Hal Yang Perlu Kita Ketahui : Cherry MX Switch & Variannya

Hal Yang Perlu Kita Ketahui : Cherry MX Switch & Variannya

Cherry MX Switch – Kita tahu bahwa pilihan keyboard terbaik adalah mechanical keyboard alias keyboard mekanis. Namun tahukah kamu bahwa untuk menentukan keyboard mekanik yang ideal biasanya dilihat dari jenis switch yang dimiliki oleh mereka? Ya, Switch alias sakelar akan memberikan arti tersendiri dalam penggunaan keyboard, terlebih penggunaan dan rasa para pengguna bisa bervariasi.

Untuk itulah, switch Cherry MX yang sering banyak digunakan pada keyboard mekanis banyak memiliki varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Jadi, dalam artikel kami kali ini, kita akan melihat berbagai jenis sakelar Cherry yang sudah hadir dipasaran dan melihat bagaimana mereka saling membandingkan satu sama lain.

Baca juga : 5 Pilihan RGB Mechanical Gaming Keyboard Solid Tahun 2018

Apa Sih Cherry MX Switch Itu sebenarnya?

Dulu, perusahaan Cherry Corporation didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1953 dan mulai memproduksi keyboard pada tahun 1967, sehingga menjadikannya pabrikan keyboard tertua di dunia yang masih hadir dalam bisnis. Perusahaan ini kemudian dipindahkan ke Jerman pada tahun 1967 dan dibeli oleh ZF Friedrichshafen AG pada tahun 2008, tetapi keyboard dan switch mekanis masih diproduksi di bawah merek Cherry.

Baris switch paling populer mereka adalah seri Cherry MX, yang pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1985. Saklar ini biasanya direferensikan oleh warna fisik mereka, dengan setiap warna yang menunjukkan karakteristik untuk penanganan saklar. Contohnya, terkadang kita suka mendengar suara-suara berbeda dalam keyboard mekanis, entah apakah itu clicky, apakah itu taktil, dan berapa banyak kekuatan yang diperlukan untuk menjalankan switch, dalam centi-Newton (cN) atau gram (g).

Nah, setelah kami menjelaskan sedikit informasi latar belakang tentang sakelar tersebut, kita kini dapat melihat jenis sakelar itu sendiri – dimulai dengan empat varietas paling umum, yakni :

1. Cherry MX Black

Ini merupakan pilihan sakelar linear yang memiliki operasi paling sederhana, bergerak lurus ke atas dan ke bawah tanpa umpan balik, memiliki sentuhan tambahan atau bunyi klik paling keras. Switch Cherry MX Black diperkenalkan pada tahun 1984, menjadikannya salah satu sakelar Cherry yang paling tua. Mereka memiliki kekuatan aktuasi menengah sampai tinggi, pada 60 cN, yang berarti mereka adalah yang paling keras dari empat sakelar Cherry yang paling umum.

Pilihan ini tidak memiliki “tonjolan” taktil, yang bahwa mereka menunjukkan tombol tekan yang telah terdaftar sebelum kunci mencapai bagian bawah saklar. Saklar-register tersebut menekan mereka di tengah, sementara titik ” release” (di mana kunci mulai muncul kembali) berada di bagian bawah. “Titik aktuasi” lebih jauh.

Jenis sakelar ini digunakan atau ideal untuk para gamer, dan sangat tidak ideal untuk penggunaan dalam pekerjaan mengetik berat.  Itu karena menggunakan switch MX Black berarti kita harus melintasi seluruh tombol untuk menekan tombol agar terdaftar, yang dapat melelahkan untuk pengetikan biasa, terutama dibandingkan dengan switch lainnya.

2. Cherry MX Red

Disisi lain, Cherry MX Red yang sebenarnya terhitung baru dan diperkenalkan pada tahun 2008 silam, merupakan pilihan sakelar yang memiliki kekuatan aktuasi rendah, pada 45 cN. Pilihan ini biasanya diikat dengan Brown dan memiliki tingkat aktuasi terendah dari empat pilihan switch yang paling umum. Switch merah juga biasanya dipasarkan sebagai tombol gaming, karena ia memiliki keunggulan dengan bobot yang ringan dan memungkinkan untuk aktuasi yang lebih cepat, dan telah menjadi semakin umum di keyboard gaming.

Intinya, Switch Cherry MX Red masih merupakan bagian dari switch linear, seperti MX Blacks, tetapi mereka membutuhkan kekuatan aktuasi yang jauh lebih sedikit untuk menekan tombol hingga ke bagian bawah switch. Dan karena mereka membutuhkan lebih sedikit kekuatan untuk menekan, tombol-tombolnya terasa lebih halus dan lebih mudah digunakan, dan kurang melelahkan daripada MX Black.

Sejumlah keyboard gaming juga menggabungkan MX Reds, tetapi mereka sangat populer dengan keyboard gaming yang dirancang untuk menarik tugas ganda agar bisa bekerja dan bermain, tetapi mereka masih bersandar ke sisi game, karena mereka tidak memiliki sentuhan ” bump ” yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui penekanan tombol yang telah terdaftar sebelum sampai ke bagian bawah sakelar.

3. Cherry MX Brown

Switch Cherry MX Brown bisa mewakili pilihan hybrid, dimana pilihan ini sangat atau lebih merata antara kegiatan game dan mengetik harian. Mereka menampilkan tonjolan lembut, taktil di dekat bagian tengah kunci, yang berarti pengguna tidak perlu menekan tombol ke bawah untuk mendaftarkan tombol tekan.

Cherry MX Switch

Hasilnya adalah kita akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menekan semua tombol hanya untuk mengetik, dan akhirnya kegiatan ini akan terasa jauh lebih cepat dan dengan sedikit usaha. Beberapa gamer juga biasanya lebih memilih keyboard dengan titik-titik aktuasi di tengah-tengah saklar karena itu membuat double-tapping jauh lebih mudah.

Switch Cherry MX Brown diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai tombol khusus “ergo soft”, tetapi dengan cepat menjadi salah satu switch yang paling populer. Saat ini, sebagian besar keyboard Filco dijual dengan switch Brown, karena switch ini merupakan opsi tengah-jalan yang tepat untuk mengetik dan bermain game. Mereka juga ideal untuk kegiatan mengetik di lingkungan kantor, di mana switch clicky mungkin bisa mengganggu beberapa orang.

4. Cherry MX Blue

Cherry MX Blue merupakan pilihan switch clicky yang paling umum, dan pertama kali tersedia di keyboard Filco pada tahun 2007 silam. Switch ini jauh lebih disukai oleh juru ketik karena sentuhan tusukan dan suara klik yang terdengar seperti mesik ketik jaman old, tetapi bisa kurang cocok untuk kegiatan gaming karena bobotnya relatif tinggi.

MX Blue menawarkan sentuhan “klik” saat titik aktuasi dipukul. Mereka tidak bagus untuk twitch-typing atau double-tapping karena titik rilis untuk switch berada di atas titik aktuasi, tetapi ini adalah keluhan umum bagi orang-orang yang telah menggunakan switch mekanis di masa lalu. Jika kamu belum pernah merasakan keyboard mekanis, anda mungkin tidak menyadari perbedaannya.

Switch MX Blue biasanya mengingatkan orang-orang pada keyboard lama yang terdengar “clicky” dari hari-hari awal PC diciptakan. Kombinasi dari umpan balik sentuhan yang kuat dan klik simultan memberikan rasa yang sangat memuaskan saat mengetik. Namun, klik dapat menjadi keras, yang dapat membatasi penggunaannya dalam ruang komputasi bersama, seperti dikantor maupun di tempat yang memerlukan suasana tenang.

5. Switch Cherry MX Lainnya

Sementara empat switch yang tercantum di atas ditemukan di sebagian besar keyboard mekanik dengan sakelar Cherry, cukup banyak varian lainnya yang sudah ada, diantaranya adalah :

  • Silent Red (Pink) switch adalah varian yang jauh lebih tenang dari switch MX Red linear, dengan potongan-potongan karet di dalamnya bisa meredam suara saklar kembali ke posisi default-nya. Gaya aktuasi tetap switch ini adalah 45 cN.
  • Speed ​​Silver adalah versi pendek dari saklar MX Red, yang berakselerasi pada 1.2mm, bukannya 2mm dan dengan total perjalanan 3.4mm dibandingkan dengan 4mm.
  • Clear switch adalah versi switch Brown yang lebih kaku, dengan tonjolan dan bobot taktil 65 cN.
  • Grey Switch digunakan untuk spasi pada keyboard Clear, dengan bobot 80 cN.
  • Green Switch adalah versi yang lebih tangguh dari switch Blue, dengan tusukan taktil dan klik jauh lebih terdengar, berbobot pada 80 cN. Ini terutama digunakan untuk spasi.

  • White Switch sangat mirip dengan green switch, dengan versi modern diberi bobot yang sama (80 cN) tetapi sedikit lebih tenang.
  • Switch Super Black merupakan sakelar linear ekstra kaku (150 cN) yang dirancang untuk spasi pada keyboard dengan tombol Hitam.
  • Switch Dark Grey adalah switch yang lebih kaku (80 cN) yang lebih kaku dan dirancang untuk digunakan sebagai spasi pada keyboard dengan switch Cherry MX Black.
  • Saklar Cherry MX Lock mengunci sakelar linear yang tetap berada di bawah hingga ditekan lagi, biasanya digunakan untuk Caps Lock dan kunci TTY di keyboard sebelum tahun 1980-an.

Kesimpulan

Jadi di sana kita berencana untuk membeli keyboard mekanis, semua informasi tentang berbagai switch MX yang diproduksi oleh Cherry bisa memberikan manfaar nyata, dan bisa memenuhi semua kebutuhan pengguna. Kami semua berharap ini tentu sangat berguna, apalagi pilihan keyboard mekanis ternyata tidak hanya sekedar keyboard biasa dengan penggunaan umum, namun bisa menjadi pilihan khusus yang ideal.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com