5 Masalah Yang Seringkali Hadir Di PC, Begini Cara Atasinya

Masalah selalu ada, dan kadang kala untuk memperbaikinya terkadang kita suka lupa kalau jalan termudah itu sebenarnya ada di depan mata. Contohnya ketika memperbaiki masalah yang seringkali hadir di PC.

Apa aja sih masalah yang seringkali terjadi di PC ? Dan solusi sederhananya biasanya apa? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Mudah Upgrade Ke Windows 11

1. PC Enggak mau Booting

Masalah yang suka terjadi adalah PC yang enggak mau booting. Intinya sih PC nyala, tapi enggak ada display. Untuk mengatasinya, solusi paling mudah bisa cabut RAM pasang kembali di slot yang berbeda. Kalo memungkinkan juga, coba ganti RAM dengan opsi lain. Biasanya itu bisa jadi solusi paling efektif, meskipun terkadang juga enggak.

2. PC Enggak Mau Nyala

Ketika PC enggak mau nyala, kemungkinan terbesar ada di kelistrikan. Entah salah satu kabel dari PSU enggak nyambung ke mobo (bisa longgar juga) atau kabel power PSU yang enggak pas, atau PSU itu sendiri yang bermasalah. Jadi, cek kabel dari (dan ke) PSU sama motherboard. Coba juga pake PSU lain jika memungkinkan. Nah, opsi lain biasanya cek dudukan CPU Cooler yang mungkin aja enggak pas. Cek juga kabel power VGA, bisa longgar atau bahkan suka lupa enggak dipasang kembali.

3. PC Enggak Mau Masuk OS dan Restart Terus

Kalo masalah ini ada banyak penyebab. Tapi, bisa dari software yang baru aja di instal, kemungkinan sistem yang korup, atau ada virus. Biasanya kalo dari software, kalian bisa masuk ke safe mode, cari software yang bermasalah (bisa dimatikan service startupnya dulu). Selain itu, konflik hardware juga bisa jadi penyebab lain. Misal, kalian pasang RAM baru dengan speed yang berbeda dengan sebelumnya, atau mobo enggak dukung speed XMP dari RAM tersebut.

4. PC Tiba-tiba Blue Screen

Masalah PC blue screen biasanya seringkali terjadi. Bisa terkait dengan software, driver atau bahkan Virus. Kemungkinan hardware bermasalah juga. Tapi, cara terbaik biasanya cek kode kesalahan yang hadir saat blue screen hadir. Kemudian restart sistem juga bakal jadi solusi pertama untuk memperbaikinya. Update software atau reinstall driver grafis maupun chipset.

5. PC seringkali Restart Saat Main Game Atau Aplikasi

Kemudian masalah lain yang seringkali hadir biasanya sistem seringkali restart, entah saat menjalankan aplikasi tertentu atau saat main game. Biasanya kemungkinan masalah terbesar ada di suhu CPU atau GPU juga memungkinkan. Mengganti pasta prosesor jadi solusi terbaiknya, termasuk membersihkan debu, entah casing maupun fan.

Nah, itu dia beberapa solusi yang bisa saja efektif ketika kalian menghadapi beberapa masalah PC yang kami ungkap diatas. Enggak semua sih kami ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts