Intel Core i5-8250U : Spesifikasi & Performa

Prosesor mobile Intel kini memiliki pilihan yang jauh lebih baik lagi dengan kehadiran jajaran prosesor Kaby Lake-R dengan kekuatan quad core yang benar-benar menjanjikan. Salah satu yang hadir dari seri terbaru ini adalah pilihan prosesor Intel Core i5-8250U.  Meski memiliki tingkat clockspeed dasar yang rendah, namun nyatanya ia sudah hadir dengan kekuatan quad core prosesor dengan boost clock hingga 3.4 Ghz dan itu cukup meyakinkan untuk memberikan performa yang jauh lebih baik lagi. Jika anda penasaran mengenai pilihan prosesor ini, mari kita ungkap sekilas mengenai hal tersebut.

Sebagaimana kita tahu bahwa Intel telah merilis jajaran prosesor untuk Mobile dengan pilihan spesifikasi yang jauh lebih baik dari segi spesifikasi. Seri U yang biasa hadir dengan fitur dual core kini memiliki tambahan dua inti prosesor, sehingga mereka secara otomatis akan memiliki 4 core fisik. Hasilnya, anda bisa mendorong performa jauh lebih baik lagi untuk berbagai aplikasi yang cukup menuntut, termasuk untuk sedikit kinerja workstation sederhana. Salah satu yang membuat banyak orang penasaran adalah kehadiran prosesor Intel Core i5-8250U, dimana jajaran prosesor ini sudah hadir pada berbagai produk notebook tipis yang biasanya diunggulkan  sebagai pilihan mobilitas yang jauh lebih baik. Namun kini, mereka bisa memiliki pilihan yang jauh lebih ideal untuk kinerja multi-performa dengan quad core fisik dengan kehadiran seri Kaby Lake-R ini.

Baca juga : Prosesor Intel generasi ke-8: Line Up, Harga & Konfigurasi

Intel Core i5-8250U : Spesifikasi

Intel Core i5-8250U ini didasarkan pada Chips Kaby Lake Refresh, dan itu sebenarnya masih memiliki arsitektur yang sama dengan jajaran prosesor generasi ke-7 gen Kaby Lake.  Nyatanya, prosesor ini masih menggunakan proses pembuatan 14nm yang sama untuk sebagian besar, hanya saja tambahan dual core fisik akan memberikan pilihan yang jauh lebih baik untuk urusan kinerja.

Intel Core i5-8250U merupakan SoC quad-core  yang hemat daya untuk notebook dan Ultrabook, dimana prosesor ini diumumkan pada bulan Agustus 2017. Berlawanan dengan pendahulunya, seri Intel Core i5-7200U, yang masih memiliki fitur dual-core, i5-8250U dilengkapi dengan empat core fisik namun pada memiliki tingkat clockspeed dasar yang lebih rendah dengan kecepatan sekitar 1,6 GHz. Hanya saja, prosesor ini masih memberikan fitur Turbo Boost yang bisa naik hingga 3,4 GHz. Oleh karena itu prosesor ini juga menawarkan kecepatan single core pendek yang cukup baik.

Selain itu, prosesor ini juga memiliki jumlah thread yang tinggi sehingga pilihan tersebut benar-benar akan meningkatkan proses multitasking dan multi-threaded, sementara kecepatan dorongan tinggi juga memberikan kinerja single core yang baik. Core i5-8250U yang baru juga memiliki dua kali lipat dari siklus generasi sebelumnya, yakni 6MB  jika dibandingkan dengan Intel Core i5 7200U dengan hanya memiliki cache 3MB.

Sebagaimana apa yang telah disebutkan diatas, Intel pada dasarnya masih menggunakan arsitektur mikro yang sama jika dibandingkan dengan Skylake, sehingga kinerja per-MHz tidak berbeda. Produsen tersebut tampaknya  hanya mengerjakan ulang teknologi Speed ​​Shift untuk penyesuaian voltase dan clock dinamis yang lebih cepat, dan proses 14nm yang lebih baik, sehingga memungkinkan frekuensi yang jauh lebih tinggi. Apalagi prosesor ini masih dikombinasikan dengan tingkat efisiensi yang lebih baik daripada sebelumnya.

SpesifikasiIntel Core i5-8250U
SeriesIntel Core i5
CodenameKaby Lake Refresh
Clockspeed / Turbo1.6 Ghz/3.4 Ghz
Level 1 Cache256 KB
Level 2 Cache1 MB
Level 3 Cache6 MB
Number of Cores / Threads44
Max. Power Consumption (TDP = Thermal Design Power)15 Watt
Manufacturing Technology14 nm
SocketBGA1356
FeaturesDual-Channel DDR4 Memory Controller, HyperThreading, AVX, AVX2, Quick Sync, Virtualization, AES-NI
GPUIntel UHD Graphics 620 (300 - 1100 MHz)
64 BitYes
Tanggal RilisAugust 21, 2017




Grafis

Intel Core i5-8250U dilengkapi dengan GPU terintegrasi UHD Graphics 620 yang baru, namun pada dasarnya ini merupakan rebranded dari seri HD Graphics 620. Meskipun demikian, iGPU yang hadir di dalam Core i5-8250U memiliki tingkat frekuensi maksimum dengan perbedaan sekitar 100MHz lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di Core i5-7200U (1.10GHz vs 1.00GHz). Dengan memori dual channel yang cepat, ia bisa mencapai performa seperti GeForce 920M. Berlawanan dengan Skylake, Kaby Lake yang sekarang juga mendukung H.265 / HEVC Main 10 dengan kedalaman warna 10 bit serta codec VP9 dari Google.

Kinerja

Menurut Intel, model quad core terbaru hingga memiliki perbedaan 40% lebih cepat dari pendahulunya, yakni Core i5 7200U. Dan itu berarti bisa memberi kabar yang sangat baik bagi mereka yang sedang mencari pilihan notebook yang bukan hanya terbaik dari sisi mobilitas, juga dari performa yang dihadirkan. Meskipun pilihan terbaru biasanya juga akan membuka jalur harga yang jauh lebih tinggi. Anda bisa melihat bagaimana perbedaan kinerja yang dihadirkan dengan prosesor Intel Core i5 7200U dibawah ini.

Intel Core i5-8250U

Seperti yang diharapkan, Core i5-8250U tampil lebih baik dari Core i5-7200U. Tolok ukur Cinebench 11 dan Cinebench 15 menunjukkan kinerja multi-threaded prosesor yang dapat Anda lihat lebih dari 50-60% lebih tinggi. Kami melihat bahwa meskipun jam dasar rendah, semakin tinggi jumlah benang dan kenaikan jam yang tinggi menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik.

Konsumsi daya

Karena chip ini diproduksi dalam proses 14nm yang disempurnakan dengan transistor FinFET (14nm +), sama dengan prosesor Gen Kaby Lake ke-7, maka Intel masih menentukan TDP yang dihadirkan dengan hanya sebesar 5 Watt, yang khas untuk chip ULV. Namun, itu semua sebenarnya bergantung pada skenario penggunaan, sehingga konsumsi daya yang dihasilkan oleh prosesor ini bisa bervariasi antara 7.5W(cTDP Down) dan 25 Watt. Pilihan konsumsi daya terbesar mungkin akan melewati diatas 20W, namun anda bisa tahu mengapa hal tersebut terjadi. Nyatanya, kehadiran fitur quad core akan menyedot konsumsi daya yang jauh lebih tinggi.

Kesimpulan

Akhirnya, kita bisa mengatakan tanpa ada keraguan bahwa Intel Core i5-8250U generasi ke-8 memang merupakan peningkatan yang bisa membuat semua orang terkesan. anda dapat dengan aman mengharapkan peningkatan kinerja keseluruhan lebih dari 50% dan bahkan lebih tinggi dalam kinerja multitasking dan multi-threaded. Walaupun tidak sesuai dengan beberapa rumor yang mengklaim bahwa ia memiliki kinerja dua kali jika dibandingkan dengan pilihan Core i5-7200U, namun tetap dekat hal tersebut itu.

Intel Core i5-8250U bersama dengan chip Kaby Lake Refresh ULV terbaru lainnya memberikan kinerja yang dapat menandingi prosesor HQ dari gen ke-7 sambil mempertahankan konsumsi daya serendah 15W. Dan itu bisa menjadi pilihan yang benar-benar menakjubkan, walaupun hanya permulaan saja. Itu karena Intel belum merilis chip KBR lainnya dan model Coffee Lake HQ dan HK yang mungkin saja siap ditampilkan akhir tahun atau awal tahun 2018 yang akan memberikan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya di perangkat mobile.

 Baca Juga :



Comments