AMD Ryzen 2000 Series Zen+ Update : Harga, Spesifikasi & Konfigurasi

AMD Ryzen 2000 SeriesAMD siap menunjukan langkah besar berikutnya dengan menghadirkan seri Ryzen generasi kedua tanggal 19 april mendatang, dan kini produsen sudah menyediakan sistem pre-order untuk seri CPU terbaru ini dimulai tanggal 13 april kemarin secara global. Nah, jika anda masih belum tahu pasti mengenai lini terbaru AMD Ryzen Generasi Kedua, baik mengenai spesifikasi maupun harga, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Ada 4 pilihan prosesor yang siap menyajikan performa menjanjikan pada seri terbaru Ryzen ini, dimana seri tersebut membawa arsitektur Pinnacle Ridge dengan proses manufaktur 12 nm. Pilihan ini akan membawa sesuatu yang jauh lebih menjanjikan dalam hal kinerja. Ibaratnya, Ryzen generasi ke dua ini membawa pilihan yang jauh lebih tajam untuk urusan performa dengan clockspeed yang jauh lebih tinggi dan membawa banyak fitur yang bisa lebih mengesankan.

Baca juga : AMD Rilis Patch Keamanan Terbaru Untuk Lindungi CPU Dari Spectre

AMD Ryzen 2000 Series Zen+ Pinnacle Ridge Line Up

Menurut Jim Anderson, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Group, AMD, “ Prosesor desktop Ryzen generasi kedua membawa semua yang kami buat pada Ryzen pertama menjadi semakin bagus dan inovatif – performa yang hebat dikombinasikan dengan teknologi mutakhir untuk memberikan sebuah pengalaman yang menakjubkan bagi para pengguna yang menuntut performa lebih,”.

SpesifikasiAMD Ryzen 7 2700XAMD Ryzen 7 2700AMD Ryzen 5 2600XAMD Ryzen 5 2600
HargaRp.4.899.000,-Rp.4.599.000,-Rp.3.399.000,-Rp.2.999.000,-
CPU Cores / Thread8 168 166 126 12
Base Clock3.7GHz3.2GHz3.6Ghz3.4Ghz
Max Boost Clock4.3GHz4.1GHz4.2Ghz3.9Ghz
Total L1 Cache768KB768KB576KB576KB
Total L2 Cache4MB4MB3MB3MB
Total L3 Cache16MB16MB16MB16MB
UnlockedYesYesYesYes
CMOS12nm FinFET12nm FinFET12nm FinFET12nm FinFET
PackageAM4AM4AM4AM4
Thermal SolutionWraith Prism with RGB LEDWraith Spire (LED)Wraith SpireWraith Spire
Default TDP / TDP105W65W95W65W

Hasilnya, ada 4 pilihan CPU Ryzen 2000 series yang siap memberikan pesona baru kepada pelanggan. Pilihan ini memiliki arti tersendiri dalam kinerja maupun harga yang ditawarkan, bahkan kita mungkin bisa melihat bar-bar yang tinggi dalam tolak ukur kinerja. Jajaran prosesor desktop Ryzen generasi kedua ini terdiri dari dua model 8-core, 16-thread, dan dua model 6-core, 12-thread, dimana semuanya menawarkan peningkatan besar dan teknologi mutakhir AMD SenseMI.

AMD Ryzen 7 2700X

Dimulai dengan pilihan yang tertinggi, Ryzen 7 2700X. Pilihan tersebut merupakan lini yang tertinggi dalam seri terbaru ini, dimana ia akan membawa kekuatan 8 core dan 16 thread yang masih sama dengan seri sebelumnya. Namun, apa yang bisa membuatnya jauh lebih baik adalah nilai clockspeed dasar yang jauh lebih ideal dengan kekuatan 3.7 Ghz dan maksimum Boost clock hingga 4.3Ghz. Sejauh yang kami tahu, anda bisa melakukan segalanya dengan prosesor yang jauh handal ini dalam urusan kinerja.

Pilihan tersebut membawa total cache sebesar 20MB, dengan L2 dan L3 cache masing-masing memiliki cache sebesar 4MB dan 16MB. Hanya saja, TDP akan sedikit naik dengan seri sebelumnya, dimana Ryzen 2700X membawa nilai TDP sebesar 105W. Ini berarti kita akan melihat peningkatan konsumsi daya, meskipun urusan kinerja tentunya akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Dukungan memori pada CPU terbaru ini juga naik menjadi 2933 Mhz DDR4 dan membawa solusi pendingin terbaru didalamnya, Wraith Prism Cooler. Anda bisa memesan CPU terbaru ini dengan kisaran harga sekitar 4.8 jutaan dan ini akan tersedia secara global tanggal 19 april mendatang.

AMD Ryzen 7 2700

Pilihan kedua yang hampir sama adalah seri Ryzen 7 2700 tanpa ada huruf X dibelakangnya. Seri ini sebenarnya memiliki hal yang serupa dengan apa yang ditawarkan oleh 2700X, yakni 8 Core dan 16 Thread, namun ia memiliki tingkat clockspeed yang lebih rendah dengan kisaran clockspeed 3.2Ghz dan Max Boost Clock hingga 4.1GHz dengan nilai TDP yang lebih rendah, yakni 65W.

Selain itu, seri Non X biasanya memiliki fitur XFR yang lebih rendah, namun pilihan ini bisa membawa sesuatu yang pas bagi pengguna yang menginginkan kinerja hampir sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau.  AMD Ryzen 7 2700 akan memiliki harga sekitar 4.5 jutaan dan sudah tersedia dengan solusi pendingin Wraith Spire (LED).

AMD Ryzen 5 2600X

Untuk pilihan seri mid-range, Ryzen 5 2600X siap memberikan pilihan terbaik dengan kekuatan 6 Core dan 12 thread dan membawa clockspeed dasar sebesar 3.6 Ghz serta Max Boost Clock hingga 4.2 Ghz. Pilihan ini akan membawa arti tersendiri untuk pengguna yang menginginkan solusi tangguh dengan kisaran harga yang cukup baik untuk anggaran keuangan anda. Dengan kisaran harga sekitar 3.3 jutaan, ia siap membawa semua kinerja jauh lebih mengesankan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, termasuk dalam urusan single thread.

Ryzen 5 2600X membawa total cache sebesar 19MB dengan pilihan L2 dan L3 cache masing-masing 3 MB dan 16MB serta memiliki TDP sebesar 95W. Pilihan ini siap membawa arti lain dan jauh lebih mendalam dalam urusan peforma, apalagi ia membawa dukungan teknologi terbaru dari AMD yan disertakan pada semua lini Ryzen generasi ke dua seperti AMD StoreMI Technology dan AMD SenseMI Technology. Dan jika seri sebelumnya  tidak membawa solusi pendingin bawaan, kini produsen menghadirkan pilihan CPU Cooler Wraith Stealth didalamnya, sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran extra untuk “sekedar” penggunaan biasa.

AMD Ryzen 5 2600

Dan yang terakhir adalah Ryzen 5 2600, dimana ini seolah membawa bagian seri 2600X dalam hal bentuk namun lebih ditujukan pada pengguna yang menginginkan perangkat ideal dengan nilai harga yang jauh lebih terjangkau. Pilihan ini nyatanya akan membawa solusi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, dimana ia kini membawa kekuatan base clockspeed sebesar 3.4Ghz dan Max Boost Clock hingga 3.9 Ghz. Bahkan, anda bisa membuatnya jauh lebih baik dengan semua fitur OC yang sepenuhnya terbuka pada seri terbaru ini.

AMD Ryzen 2000 Series Zen+

AMD Ryzen 5 2600 memiliki harga sekitar 2.9 jutaan, dimana ia membawa nilai TDP sebesar 65W dengan dukungan teknologi yang hampir sama dengan seri diatasnya. Dan jika anda yakin dengan pilihan ini, anda sudah bisa memesannya sejak kemarin di beberapa toko resmi rekanan AMD baik diluar negeri maupun di Indonesia.

Dukungan Teknologi Terbaru, AMD StoreMI Technology

Pilihan terbaru biasanya membawa teknologi terbaru didalamnya (meskipun tidak selalu). Dan kali ini, seri Ryzen generasi kedua memiliki sesuatu yang menjanjikan untuk pendukung kinerja jauh lebih baik dalam urusan sistem, yakni kehadiran AMD StoreMI. Pilihan ini nyatanya tersedia dalam atau disertakan dengan setiap motherboard Socket AM4 dengan memiliki chipset AMD 400-series.

Dengan hadirnya Teknologi AMD StoreMI, ia akan “menggabungkan” dua jenis penyimpanan SSD dan harddrive tradisional ke dalam satu drive dan secara otomatis memindahkan data yang paling banyak digunakan pengguna ke SSD, sehingga pengguna akan mendapatkan kinerja terbaik untuk urusan sistem dalam kombinasi kombo, kemampuan respons SSD, dan kapasitas hard disk mekanis dengan harga yang jauh rendah.

AMD StoreMI Technology akan menjadi alat yang sangat ampuh bagi penggemar yang ingin meningkatkan waktu muat, waktu boot, manajemen file, dan respons sistem. Jadi, ibaranya ketika Intel memiliki teknologi Optane, AMD kini menawarkan StoreMI Technology sebagai pilihan yang bisa jauh lebih ideal. Hanya saja, anda mungkin perlu memiliki motherboard terbaru untuk bisa mendapatkan semua keuntungan tersebut.

Namun, jika Anda memiliki motherboard soket AM4 dengan chipset seri 300, produsen sebenarnya mengisyaratkan pengguna, bahwa mereka masih dapat menikmati manfaat akselerasi penyimpanan dengan perangkat lunak Enmotus FuzeDrive, khusus untuk AMD, namun hadir dengan biaya tambahan extra.

Jadi, Apa Yang Kita Semua Harapkan Pada Pilihan CPU Terbaru ini?

Tentunya, kita semua pastinya memiliki harapan besar dalam hal peningkatan besar untuk urusan kinerja secara pasti, bukan hanya janji saja. Beberapa situs sudah mengungkap kinerja CPU terbaru ini, namun tolak ukur dalam dunia nyata masih belum terealisasi dengan sempurna. Dan jika benar pilihan terbaru ini bisa membawa performa CPU ke level selanjutnya, maka mereka akan membawa arti yang jauh lebih mengesankan pengguna dengan nilai yang sangat berarti dalam urusan anggaran.

Kami akan update terus semua hal tersebut dalam artikel terbaru, apalagi jika semua seri ini sudah hadir di markas kami untuk benar-benar dikupas secara tuntas antara sisi positif dan minusnya. Jadi, pantau terus semua aksi yang siap dihadirkan AMD pada barisan prosesor terbaru AMD Ryzen generasi kedua, dan jika anda meyakini bahwa seri terbaru tersebut membawa arti yang jauh lebih baik, anda sudah bisa memesannya di toko resmi rekanan AMD.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

One thought on “AMD Ryzen 2000 Series Zen+ Update : Harga, Spesifikasi & Konfigurasi

Comments are closed.