- Berita Terbaru, Internet, Prosesor, Security

AMD Rilis Patch Keamanan Terbaru Untuk Lindungi CPU Dari Spectre

Patch Keamanan Terbaru – Jika anda memiliki CPU dari AMD dengan sistem Windows 10, maka selalu update sistem anda dengan pilihan terbaru. Karena, beberapa saat yang lalu, Windows telah merilis perbaikan terbaru, dimana ini merupakan bagian dari patch keamanan AMD yang memungkinkan perlindungan terhadap serangan varian Spectre 2 pada sistem yang memakai prosesor mereka.

Awal tahun ini, serangan yang mengeksploitasi eksekusi spekulatif prosesor diterbitkan dengan nama Meltdown dan Spectre, memicu reaksi dari perusahaan perangkat keras dan perangkat lunak. Kabar sebelumnya mengatakan bahwa Chip AMD kebal terhadap Meltdown tetapi memiliki beberapa kerentanan terhadap dua varian Specter. Specter varian 1 membutuhkan perbaikan dalam hal aplikasi, sedangkan varian 2 membutuhkan perubahan dalam sistem operasi.

Baca Juga : Meltdown Dan Spectre : Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Kerentanan Ini

Intel dan AMD tampaknya telah bekerja keras untuk merilis pembaruan mikrokode dalam mengubah perilaku prosesor mereka untuk memberikan sistem operasi kontrol yang diperlukan, dan pastinya untuk bisa melindungi CPU mereka terhadap Specter varian 2. Microsoft telah mengirimkan mikrokode Intel, bersama dengan perubahan sistem operasi yang diperlukan untuk menggunakan fitur baru mikrokode, dan untuk minggu sekarang; khususnya update kemarin, ia akan memberi perlindungan serupa dengan pilihan untuk mesin AMD.

Patch yang hadir saat ini hanya untuk Windows 10, dimana perbaikan yang setara juga mungkin akan hadir untuk Windows Server 2016 yang masih menjalani validasi dan pengujian. Perubahan sistem operasi hanya berlaku ketika microcode yang cocok dipasang.

AMD telah menerbitkan pembaruan mikrokode untuk prosesor yang dirilis sejak tahun 2011, ketika arsitektur Bulldozer memulai debutnya. Saat ini, satu-satunya cara untuk menginstal microcode adalah menginstal firmware sistem yang menyertakan pembaruan. Microsoft memiliki kemampuan untuk mendistribusikan dan menginstal pembaruan mikrokode melalui update Windows, dan perusahaan mulai melakukan ini untuk chip Intel bulan lalu, namun saat ini mereka tampaknya melakukan hal serupa untuk prosesor AMD.

Inilah mengapa pentingnya untuk memakai sistem operasi terbaru semacam Windows 10 untuk mendapatkan pilihan keamanan yang jauh lebih baik. Terlebih untuk menghindari eksploitasi terbaru celah keamanan yang hadir pada CPU seperti Meltdown dan Spectre.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Rilis Patch Keamanan Terbaru Untuk Lindungi CPU Dari Spectre

Comments are closed.