Inilah Alasan Mengapa Cloud Hosting Sangat Menjanjikan Untuk Bisnis

Inilah Alasan Mengapa Cloud Hosting Sangat Menjanjikan Untuk Bisnis

Internet hari ini menjadi kebutuhan hampir semua orang, apalagi kehadiran berbagai situs baru di dalam internet menambah rak-rak buku yang sangat bermanfaat untuk kita semua. Berbicara mengenai situs atau web, mereka tidak terlepas dari kemampuan server hosting agar bisa diakses untuk semua orang, sehingga hosting kini menjadi  kebutuhan tersendiri untuk akses yang lebih cepat.




Dan kini, Cloud hosting hadir untuk mengisi teknologi modern dimana ini merupakan bentuk hosting terbaru yang telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Konsep utama cloud hosting adalah “Divide and Rule”, dengan  sumber daya yang dibutuhkan untuk menjaga situs anda tersebar di lebih dari satu server web, dan diberikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Cloud hosting juga akan sangat mengurangi kemungkinan downtime jika terjadi kerusakan server.

Aspek lain yang patut dicatat adalah bahwa hosting awan memungkinkan kita untuk mengelola beban puncak dengan mudah tanpa harus menghadapi masalah bandwidth, karena server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan ketika terjadinya kasus seperti itu. Oleh karena itu, situs anda tidak hanya mengandalkan satu server, dan lebih tepatnya sekelompok server yang bekerja sama dan inilah mengapa mereka disebut sebagai “awan atau cloud”.

Cloud Hosting

Contoh Cloud Hosting

Jika Anda mencari contoh cloud hosting secara real-time, contoh apa lagi yang bisa seseorang berikan selain Google itu sendiri? Ya, sang raja mesin pencari telah mendapatkan sumber dayanya tersebar di ratusan server di atas awan, tak heran jika anda belum pernah melihat Google.com menghadapi downtime selama beberapa dekade terakhir ini.

Bagaimana cara kerja Cloud Hosting?

Seperti yang dijelaskan di atas, setiap server di awan membantu dalam melaksanakan serangkaian tugas tertentu, dan ketika terjadi  kasus seperti kegagalan salah satu server di awan, server lain (atau server) untuk sementara akan hadir sebagai back-up untuk membuat sumber daya yang dibutuhkan. Sesuatu yang serupa juga bisa terjadi dalam kasus kondisi overload.




Namun, penggunaan perangkat keras server berkualitas rendah dapat secara signifikan akan menghambat kinerja, dan penerapan semacam itu tidak layak untuk ditandai dengan moniker “awan”. Makanya, sebaiknya hindari jasa penyedia hosting “murahan”.

Enterprise Cloud Hosting

Bila Anda menyediakan layanan hosting tingkat perusahaan, maka kualitas perlu menjadi fokus dan perhatian utama anda. Karena penyedia hosting awan untuk perusahaan harus berkualitas tinggi dan mampu memanfaatkan VMware serta memberikan layanan awan yang sangat diandalkan, yang bahkan lebih baik daripada dedicated server.

Sekarang, mari bandingkan cloud hosting dengan dedicated hosting dan bentuk hosting tradisional lainnya.

Cloud Hosting vs Dedicated Server & VPS

Bila Anda membandingkan dedicated server dengan cloud hosting, faktor keandalan adalah kasus perlu anda lihat, karena Anda memiliki banyak server yang anda inginkan dan tidak seperti dedicated server tunggal ini akan memungkinkan anda mengatasi keadaan darurat tanpa berkeringat.

Cloud Hosting

Namun, pilihan harga tentunya bervariasi dan ini tergantung pada penggunaan anda yang sebenarnya. Contoh dalam hal penggunaan berat; Faktor biaya yang terkait dengan arsitektur awan mungkin sedikit lebih tinggi, tapi anda bisa mengandalkannya.

Ketika Anda datang ke VPS dan shared hosting tradisional, faktor biaya mungkin cukup rendah dan ini sudah jelas ketika berkaitan dengan kehandalan yang lebih sederhana. Dalam kasus VPS, server tunggal dibagi menjadi beberapa bagian, dan setiap bagian dikelola oleh pengguna tertentu, sehingga investasi modal cukup rendah.

Masa Depan Cloud Hosting

Cloud hosting telah datang cukup jauh dengan masa depan cukup cerah dan beberapa perusahaan besar telah menggunakannya selama bertahun-tahun. Namun bagi pemilik usaha kecil juga bisa bergembira karena mereka dapat melihatnya dengan harga harus turun dan seperti yang bisa diharapkan hari ini.

Banyak bisnis telah melakukan investasi yang layak dengan beralih ke awan, sementara yang lain belum berinvestasi dalam infrastruktur yang dibutuhkan untuk melakukan transisi ke cloud. Alasan utama mengapa komputasi awan tidak begitu populer karena faktor biaya masih menjadi perhatian bagi usaha kecil.




Tapi, seseorang pasti bisa berharap untuk melihat lebih banyak bisnis hari ini bisa membuat pergeseran ke cloud karena penerapan cloud low-cost baru terus dikembangkan, dan saya tidak akan menyebutnya berlebihan untuk dikatakan , hanya saja suatu hari semua orang akan berada di awan untuk mengembangkan mimpi mereka.

Jadi, jika anda perlu Cloud Hosting yang sangat baik, anda bisa mencobanya disini.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com