Cara Memperbaiki Koneksi Internet Yang Terbatas Pada Windows

Cara Memperbaiki Koneksi Internet Yang Terbatas Pada Windows

Jika anda memiliki masalah koneksi internet yang terbatas, seperti ketika anda melihat pemberitahuan pop-up yang muncul di sudut kanan bawah layar komputer, kadangkala hal tersebut sangat mengganggu dan cukup menjengkelkan. Pemberitahuan ini muncul dengan tanda seru di segitiga kuning yang ada pada ikon koneksi jaringan di sistem tray.




Selain itu juga, teks notifikasi ‘Limited or No Connectivity’ ternyata biasanya terlihat juga di Windows XP atau versi Microsoft Windows sebelumnya, sehingga ini sebenarnya bukan masalah pada sistem operasi,melainkan lagu lama dan anda perlu memperbaikinya untuk memudahkan segala pekerjaan anda. Pada Windows 7 dan Windows 8, tanda seru di dalam segitiga kuning sama namun teks pemberitahuan biasanya menunjukan ‘No Internet Access’ dan hanya ditampilkan bila penunjuk mouse melayang ke ikon jaringan pada sistem tray di sebelah kanan bawah.

Notifikasi ‘Terbatas atau Tanpa Konektivitas’ atau teks lainnya untuk istilah koneksi internet yang bermasalah, ini berarti komputer terhubung ke jaringan namun tidak dapat terhubung ke Internet. Kemungkinan besar alasan untuk masalah ini adalah server DHCP yang tidak responsif. Ketika server DHCP gagal menetapkan alamat IP ke komputer, komputer secara otomatis akan memberikan alamat IP ke dirinya sendiri. Alamat IP ini biasanya dimulai dengan 169.254.x.x dan memiliki subnet mask 255.255.0.0, dan komputer menampilkan notifikasi ‘Limited or No Connectivity’.

Jika beberapa komputer bergantung pada server DHCP untuk mendapatkan alamat IP darinya dan server DHCP gagal, semua komputer akan mendapatkan alamat IP dari kisaran 169.254.x.x yang sama di mana .x.x adalah nomor unik yang dibuat secara acak untuk setiap komputer.

Jadi, Bagaimana untuk mengatasi Koneksi Internet yang terbatas ?

Untuk mengatasi masalah ini, anda mencoba solusi dibawah ini:

  • Pertama, periksa apakah modem yang terhubung dengan komputer Anda telah dikonfigurasi dengan benar. Jika tidak, Anda harus menghubungi orang yang bersangkutan dan memperbaruinya sesuai pengaturan yang disarankan seketika (atau jika anda tahu, anda bisa mencobanya).
  • Yang kedua, pergi ke sistem tray lalu klik kanan logo network, ini akan membawa anda ke Network and sharing center.

  • Lihat pilihan ‘Change Adapter Setting’ disebelah kiri atas, kemudian klik pilihan tersebut

  • Pilih local area yang terhubung pada internet, kemudian disable, tunggu beberapa detik lalu pilih enable. Windows biasanya akan mencari alamat ip secara otomatis, dan rata-rata metode ini berhasil untuk masalah tersebut.

Metode lain yang perlu anda lakukan adalah :

  • Pertama jika nilai DHCP Enabled adalah Yes dan notifikasi No Internet Access (dalam Windows 7 atau Windows 8) atau Limited atau No Connectivity (di Windows XP atau yang lebih awal) ditampilkan bersama dengan tanda seru di dalam segitiga kuning, dan anda tahu Pengaturan alamat IP, coba atur alamat IP di komputer secara manual.

  • Dalam kebanyakan kasus, alamat IP untuk modem secara default adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Untuk tujuan pengujian, Anda dapat mematikan semua perangkat dan komputer lain di jaringan kecuali yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.




 Baca Juga : 

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com