Begini Cara Memantau Penggunaan Data Internet Pada Windows 10

Begini Cara Memantau Penggunaan Data Internet Pada Windows 10

Memantau konsumsi Penggunaan Data Internet sangat penting terutama jika anda memiliki koneksi terbatas atau FUP sehingga kita bisa tahu berapa banyak yang telah kita habiskan baik itu perhari maupun perbulan. Dan sejujurnya Windows 10 belum memberikan fitur yang benar-benar hemat ketika menyangkut konsumsi data dalam beberapa kasus, sehingga kadangkala sangatlah penting untuk melihat kuota bulanan pada sistem operasi ini.




Nah jika anda masih belum tahu bagaimana memonitor penggunaan data anda, dibawah ini kami akan menunjukan bagaimana memonitor penggunaan data bulanan yang biasa anda pakai serta menjelaskan bagaimana anda dapat mengakses informasi data untuk setiap aplikasi.

Jika Anda membuka Task Manager, anda akan dapat melihat beberapa rincian di kolom Network & Metered network. Jika anda mengklik Delete Usage maka anda akan menghapus riwayat penggunaan serta membersihkan nomornya.

Penggunaan Data Internet

Cara Memonitor Penggunaan Data pada Windows 10

Untuk memonitor penggunaan data internet, anda tidak perlu memakai software pihak ketiga, karena Windows memiliki sistem pemantauan data sendiri yang menampilkan berapa banyak data yang dikirim dan diterima oleh setiap aplikasi dalam bulan tertentu. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan monitor penggunaan jaringan anda di aplikasi Settings dan Task manager. Caranya :

  • Buka aplikasi Setelan (Settings app) dari Start Menu.
  • Kemudian Pilih Network & Internet.
  • Lalu Pilih Data Usage, di sini anda bisa melihat penggunaan kumulatif untuk setiap bulan penggunaan data internet yang anda pakai.

Penggunaan Data Internet

  • Kemudian Klik pada “Usage details,” dan sebuah jendela baru dengan aplikasi penggunaan data yang lebih lengkap akan terbuka.
  • Anda bisa melihat penggunaan dari WiFi, Ethernet atau jenis jaringan lainnya secara lengkap disini.

Satu-satunya batasan adalah rincian Penggunaan menunjukkan data kumulatif dan tidak memisahkan data dari penggunaan jaringan atau data yang dikonsumsi untuk update. Selain itu, Anda tidak akan bisa mengatur ulang grafik dan hal yang sama akan otomatis di reset setelah akhir bulan. Poin plusnya, seseorang dapat memonitor data dari aplikasi tradisional dan juga aplikasi UWP.




Cara Membuat Metered Connection untuk penggunaan data secara terbatas

Anda bisa menyelamatkan data anda dengan membatasi penggunaan data seperti halnya fitur update otomatis yang menghabiskan banyak data LTE saat anda tidak menggunakan Wi-Fi. Nah jika anda menggunakan smartphone dan menambatkan internet, anda bisa mengatur koneksi seperti yang ada di smartphone atau anda bisa mengatur semua koneksi pada mesin Windows.

Untuk mengatur koneksi sebagai metered, caranya :

  • Pertama pergi ke Settings> Network & Internet> Wi-Fi
  • Kemudian klik “Advanced Option” di bagian bawah jaringan Wi-Fi.

Penggunaan Data Internet

  • Begitu Anda berada di menu lanjutan, Anda akan melihat memiliki opsi untuk “Set as metered Connection.” Disini anda bisa mengaktifkannya atau tidak. Sambungan meteran selalu dapat diabaikan. Artinya bila operator Internet mengenakan biaya berdasarkan jumlah data yang dikonsumsi oleh Anda, koneksi semacam itu disebut Set as metered Connection.

Jika anda khawatir dengan bagaimana cara Windows Updates memonopoli data dan meningkatkan penggunaan data, anda bisa mengubahnya dengan cara :

  • Pertama, masuk ke Windows Update di Settings dan pergi ke “Configure Automatic Updates”

Penggunaan Data Internet

  • Kemudian pilih “Notify for Download and Notify for Install.” Pilihan tersebut akan memberitahu anda ketika Windows memiliki update yang tersedia dan anda bisa nanti saja menginstal update tersebut menggunakan WiFi dari pada intenet dari smartphone misalkan.

Jika Anda ingin membatasi Penggunaan Data pada Windows 10 lebih jauh, berikut beberapa hal lain yang dapat bisa anda ubah untuk pengaturan lebih jauh:

  • Konfigurasikan setting Windows Update seperti yang disebutkan di atas
  • Pastikan sinkronisasi OneDrive dinonaktifkan. Lebih baik mematikan OneDrive dan menggunakannya hanya saat diperlukan
  • Nonaktifkan PC Sync your setting. Anda akan menemukannya di bawah Settings> Accounts.
  • Matikan aplikasi Latar Belakang agar tidak mengkonsumsi data di latar belakang
  • Matikan Live Tiles dengan mengklik kanan pada Live Tiles dan pilih Turn live tile off.
  • Nonaktifkan Windows 10 Telemetri. Anda bisa menggunakan beberapa Windows 10 Privacy Fixer Tools untuk mendapatkan hal yang sama dengan mudah.

Sumber referensi & gambar : windowsclub.com

 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com