- Motherboard, Tutorial

Lini Motherboard Terbaru dari Gigabyte H310, B360 & H370

Motherboard Terbaru dari GigabyteChipset terbaru dari Intel dengan seri yang lebih terjangkau kini sudah hadir, dan beberapa motherboard kini memiliki pilihan terbaru pada line up yang didasarkan chipset terbaru ini. Salah satu yang siap memberikan pesona baru adalah Gigabyte dengan beberapa lini produk utama yang siap menggoda konsumen.

Banyak pengguna sebelumnya  mengeluhkan keterbatasan pilihan motherboard yang hanya hadir untuk seri high-end saja, padahal tidak semua pilihan CPU Coffee Lake dari Intel generasi ke-8 sepenuhnya terbuka, apalagi beberapa diantara mereka hadir untuk segmen entry level hingga kelas menengah. Sehingga keterbatasan inilah yang menghalangi pengguna untuk membangun gaming rig berdasarkan CPU dari Intel.

Tapi, hal tersebut tidak berlaku lagi hari ini, karena Intel kini telah merilis pilihan chipset terbaru yang lebih terjangkau seperti H310, B360 dan H370. Salah satu produsen yang siap memberikan pesona baru berdasarkan chipset terbaru ini adalah Gigabyte. Jadi, mari kita ungkap beberapa pilihan tersebut dibawah ini.

Baca juga : Intel Akhirnya Rilis Chipset H310, H370, Q370 dan B360

Lini Motherboard Terbaru dari Gigabyte

Sebagaimana kita ketahui bahwa pilihan ini sebenarnya lebih pada kelas terjangkau jika dibandingkan dengan seri High-end Z370, namun beberapa pilihan tersebut kini memiliki bentuk desain yang lebih menawan serta dukungan teknologi terbaru yang mumpuni. Hanya saja, semua pilihan ini memiliki kelas masing-masing yang bisa disesuaikan dengan pengguna. Jadi, mari kita lihat lini terbaru dari motherboard Gigabyte berdasarkan chipsetnya masing-masing.

Chipset H310

Dimulai dari pilihan paling terjangkau, motherboard dengan chipset H310. Pilihan ini menggantikan seri H110, yang sebelumnya tidak memiliki penerus dalam jajaran mobo 200 series. Pilihan ini mungkin merupakan seri yang paling murah, dengan bentuk desain yang simpel dan beberapa pengorbanan pada beberapa fitur. Namun, ini bisa memberikan sesuatu yang pas di kantong pengguna anggaran yang memiliki biaya terjangkau, apalagi, mobo dengan chipset H310 kini memiliki dukungan memori yang lebih tinggi, dan tentu saja pilihan CPU terbaru dari Intel generasi ke-8 yang siap menjajal sesuatu yang tangguh hari ini.

Motherboard Terbaru dari Gigabyte

Ada 7 pilihan yang disediakan produsen, dimana semua pilihan ini pada dasarnya sama, hanya beberapa fitur yang sedikit berbeda, seperti dukungan untuk slot M.2, Port display dan dan LED. Namun, pilihan ini tentu saja siap menyajikan sesuatu yang tangguh dengan bentuk desain yang simple. Ada dua slot memori yang bisa disajikan pengguna, dimana produsen mengisyaratkan maksimum dukungan untuk memori hingga 32GB DDR4 2666Mhz. Pilihan ini biasanya terdiri dari beberapa konektivitas sederhana, termasuk dalam urusan port USB dan display, namun ia masih memberikan pilihan yang mencukupi.

Pilihan slot untuk PCIe pun terbatas hanya sebuah slot PCI Expres yang berjalan pada x16 (dengan standar PCI Express 3.0.) dan 2 x slot PCI Express x1 (standar PCI Express 2.0.). Pilihan interface untuk storage pun hanya memiliki 4 4 x SATA 6Gb/s connectors, serta pilihan 1 x CPU fan header dan 1 x system fan header. Tentu, banyak pengorbanan yang harus dilakukan produsen dalam menjaga harga untuk tetap terjangkau, namun pilihan ini bisa menjadi sesuatu yang solid bagi pembangun anggaran terbatas, khususnya mereka yang menginginkan pesona CPU dari Intel terbaru. Klik disini untuk melihat spesifikasi lebih detail.

