- Gaming Gear, Hardware, Motherboard, Prosesor

5 Pilihan Motherboard X470 Terbaik Yang Siap Dirilis

Motherboard X470AMD Ryzen generasi ke dua Zen+ dengan arsitektur Pinnacle Ridge siap menyongsong beberapa hari kedepan, dan produsen motherboard tampaknya sudah siap dengan pilihan mobo terbaru dengan seri 400. Pilihan tertinggi tampaknya memiliki fokus utama pada papan X470, dimana produsen sekelas ASUS, MSI, ASRock bahkan Biostar sudah memiliki pilihan terbaik untuk menarik pelanggan dengan ciri khas tersendiri.

Ada 3 pilihan motherboard terbaru yang siap mendampingi prosesor AMD terbaru seri Zen+, dimana semua pilihan ini siap memberikan sesuatu yang baru dalam hal fitur meskipun masih memakai soket AM4 yang sama. Kali ini, kami akan membahas beberapa pilihan motherboard premium dengan seri X470 yang sudah mulai diperkenalkan oleh beberapa produsen besar. Jadi, tidak usah menunggu lama lagi, mari kita ungkap beberapa pilihan motherboard terbaru seri X470 tersebut dibawah ini.

Baca juga : AMD Ryzen 2000 Series Zen+ Update : Harga, Spesifikasi & Konfigurasi

5 Pilihan Motherboard X470 Terbaik Yang Siap Dirilis

1. MSI X470 Gaming Pro Carbon AC

MSI bisa menjadi pilihan utama bagi penggemar berat kelas tertinggi untuk urusan motherboard seri 400, karena, produsen tersebut nyatanya siap menghadirkan 5 pilihan motherboard terbaik yang siap menyajikan pilihan ideal untuk prosesor generasi ke-2 AMD Ryzen 2000. Dan dari lima produk tersebut, salah satu yang bisa menjadi kandidat pilihan terbaik adalah MSI X470 Gaming Pro Carbon A.

Pilihan ini akan menyediakan dual power konektor 8-pin CPU, dual M.2 storage untuk SSD , empat slot DDR4 DIMM, dan tiga slot PCIe x16, dan memiliki faktor bentuk ATX. Dan hebatnya, pilihan ini pastinya akan mendukung konfigurasi grafis 3-way Crossfire dan 2-way SLI, dan mampu mendukung frekuensi memori DDR4 lebih tinggi hingga lebih dari 3.600MHz .

Selain itu, pengguna akan dihadirkan dengan beberapa fitur yang mewah dan sangat bermanfaat, seperti M.2 Shield yang disebut “Frozr” yang mencakup keduanya slot M.2 dan terhubung melalui heatsink PCH. Motherboard Pro Carbon juga satu-satunya papan yang mendukung RAID 0, 1, dan 10 untuk perangkat penyimpanan SATA dan NVMe (motherboard lainnya hanya mendukung konfigurasi SATA RAID). Itulah mengapa MSI menyebut pilihan motherboard ini dengan istilah Perform In Style.

Lihat spesifikasi lengkapnya disini.

2. ASUS ROG Crosshair VII Hero

Pilihan lainnya yang benar-benar akan memiliki kesan terbaik hadir dari produsen sekelas ASUS dengan pilihan ROG Crosshair VII Hero. Pilihan ini nyatanya merupakan bintang yang sangat populer dan masih membawa seri Crosshair sebagai pilihan terbaik sejak lama.

Motherboard X470 Terbaik

Dengan hadirnya ROG Crosshair VII Hero, ia akan menampilkan semua yang kita harapkan, termasuk empat slot DIMM DDR4, dual reinforced slot PCIe 3.0 x16, slot PCIe 3.0 x4 M.2 ganda (satu dengan heatsink), dan enam port SATA 3.0. Di bagian depan jaringan, Crosshair akan mengintegrasikan WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.2 (berdasarkan pengontrol nirkabel Intel) dan gigabit Ethernet melalui satu jack RJ-45 tunggal.

Apa yang membedakan Crosshair VII terbaru ini dari pendahulunya adalah beberapa fitur baru Asus-eksklusif yang sangat menarik. Seperti papan ROG lainnya, Crosshair VII akan mendukung ekosistem pencahayaan Asus ‘Aura dan memiliki empat-pin 12V RGB dan tiga-pin header RGB digital. Asus menyebutkan bahwa Aura yang sekarang sangat kompatibel dengan ekosistem penerangan rumah nirkabel Philips Hue.

3. X470 Taichi Ultimate

Hadir pula kandidat utama lainnya dari ASRock dengan seri yang benar-benar populer, X470 Taichi Ultimate. Motherboard ATX ini siap menghadirkan segalanya yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya, apalagi pilihan istilah Ultimate dibelakangnya akan memberikan efek yang paling bandel dan mewah jika dibandingkan dengan semua pilihan motherboard terdahulu.

X470 Taichi Ultimate akan memiliki sirkuit regulasi 16-fase ASRock, empat slot DDR4 DIMM, dual reinforced slot PCIe 3.0 x16, dan slot PCIe M.2 ganda (PCIe 3.0 x4 dan PCIe 2.0 x2). Pada bagian depan konektivitas, ada port USB 3.1 Gen2 depan dan belakang, delapan port SATA 3.0, dan jack HDMI 1.4 terintegrasi. Fitur yang siap mengesankan pengguna dalam mobo ini adalah Polychrome RGB lighting ecosystem, yang didasarkan pada empat-pin 12V RGB dan tiga-pin konektor RGB digital.

Untuk urusan audio, ia sudah terintegrasi dengan pilihan premium (menggunakan Realtek ALC1220 codec) dengan amplifikasi headphone khusus, dan arus tinggi Header PWM didedikasikan untuk pompa air. Selain itu, ia juga memiliki jaringan WiFi 802.11ac terintegrasi dan Bluetooth 4.2 (berdasarkan pengontrol nirkabel Intel) dan jack RJ-45 berkemampuan 10Gb / dk (disambungkan ke pengontrol Aquantia LAN) untuk 10 gigabit ethernet (10GbE).

Lihat spesifikasi lengkapnya disini.

4. X470 AORUS ULTRA GAMING

Gigabyte tidak mau kalah dalam hal persaingan untuk pilihan motherboard terbaik, karena ia sudah memiliki X470 AORUS ULTRA GAMING yang siap menyajikan sesuatu yang jauh lebih tangguh dan mewah. Pilihan ini bahkan bisa menjadi kandidat terbaik dalam hal estetika.

Pilihan mobo dengan bentuk faktor ATX siap menyajikan 4 dimm slot ram dengan fitur Dual Channel Non-ECC Unbuffered DDR4 hingga 3200Mhz. Selain itu, ia juga menyajikan 8+3 Phase Hybrid Digital PWM Design serta dukungan untuk 2-Way CrossFire/ SLI Graphics Support dengan fitur Dual Armor dan desain yang Ultra Durable. Pilihan storage pun tidak kalah seru dengan kehadiran Dual Ultra-Fast M.2 NVMe PCIe X4, dimana salah satunya menyajikan One Thermal Guard.

Salah satu fitur yang akan menyajikan nuansa jauh lebih mewah adalah kehadiran RGB FUSION dengan desain Multi-zone LED, bahkan ia juga mendukung Digital LED & RGB LED Strips. Gigabyte benar-benar sudah siap dengan pilihan motherboard terbaik dalam menyambut CPU terbaru dari AMD Ryzen Zen+.

Lihat spesifikasi lengkapnya disini.

5. Biostar Racing X470GT8

Bisotar pun tampaknya tidak mau kalah untuk mendapatkan sisi terbaiknya dalam urusan motherboard, apalagi mereka bisa menyediakannya dengan kisaran harga yang jauh lebih terjangkau. Kali ini, seri Racing X470GT8 siap menyajikan sesuatu yang berkelas untuk pengguna enthusiast, dimana pilihan ini akan menghadirkan beberapa fitur utama yang menjadi sisi menariknya.

X470GT8 tampaknya memiliki pilihan yang hampir sama, dimana ia sudah menghadirkan dua slot reinforced PCIe 3.0 x16, empat slot DIMM memori, enam port SATA 3.0, dan audio yang didukung ALC1220. Namun, seri GT8 tampaknya hanya memiliki pilihan satu PCIe M.2 slots, dimana ia terselip di balik heatsink khusus.

Mobo ini tampaknya mengadopsi RGB-lit rear I/O shroud dan heatsink RGB-lit. Biostar belum bermigrasi ke pencahayaan RGB digital, jadi papan ini tampaknya hanya memiliki header 4-pin 12V RGB. Sedangkan untuk urusan port, ia sudah menyertakan pilihan umum, termasuk tiga output video (DVI-D, HDMI, dan DisplayPort), port USB 3.1 Gen2 tipe-A dan tipe-C, dan gigabit Ethernet yang disediakan oleh pengontrol Intel .

Pilihan motherboard ini mungkin bukan yang terbaik dalam urusan sisi “kemewahan”, namun ia bisa menjadi kandidat yang sangat baik ketika harga menjadi pilihan utama anda. Bahkan, ia bisa menyajikan sesuatu yang handal dalam urusan kinerja, apalagi jika pilihan utama anda hanya menginginkan seri X470 saja sebagai pilihan utama dalam motherboard.

Lihat spesifikasi lengkapnya disini.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “5 Pilihan Motherboard X470 Terbaik Yang Siap Dirilis

Comments are closed.