Gile, Penjual di Ebay Lelang Memori Desktop DDR5 Hingga 35 Juta Lebih

Memori desktop DDR5 tampaknya masih sulit ditemui di pasaran. Stok yang terbatas dan masalah pasokan komponen membuatnya jadi salah satu komponen PC yang paling langka. Dan yang bikin kesal adalah kehadiran scalper membuat perangkat ini semakin mustahil untuk didapatkan.

Baca juga : Baru Dirilis, Battlefield 2042 Awali Debut Yang Kurang Menyenangkan Buat Penggemar

PCMag melaporkan tentang bagaimana gilanya harga memori DDR5  di situs lelang. Tampaknya item termahal merupakan Corsair Dominator Platinum RGB 32GB (2 x 16GB) DDR5 SDRAM 5200MHz yang memiliki harga Beli $2.499 atau kisaran 35 jutaan.

Memori Desktop DDR5

Image credit : uk.pcmag.com

Padahal, Corsair sendiri mencantumkan harga resminya dengan nilai $ 340 atau sekitar 4.8 jutaan (konversi rupiah hari ini) di situs webnya, yang berarti penjual eBay mengangkatnya hingga 635%.

Nah, untuk pasar Indonesia, kami sendiri belum melihat tanda-tanda kehadiran desktop RAM DDR5 baik di official store maupun penjual online. Tampaknya ketersediaan masih belum pasti mengenai hal tersebut.

Pertanyaannya, mengapa memori DDR5 masih agak jarang ditemui? kekurangan sirkuit terpadu manajemen daya (PMIC) yang terintegrasi ke dalam modul DDR5, mendorong persaingan dengan komponen utama motherboard. Disisi lain, waktu pengadaan untuk komponen tersebut bisa memakan waktu sekitar 35 minggu.

Tampaknya, orang-orang yang ingin membangun PC berdasarkan prosesor Intel generasi ke-12 harus menunggu cukup lama. Setidaknya sampai harga normal, atau ketersediaan melimpah. Khususnya dari komponen pendukung.

Comments

Related Posts