- Berita Terbaru, Prosesor

Inilah Pilihan CPU Tangguh Berikutnya Dari AMD Hingga Tahun 2020

Baru-baru ini, AMD secara tidak sengaja mengungkap roadmap terbaru hingga tahun 2020 mendatang untuk urusan CPU-nya. Apa yang bisa menjadi sesuatu yang menarik adalah, nantinya akan ada banyak pilihan tangguh berikutnya yang siap mendobrak dengan sesuatu yang jauh lebih baik dalam urusan kinerja. Hebatnya, anda bahkan tidak perlu memiliki mobo baru untuk hampir semua pilihan CPU mereka.

Hal utama yang siap dirilis adalah rincian prosesor desktop Ryzen generasi kedua dari AMD, dimana ini telah bocor dalam beberapa bulan terakhir, dan sekarang keseluruhan peta jalan prosesor perusahaan juga kembali bocor ke publik, dimana ini mengarah pada pilihan yang jauh lebih lengkap hingga tahun 2020 mendatang. Mereka mengungkapkan apa yang sudah kita ketahui sampai batas tertentu, bahwa chip Ryzen generasi kedua akan didasarkan pada arsitektur “Zen +” yang “direfresh”, sementara CPU generasi ketiga akan bergantung pada desain Zen2 generasi kedua dari perusahaan.

Tapi peta jalan yang bocor ini tidak hanya fokus pada prosesor desktop Ryzen saja, namun juga nantinya kita akan melihat rencana produsen untuk memiliki pilihan monster Threadripper seri 2000 yang jauh lebih berkelas, serta chip merek Ryzen all-in-one (APU) untuk laptop. Inilah rincian dari apa yang akan terjadi berikutnya:

 2017  2018  2019  2020  
Notes  New CPU core Optimized New CPU core Optimized 
Architecture:  Zen Zen+ Zen2 Zen2+ 
Process node:  14nm 12nm 7nm 7nm+ or 5nm 
TR4 Socket  ThreadripperThreadripperTreadripperThreadripper
1000 Series2000 Series3000 Series4000 Series
(Castle Peak) (NG HEDT) 
AM4 SocketRyzenRyzenRyzenRyzen
(desktop)  1000 Series2000 Series3000 Series4000 Series
(Summit Ridge) (Pinnacle Ridge) (Matisse) (Vermeer) 
AM4 Socket*N/A RyzenRyzenRyzen
(laptop)  2000 Series*3000 Series*4000 Series*
(Raven Ridge, Zen) (Picasso, Zen+) (Renoir, Zen2) 

Seperti yang ditunjukkan pada roadmap, AMD Threadripper seri 2000 dan Ryzen seri 2000 yang akan dirilis pada tahun 2018 ini didasarkan pada arsitektur Zen +, dimana pilihan tersebut jauh lebih dioptimalkan dan disesuaikan untuk kinerja serta tingkat efisiensi yang lebih baik. Mereka seolah menunjukan bahwa ini adalah generasi di balik arsitektur yang jauh lebih bijaksana dan lebih matang.

AMD mengatakan juga sebelumnya pada tahun 2017 bahwa pihaknya akan terus mendukung soket motherboard AM4 barunya sampai tahun 2020, dan peta jalan yang bocor tentu menunjukkan hal itu. Ini tentu akan jauh lebih memudahkan pengguna yang ingin mengupgrade pilihan CPUnya pada pilihan yang lebih baik, tanpa harus mengorbankan mobo lama mereka. Meskipun, AMD juga memiliki pilihan chipset terbaru seri 400 bagi pelanggan baru.

AMD

AMD pada dasarnya memiliki dua tim yang melompati basis Zen-nya. Hal tersebut diungkap oleh James Prior, seorang manajer produk senior di AMD yang mengatakan “Tim inti berkumpul di sekitar empat tahun yang lalu, dimana mereka mulai membangun desain, dan mereka mulai menciptakan kedahsyatan ini,” lanjutnya “Dan setelah mendapatkan dasar-dasarnya, mereka memulai kembali mengerjakan arsitektur mikro generasi berikutnya, sementara sisanya menyempurnakan pilihan pertama.”

Dengan kata lain, tim No 1 saat ini sedang mengerjakan Zen 2 sementara tim No. 2 membungkus kembali refresh Zen +. Setelah selesai, tim yang terakhir akan beralih ke refresh Zen2 + yang direncanakan pada tahun 2020. Namun, sementara prosesor Ryzen dan Threadripper dapat menyimpan soket yang sama sampai tahun 2020, setiap rilis yang akan datang akan mencakup fitur baru yang didukung juga oleh chipset motherboard terbaru. Jadi, jika pelanggan hanya menukar prosesor mereka, mereka mungkin tidak mendapatkan keuntungan penuh dari chip yang lebih baru.

Meski tidak termasuk dalam peta jalan di atas, produsen tampaknya akan memiliki tambahan CPU APU berikutnya yang berorientasi nilai untuk tahun 2020, dimana ini dijuluki “Dali.” Seperti yang disarankan oleh kode, AMD nampaknya mengacu pada pelukis terkenal, sebuah tren yang secara resmi akan dimulai dan diperkenalkan pada tahun 2019 mendatang dengan Chip Matisse (mainstream) dan Picasso (mobile).

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Inilah Pilihan CPU Tangguh Berikutnya Dari AMD Hingga Tahun 2020

Comments are closed.