Chipset B360

Tampaknya, kita tidak lagi melihat penerus B250 dengan bentuk penamaan yang hampir sama, justru pilihan namanya berubah menjadi B360. Salah satu alasan utama yang pernah kami dengar karena tim merah tampaknya sudah memiliki seri B350 sehingga untuk menghindari kekeliruan yang bisa dilakukan pengguna. Sebagaimana kita tahu bahwa seri B350 ini lebih dikhususkan bagi pengguna yang menginginkan pilihan yang sedikit lebih mewah dalam urusan fitur, namun masih bisa membawa nilai harga yang cukup terjangkau.

Seri B360 bahkan memiliki beberapa fitur unggulan, termasuk apa yang ditawarkan oleh Gigabyte.  Apalagi, produsen ini juga menawarkan brand Aorus yang terkenal merupakan seri paling elite jika dibandingkan dengan produk Gigabyte lainnya. Hal terbaiknya adalah, kita bisa memiliki solusi tangguh yang ditawarkan seri B360, dimana pilihan ini biasanya menyediakan slot extra untuk memori, dual M.2 untuk SSD, bahkan beberapa diantara mereka menawarkan dukungan untuk pelindung dengan gaya Aorus yang berkelas.

Dan tidak tanggung-tanggung, ada 15 produk yang siap menebar pesona, termasuk seri Aorus yang merupakan pilihan tertinggi yang memiliki banyak fitur. Apa yang membedakan dari semua pilihan ini adalah ketersediaan slot untuk memori, ukuran, slot SSD M.2 termasuk juga pilihan untuk lampu LED. Salah satu yang paling memiliki kesan terbaik hadir dari pilihan ini adalah kehadiran Gigabyte B360 AORUS.

Apa yang terbaik dari pilihan mobo ini adalah pilihan mewah dalam hal fitur seperti kehadiran Intel CNVi WIFI, M.2 Thermal Guard, RGB Fusion dengan LED Digital, Intel GbE LAN dengan cFosSpeed, slot Dual M.2, Ultra Durable PCIe Armor, Intel Native USB 3.1 Gen2 Type-A, Anti- Resistor Sulfur, Smart Fan 5, DualBIOS . Tentu, anda mungkin perlu mengeluarkan uang extra untuk bisa menggapainya, namun ia bisa membawa solusi terbaik untuk seri B360 , khususnya dari apa yang ditawarkan motherboard Gigabyte. Klik disini untuk melihat spesifikasi lebih detail.

Chipset H370

Kemudian hadir pula pilihan dengan tingkatan yang sedikit lebih rendah dibawah seri Z370, yakni H370. Pilihan ini akan membawa nilai terbaik dalam bentuk desain, selain itu ia akan memberikan performa yang handal dengan beberapa fitur inti, termasuk solusi ideal bagi penggemar mid-range keatas. Gigabyte menghadirkan 6 mobo untuk seri ini, dimana salah satu pilihan terbaik hadir dengan seri H370 AORUS GAMING 3 WIFI.

Pilihan ini siap memberikan sesuatu yang berkelas dengan fitur mewah dan solusi lengkap didalamnya. Apa yang terbaik didalam motherboard ini adalah beberapa fitur inti, seperi 8 + 2 Hybrid Digital PWM, , Intel CNVi WIFI ready, ALC1220-VB, USB 3.1 Gen2 Type-C & Type-A, M.2 Thermal Guard,  Intel GbE LAN dengan cFosSpeed, RGB Fusion dengan Digital LEDs, Smart Fan 5, Dual M.2, Dual Armor dengan pilihan Ultra Durable™ Technology, WIMA Audio Caps dan CEC 2019 ready. Tentu, ini bisa menjadi solusi terbaik untuk salah satu komponen utama dalam membangun gaming rig, apalagi seri Aorus benar-benar memukau dalam hal estetika. Klik disini untuk melihat spesifikasi lebih detail.

Harga & Ketersediaan

Sejauh yang kami tahu, semua pilihan motherboard terbaru dari Gigabyte secara resmi sudah diumumkan, namun untuk ketersediaan masih belum dipastikan kapan segera hadir, khususnya di negara kita. Hal tersebut juga termasuk untuk urusan harga, jadi kami belum bisa memastikan kisaran harga yang nantinya akan ditawarkan. Meskipun begitu, semua pilihan ini akan menjadi berita yang sangat baik bagi mereka yang tengah mencari pilihan motherboard terbaru, khususnya yang didasarkan pada chipset terbaru Intel yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri Z370.

Namun yang pasti, kami akan update semua hal tersebut dalam artikel terbaru, khususnya jika semua seri ini sudah memiliki kepastian harga dan ketersediaan. Tentu, pilihan ini akan menambah variasi terbaru dari sekian banyak produsen motherboard yang siap bersaing untuk mendapatkan tempat terbaik di hati konsumen.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat