Tips Penting Dalam Memilih Motherboard Yang Ideal Untuk Kebutuhan Anda

Tips Penting Dalam Memilih Motherboard Yang Ideal Untuk Kebutuhan Anda

Ketika anda akan membangun sebuah komputer, memilih motherboard bisa dibilang merupakan salah satu bagian yang paling penting. Motherboard bertanggung jawab untuk menghubungkan dan berkomunikasi antara semua bagian lain dari setiap perangkat yang hadir pada komputer. Sehingga, memilih motherboard yang tepat sangat penting untuk keberhasilan dalam setiap membangun PC.




Beberapa faktor dibawah ini bisa membantu anda untuk menemukan Motherboard yang ideal untuk anda, diantaranya :

  • Tentukan ukuran yang paling cocok dengan jenis casing yang anda pilih. Walaupun sebagian besar motherboard akan cocok dengan pilihan casing yang anda inginkan, kadangkala anda tidak menyadari bahwa ukuran motherboard anda ternyata tidak sesuai dengan mini casing yang anda impikan.
memilih motherboard
Ukuran motherboard (sumber referensi : tomshardware.com)
  • Tentukan jenis socket CPU yang anda gunakan atau akan digunakan.Soket CPU yang anda miliki atau akan dimiliki harus sesuai dengan soket yang hadir pada motherboard.
  • Apakah motherboard sudah kompatibel untuk bisa bekerja dengan CPU anda? Kadang-kadang beberapa generasi prosesor bisa menggunakan soket yang sama dan akan bekerja di papan tua. Namun, sebagian besar mobo sering membutuhkan update BIOS sebelum mereka bisa bekerja dengan prosesor yang lebih baru. Contoh yang paling nyata adalah prosesor terbaru dari Intel Kaby Lake yang masih menggunakan soket yang sama dengan Skylake, yakni 1151.

memilih motherboard

  • Jenis chipset apa yang anda butuhkan? Motherboard datang dengan salah satu dari beberapa chipset, masing-masing dari mereka memiliki fitur yang berbeda yang menambah kemampuan tertentu dalam setiap chipset. Jika Anda berencana untuk overclock CPU, maka anda perlu memastikan pilihan motherboard yang memiliki chipset yang mendukung untuk melakukannya.
  • Berapa banyak kartu grafis yang akan anda rencanakan pada motherboard? Kebanyakan slot kartu grafis x16 menggunakan PCIe, dan hari ini, banyak motherboard akan memiliki dual slot untuk kartu grafis.
  • Berapa banyak jalur PCIe yang Anda butuhkan? Motherboard hanya menyediakan anda dengan banyak jalur PCIe (jalur listrik yang digunakan oleh CPU dan chipset), dan masing-masing motherboard dapat membagi mereka dalam cara yang berbeda antara slot yang tersedia. Sebagai contoh, Nvidia membutuhkan setidaknya delapan jalur untuk berfungsi dengan baik, dan AMD GPU memerlukan minimal empat jalur masing-masing untuk berjalan pada kecepatan maksimum, dan port SATA Ekspres umumnya akan memerlukan dua jalur. Sangat penting untuk memeriksa spesifikasi motherboard serta ulasan motherboard.
  • Jika anda berencana akan menggunakan on-board graphics, berapa banyak output display yang diperlukan. Beberapa produsen motherboard hari ini mulai menghilangkan port VGA dari papan baru mereka, jadi perhatikan jenis port yang Anda butuhkan dan rencana yang sesuai. Selain itu, sebagian besar grafis on-board hanya mendukung maksimal dua atau tiga display, jadi pastikan untuk membaca tabel spesifikasi untuk bisa memenuhi kebutuhan Anda.
  • Jika anda akan memanfaatkan on-board Audio, berapa banyak koneksi audio yang diperlukan? Audio HDMI sekarang hampir universal, tetapi sistem mandiri surround sound mungkin memerlukan koneksi optik atau koaksial.
  • Berapa banyak kipas yang akan anda hadirkan pada Casing ? Kebanyakan motherboard hanya datang dengan konektor kipas CPU dan 2-4 konektor untuk kipas casing, sehingga kabel splitter atau fan controller mandiri mungkin akan diperlukan.
  • Berapa banyak modul memori yang akan dipasang? Jika Anda berencana untuk meng-overclock memori, sebaiknya memilih motherboard yang mendukung kecepatan yang Anda inginkan.




  • Berapa banyak Serial ATA, mSATA, SATA Express, atau M.2 drive yang akan dipasang? Anda juga perlu melihat ini, karena hari ini banyak sekali konektivitas yang sangat diperlukan selain konektor SATA standar.

Itulah sebabnya anda perlu membaca spesifikasi lebih detail mengenai sebuah motherboard, juga kehadiran dari setiap merk memiliki fitur unggulan yang berbeda dibanding yang lainnya.

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com