Intel Akhirnya Rilis Chipset H310, H370, Q370 dan B360

Intel Akhirnya Rilis Chipset H310, H370, Q370 dan B360

Kabar baik bagi anda yang tengah menunggu mobo murah untuk barisan CPU Coffee Lake desktop, karena 2 hari yang lalu Intel telah merilis pilihan Chipset terjangkau dengan hadirnya seri H370, H310, Q370 dan B360. Ini tentu akan membuka jalan bagi motherboard murah yang sangat dibutuhkan untuk CPU Intel 8th -Gen.

CPU Intel Coffee Lake secara umum telah ditinjau dengan baik, dengan jumlah inti yang meningkat, frekuensi tinggi dan dalam banyak kasus, mereka memiliki ruang untuk pilihan overclocking yang luas khususnya untuk seri K. Namun, sejumlah kendala sebelumnya hadir pada seri terkunci non-K, dimana banyak pengguna mengeluhkan pada keterbatasan mobo yang hanya hadir untuk seri Z saja.

Baca juga : Apple Siap Geser CPU Intel Dengan Chipset Produksi Sendiri, Dimulai Tahun 2020

Ada sejumlah alasan mengapa semua hal tersebut, namun yang pasti adalah motherboard yang menggunakan chipset seri Z biasanya memiliki harga yang mahal, dimana pilihan termurah berkisar antara 2.5 jutaan. Tentu hal tersebut menjadi kendala bagi pengguna yang memiliki budget terbatas. Apalagi pilihan CPU seri entry level seperti Core i3-8100 biasanya lebih cocok untuk mobo dengan chipset dibawah seri Z, selain karena pilihan yang terkunci, pilihan ini nyatanya lebih ideal untuk pengguna kasual dengan budget terbatas.

Untungnya, bulan ini tampaknya memberikan kabar baik, ketika Intel mengumumkan Chipset yang lebih terjangkau, maka OEM resmi Intel seperti MSI, Gigabyte dan sebagainya siap memberikan jalan untuk pilihan motherboard lebih murah. Anda bahkan bisa melihat pilihan pengganti mobo H110 dengan hadirnya seri H310 yang memiliki dukungan memori lebih tinggi serta pilihan fitur yang lebih banyak.

Intel CHipset

Pilihan ini tentu akan memberikan semua hal jauh lebih ideal lagi bagi pembangun gaming rig atau desktop pc yang tangguh dengan motherboard yang lebih murah. Beberapa produsen bahkan sudah mulai memajang produk terbaru mereka berdasarkan beberapa chipset selain seri Z370. Seperti halnya apa yang ditawarkan MSI, dimana mereka kini memiliki barisan penuh yang siap memberikan arti lebih baik untuk membangun gaming rig berdasarkan Intel Coffee Lake.

Hanya saja, beberapa chipset baru ini mungkin masih menawarkan bandwidth terbatas untuk kartu grafis dan SSD. Sebagai contoh, chipset B360 akan terbatas hanya pada 12 jalur PCI-E 3.0, sementara chipset H310 tampaknya tidak memiliki dukungan untuk penyimpanan M.2 berbasis PCI-E sepenuhnya. Namun, pada akhir skala ini, kemungkinan sebagian pemotongan ini tidak akan berdampak pada kinerja, sementara menggunakan SSD PCI-Express yang mahal dengan motherboard seharga 1 jutaan mungkin juga sesuatu yang tidak dilihat pengguna anggaran.

Meskipun begitu, ini adalah berita bagus bagi siapa saja yang tidak melakukan overclock sistem mereka atau mereka yang masih bekerja dengan anggaran terbatas. Kami akan mulai memberikan pilihan motherboard dalam artikel berikutnya yang didasarkan pada chipset tersebut.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

2 thoughts on “Intel Akhirnya Rilis Chipset H310, H370, Q370 dan B360

Comments are closed.