Lenovo Ideapad 320-14AST : Laptop Anggaran Dibawah 4 Jutaan & Performa Handal

Lenovo kini memiliki sesuatu yang sangat baik bagi konsumen yang menginginkan sebuah laptop yang sangat baik dengan anggaran yang ketat. Hadirnya Lenovo ideapad 320-14AST merupakan jawaban mereka dan bisa memberikan kinerja yang ideal, apalagi harga yang ditawarkan laptop ini jauh lebih terjangkau dengan kisaran 3.8 jutaan. Apa yang sangat baik dari laptop ini tentu saja adalah kehadiran prosesor terbaru dari AMD 7th gen A4 9120 yang cukup baik dalam segala kinerja komputasi entry level.

Lenovo pada dasarnya selalu hadir lebih dekat dengan konsumen ketika pilihan harga menjadi sisi keramahannya. Ada banyak jajaran produk mereka yang disesuaikan dengan konsumen anggaran, hanya saja ada beberapa pengorbanan yang mereka lakukan untuk bisa tetap memberikan pilihan harga termurah, namun masih bisa memberikan performa terbaiknya.

Salah satu yang akan kita bahas hari ini adalah Lenovo ideapad 320-14AST. Dengan bermodalkan pilihan prosesor terbaru A4 9120 AMD 7th gen, ini bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa anda dapatkan ketika pilihan prosesor Intel masih terlalu tinggi untuk dicapai. Apalagi, kinerja yang dihadirkan oleh prosesor ini layak untuk disandingkan dengan beberapa prosesor Intel yang lebih tinggi.

Lenovo ideapad 320-14AST : Desain

Intinya, Lenovo Ideapad 320 memiliki bentuk sederhana namun masih memiliki bentuk desain yang cukup elegan. Ia hadir seperti kebanyakan seri ideapad lainnya dengan bentuk hitam solid tanpa banyak asesoris lainnya menempel kecuali sebuah logo Lenovo pada bagian tutup. Dengan berat sekitar 2.1 Kg serta ketebalan sekitar 2.2cm, laptop ini tentu tidak akan terlalu berat pada tas anda (kecuali jika anda membawanya setiap waktu).

Jangan harap untuk mencari bahan terbaik pada laptop anggaran, karena pilihan plastik menjadi solusi terbaik bagi produsen untuk menjaga harga tetap terjangkau. Namun, IdeaPad 320 tampaknya didesain ulang dengan sasis unibody yang ramping dan menambahkan pilihan warna dengan sentuhan yang unik seperti : Platinum Grey, Onyx Black, Blizzard White, Denim Blue, Plum Purple, dan Coral Red.

Dan hebatnya, produsen merancang IdeaPad 320 agar bisa bertahan lebih kuat, apalagi kehadiran  lapisan pelindung khusus sudah hadir untuk mencegah keausan, dan menambahkan detail karet pada penutup bawah agar bisa memaksimalkan ventilasi dan memperpanjang umur produk. Apalagi hal yang terbaik pada sebuah laptop anggaran dibawah 4 jutaan?

Konektivitas

Pilihan konektivitas mungkin bukan yang terlengkap, apalagi yang terbaik. Namun, pilihan konektvitas port sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda, meskipun seandainya ia memiliki port USB Type C yang indah akan melengkapi kesempurnaan laptop ini. Tapi, tampaknya tidak mungkin bagi sebuah laptop anggaran, disamping untuk menjaga harga tetap terjangkau, pilihan ini mungkin hanya hadir pada seri lain yang lebih tinggi.

Lenovo ideapad 320-14AST

Pilihan port yang hadir diantaranya :

  • USB: USB 3.0 × 1, USB 2.0 × 1
  • Audio: Combo audio jack × 1
  • Video/Audio: HDMI slot × 1
  • Ethernet: RJ-45 × 1
  • Memory card slot: 4 in 1 slot × 1 (SD/SDHC/SDXC/MMC)

Untuk melengkapi konektivitas internet, pilihan 802.11ac Wifi bisa memaksimalkan aktivitas internet anda, apalagi jika anda memiliki konektivitas internet yang sangat baik dirumah. Juga kehadiran Bluetooth V4.1 sudah sangat layak, meskipun hari ini tidak terlalu banyak orang menggunakan fitur tersebut sebagai kebutuhan utama.

Keyboard & Touchpad

Dulu mungkin pilihan keyboard pada seri Ideapad sedikit kaku, namun sekarang produsen telah memperbaiki segala sesuatu pada keyboard dengan lebih baik. Walaupun anda perlu sedikit adaptasi, namun kehadiran pilihan keyboard terhitung sangat baik dan cukup nyaman untuk segala tugas pengetikan yang anda lakukan. Ini bukan sesuatu yang mewah dengan fitur backlit keyboard yang nyala, hanya saja ia sudah ideal untuk kebutuhan anda.

Perbaikan yang sama juga dihadirkan pada sisi touchpad yang lebih baik. Walaupun masih memiliki tekstur yang agak kasar pada permukaan plastik touchpad, ia jauh lebih baik dalam hal pilihan touch, klik dan setiap zoom yang anda lakukan.

Display

Lenovo Ideapad 320 memiliki ukuran layar 14″ yang cukup besar untuk memenuhi ruang layar anda. Jangan harap mendapatkan fitur Full HD pada laptop ini, karena ia hanya menyediakan pilihan HD (1366 × 768 pixels) sebagai sesuatu yang cukup baik. TN panel merupakan pilihan utama pada laptop ini, sehingga ia memiliki keterbatasan dalam hal sudut pandang. Selain itu juga ia tidak terlalu ideal diluar ruangan yang cukup terang, karena keterbatasan dalam hal pilihan kontras. Jadi sebaiknya gunakan pada fitur ruangan yang tidak terlalu terang ketika anda berencana akan memakainya diluar.






Lenovo ideapad 320-14AST : Spesifikasi

Hadirnya prosesor terbaru dari AMD A4 9120 generasi ke-7 Bristol Ridge pada laptop ini bisa memberikan beberapa pekerjaan multimedia yang cukup ideal. Pilihan prosesor ini dilengkapi dengan dua inti prosesor dengan tingkat clockspeed 2.2 Ghz dengan maksimal turbo hingga  2.5 Ghz. Pilihan prosesor ini mungkin tidak terlalu baik untuk gaming berat, namun ia sudah cukup ideal pada beberapa gaming ringan (maksud saya benar-benar ringan).

Untungnya prosesor ini sudah dilengkapi dengan GPU yang cukup bisa diandalkan dengan kehadiran Radeon R5 yang sudah mendukung DX12 serta maksimal clockspeed GPU hingga 655 Mhz. Tergantung seberapa besar memori sistem anda, hanya saja ia sudah bisa menghadirkan VRAM hingga 2Gb yang cukup ideal untuk kebutuhan gaming dan aplikasi yang anda perlukan.   

Dan untuk melengkapi semua spesifikasi tersebut, hadir pula pilihan RAM dengan kapasitas 4GB DDR4-2133 dengan maksimal memori hingga 8GB. Pilihan harddisk 500 GB sudah sangat ideal untuk memenuhi segala penyimpanan ini pada laptop anggaran dibawah 4 jutaan, apalagi ia sudah hadir dengan bawaan Windows 10 original.   

Spesifikasi Lenovo ideapad 320-14AST
HargaRp 3,499,000 (Beli)
Processor7th Gen AMD A4-9120 APU
Operating SystemWindows 10 Home
GraphicsAMD Radeon R5
Webcam / MicrophoneFixed Focus CMOS camera with single mic
Memory4GB DDR4-2133
Storage500 GB SATA
Audio2 x 1.5W speakers with Dolby Audio
BatteryPolymer 2 cells 30 Wh
Display14" HD (1366 x 768)
Dimensions (W x D x H)378 mm x 260 mm x 22.9 mm
Weight2.2 kg
ColorsPlatinum Grey
Onyx Black
Blizzard White
Denim Blue
Plum Purple
Coral Red
WiFi/Bluetooth®WiFi 1x1 AC + BT4.1
Ports2 USB 3.0
1 USB-Type C
HDMI
4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)

Audio & Webcam

Tidaklah sulit untuk mendengarkan kualitas audio pada laptop ini, hanya saja pilihan yang dihadirkan benar-benar terbatas. Walaupun ia sudah memiliki fitur 2 x 1.5W speakers dengan teknologi Dolby Audio, pilihan yang dihadirkan tidaklah terlalu nyaring. Sehingga pilihan perangkat ketiga (bahkan audio dengan harga murah pun jadi) bisa melengkapi kebutuhan audio anda seperti saat mendengarkan musik ataupun hal lainnya.

Dan Webcam juga bukanlah yang terbaik pada laptop ini, meskipun ia sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sederhana anda. Pada dasarnya pilihan perangkat ini sudah diperbaiki dengan kehadiran Fixed Focus kamera CMOS dengan mic tunggal, namun jika anda menginginkan sesuatu yang lebih baik daripada sekedar videocall, tentu saja hadirnya produsen pihak ketiga akan memberikan perbedaan yang layak.

Baterai

Pilihan baterai juga bukanlah yang terbaik, walaupun pada dasarnya ia dirancang untuk kebutuhan yang sederhana. Dengan bermodalkan baterai Polymer 2 cells 30 Wh, anda bisa bertahan beberapa jam saja dengan maksimal hingga 4.5 jam. Sederhananya, anda perlu membawa charger setiap saat, apalagi jika anda berencana untuk pergi keluar dalam waktu yang cukup lama.

Rekomendasi

Lenovo ideapad 320-14AST merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang menginginkan sebuah laptop sederhana dengan pilihan harga yang sangat terjangkau. Namun anda jangan mengharapkan yang berlebihan dalam hal kinerja komputasi atau bahkan gaming. Karena laptop ini dirancang dan dikhususkan untuk menyelesaikan pekerjaan sederhana yang tidak terlalu menuntut.

Apa yang sangat baik pada laptop ini adalah pilihan desain yang solid, pilihan prosesor yang cukup baik, serta keyboard yang sangat nyaman. Apalagi, kehadiran Windows 10 tentu akan membuat anda gembira tanpa harus repot-repot membelinya. Sehingga, Lenovo ideapad 320-14AST layak untuk anda pertimbangkan ketika sedang mencari laptop yang sangat baik dibawah 4 jutaan.

 Baca Juga :



Comments