6 Langkah Sederhana Sebelum Memperbaiki Komputer Atau Laptop

6 Langkah Sederhana Sebelum Memperbaiki Komputer Atau Laptop

Memperbaiki komputer bisa menyenangkan, apalagi jika anda sedang mengisi waktu luang anda dengan kegiatan ini. Selain itu, anda bisa menghemat banyak waktu dan tentu saja, keuangan anda. Tapi, anda perlu memperhatikan 6 hal dibawah ini untuk situasi yang lebih aman saat sedang memperbaiki komputer anda(berlaku juga untuk perangkat elektronik lainnya). Karena, selain kenyamanan yang akan anda terima, sisi keamanan akan lebih dekat dengan anda dan orang-orang disekitar anda.

Simpan tips penting dibawah ini dalam pikiran ketika anda bekerja untuk memperbaiki  komputer, diantaranya:

1. Selalu mematikan daya

Komputer

Hal yang pertama untuk di ingat dan dilakukan adalah untuk mematikan daya kelistrikan sebelum anda melakukan servis apapun itu yang berkaitan dengan perangkat elektronik, termasuk komputer. Ini untuk mencegah anda dari pengaruh listrik yang berlebihan, sederhanya, jika anda tersengat listrik, apa yang bisa anda lakukan?




Bahkan jangan pernah membuka casing komputer kecuali listrik telah dimatikan. Ini karena sebuah komputer memiliki sejumlah lampu yang melayani fungsi tertentu, sehingga anda juga perlu memeriksa untuk melihat apakah ada lampu yang menyala. Jika ada yang masih di memiliki kekuasaan daya, mungkin ia tidak benar-benar mati.

Banyak unit power supply hari ini memiliki sebuah tombol di bagian belakang, matikan daya melalui tombol OFF pada  perangkat ini sehingga anda tidak akan melihat sejumlah daya yang sedang bekerja. Perlu diperhatikan pula, sambungan kabel monitor ke perangkat VGA perlu dilepas, karena walaupun CPU anda sudah tidak memiliki daya, sambungan kabel VGA yang masih terhubung pada monitor yang sedang menyala bisa memiliki daya listrik, walaupun terhitung kecil.

Jika Anda bekerja pada laptop, netbook, atau tablet, pastikan untuk mencabut baterai, serta cabut colokan listrik AC, sebelum memindahkan atau membongkar apa-apa.

2. Pindahkan Perangkat Ketempat Yang luas dan lebih Aman

Sebagai tindakan pencegahan kedua, sangat bijaksana bagi anda untuk memindahkan komputer dari tempatnya atau melepaskan semua yang berhubungan dengan kelistrikan. Anda juga perlu memberi alas yang akan memberikan efek negatif pada listrik seperti kayu atau matras.

3. Hindari Asap dan Bau

Komputer

Ketika anda melihat asap yang berasal dari power supply atau dalam Casing atau bau terbakar, maka langlah terbaik adalah :

  • Hentikan apa yang anda lakukan dengan segera.
  • Cabut komputer dari dinding.
  • Tunggu PC hingga dingin atau debit selama setidaknya 5 menit.

Akhirnya, jika Anda tahu dimana perangkat yang menghasilkan asap atau bau, segera cabut, dan gantinya secepat yang anda bisa. Jangan mencoba untuk memperbaiki perangkat yang telah rusak sejauh mungkin, terutama jika itu adalah power supply.

4. Tangan Anda Harus Bersih dari segala asesoris

Jika anda bekerja dengan tangan yang penuh dihiasi asesoris yang indah seperti cincin logam, jam tangan, atau gelang di sekitar perangkat yang memiliki tegangan tinggi seperti power supply, maka ini bisa menjadi hambatan yang luar biasa, bahkan anda bisa terkena sengatan listrik jika anda lupa mematikan daya. Maka dari itu, sebaiknya tangan anda datang dengan tangan yang bersih dan tidak memiliki apapun disekitarnya.

5. Hindari Kapasitor

Komputer

Kapasitor adalah komponen elektronik miniatur yang terdapat di banyak bagian PC. Kapasitor dapat menyimpan muatan listrik untuk sementara walaupun setelah power dimatikan sehingga keputusan yang bijaksana dalah menunggu beberapa menit setelah menarik steker sebelum bekerja pada PC Anda.

6. Jangan pernah melakukan apapun pada perangkat Non-servis

Komputer

Bila Anda menemukan label yang mengatakan ” No serviceable components inside ” jangan menganggapnya sebagai tantangan. Ini adalah pernyataan yang serius. Karena beberapa bagian dari sebuah komputer tidak dimaksudkan untuk diperbaiki, bahkan orang yang sudah ahli pun tidak pernah melayani hal semacam ini. Anda biasanya akan melihat peringatan ini pada PSU,  tetapi anda juga dapat melihat mereka pada monitor, hard drive, drive optik dan komponen berbahaya atau sensitif lainnya.



Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com