana bentuk workstation sesungguhnya. Untungnya, grid hitam pada bagian depan sebagai saringan udara berfungsi dengan sangat baik, sehingga selain memiliki sisi desain yang solid, ia mampu memberikan manfaat yang besar untuk aliran udara yang bersih pada sistem.

Ketika bentuk masih terhitung biasa, berbeda halnya ketika anda masuk melihat bagaimana setiap komponen dihadirkan. Sebuah PSU Cover dengan bawaan PSU 650W hadir untuk memberikan manfaat kabel manajemen jauh lebih baik pada CPU ini serta memberikan perlindunan extra dari hal-hal lainnya.  Pilihan drive Bays juga ditata dengan baik pada bagian bawah, dimana anda bisa pasang, diantaranya :

  • 4 x 2.5″ HDD atau 4 x 3.5″ HDD
  • 3 x 2.5″ HDD or 3 x 3.5″ HDD
  • Dan 2 external 5.25″ Optical bays

Pilihan DVD drive Combo juga hadir untuk memenuhi kebutuhan pekerjan burning data melalui DVD tradisional, meskipun hari ini kita tidak terlalu memerlukan fitur ini (atau mungkin juga tidak). Dukungan motherboard juga hadir dengan pilihan Intel® C612 Chipset yang mampu menampung hingga 8 dimm slot DDR4 2400 mhz dengan maksimal kapasitas dukungan memori hingga 256 Gb.






Lenovo ThinkStation P510 : Spesifikasi

Sebagaimana kita tahu bahwa sebuah komputer workstation pastinya perlu sebuah prosesor yang terbaik untuk memberikan kinerja komputasi yang sangat tinggi, apalagi untuk server. Dan dalam benak anda setidaknya sudah hadir beberapa opsi, pastinya salah satu dari mereka adalah Intel Xeon. Dan ya, tebakan anda benar, karena Lenovo ThinkStation P510 sudah hadir dengan prosesor Intel Xeon E5-1630 v4 yang cukup baik agar bisa memenuhi kebutuhan sebuah workstation.

Intel E5-1630 v4 diluncurkan setahun yang lalu, dan ini merupakan bagian dari arstitektur Broadwell dan dikhususkan untuk segmen server. Prosesor ini dibangun dengan lithography 14nm serta memiliki jumlah 4 core inti serta 8 thread dengan tingkat cache sebesar 10mb. Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed 3.7 Ghz dan mampu diboosting hingga 4.00 Ghz. Ini tentu merupakan langkah yang sangat baik dari Intel dengan memberikan clockspeed yang cukup besar bagi prosesor sekelas server dengan jumlah cache yang tinggi. Pilihan prosesor ini terhitung entry level dalam kelas server, namun begitu ia bisa memberikan kinerja yang sangat baik untuk sebuah workstation kecil ataupun menengah dalam skala industri.

Lenovo ThinkStation P510
sumber : cpubenchmark.com

Lalu, hadir pula pilihan GPU Nvidia Quadro K2200 yang cukup ideal untuk kinerja grafis pada komputer workstation. NVIDIA Quadro K2200 memberikan keunggulan dalam hal kinerja aplikasi 3D yang cukup baik, disisi lain juga ia mampu menghadirkan pilihan GPU yang hemat daya. Dengan kekuatan memori 4 GB GDDR5 128 bit dengan bandwidth hingga 80.0Gb/s yang cukup cepat, pilihan GPU ini memungkinkan kita untuk membuat model besar dan kompleks, serta cukup fleksibel.

Baca juga : Lenovo Legion Y520-KKiD : Laptop Gaming Keren Dengan Performa Tangguh

Keunggulan lain dari GPU ini tentu saja dari bentuk faktor single-slot yang membuatnya kompatibel dengan ruangan chasis kecil atau besar dengan banyaknya komponen. Apalagi, mesin ini memiliki empat display port dimana salah satunya sudah mendukung DisplayPort 1.2 yang memberikan anda resolusi ultra tinggi hingga 3840×2160 @ 60 Hz dengan warna 30-bit.

Dan untuk melengkapi semua spesifikasi utama yang dihadirkan, pilihan 8 GB RAM DDR4 2400 Mhz dengan upgrade yang bisa anda tampung hingga 256GB ECC tentu bukan pilihan yang buruk bukan. Apalagi ia juga dilengkapi dengan kapasitas HDD bawaan 1 Terabyte yang cukup menguntungkan, walaupun pilihan ini tentunya sangat kurang untuk sebuah workstation.

SpesifikasiLenovo ThinkStation P510
ProsesorIntel Xeon E5-1630 v4 (Quad Core, 3.7GHz Turbo)
RAM8GB (1x8GB) DDR4 ECC RDIMM
HDD1TB 3.5 inch Serial ATA (7200rpm) Hard Drive
ConectivityIntegrated Intel I218LM Gigabit Ethernet
GPU4 GB NVIDIA Quadro K2200
Optical DriveDVD+/-RW / Internal Speaker
AccessoriesLenovo Standard USB Keyboard / USB Mouse
OSWindows 10 Downgrade Wind 7 Professional, English, 64bit
CoolingTri Cooling System, 3Yr Onsite
PriceVisit Site

Kesimpulan

Jadi bagaimana hasilnya? hei mabroh, ini bukan review walaupun sepertinya mau mengarah kesana, namun lebih kepada kesan overview. Lenovo ThinkStation P510 bisa jadi rekomendasi kami ketika anda menginginkan sebuah workstation PC tanpa harus mengalami berbagai hal “ribet” ketika anda berencana untuk membangunnya sendiri. Pilihan ini sudah hadir dan siap untuk dijalankan dengan proses yang sederhana, tinggal plug and play (walaupun nyatanya tidak begitu).

Apa yang sangat baik dan menjadi sisi keunggulan mesin ini tentu karena kehadiran prosesor Xeon E5-1630 v4 yang akan memberikan kinerja komputasi yang sangat baik untuk kebutuhan bisnis anda, apalagi ia sudah hadir dengan pilihan GPU Nvidia Quadro K2200 yang layak untuk kebutuhan kinerja yang membutuhkan kekuatan grafis yang sangat kuat. Walaupun bukan seri yang terbaru, nyatanya GPU ini masih memberikan perlawanan yang sangat baik untuk kinerja grafis yang cukup menuntut, apalagi kehadiran memori dan bandwith yang cukup besar. Overall, Lenovo ThinkStation P510 layak untuk anda pertimbangkan sebagai bagian dari “rig” workstation anda dengan pilihan harga yang terhitung cukup terjangkau. Dan jika anda memang membutuhkan workstation ini, ada kabar baik, karena ada promo yang sedang hangat khususnya bulan ini. Anda bisa menghubungi rekan kami dan menanyakan segala sesuatunya lebih jelas lagi, termasuk beberapa hal yang belum kami jelaskan secara rinci.  

 Baca Juga :



Comments