PC Bluescreen Gara-Gara AsIO.sys? Begini Solusinya!

PC tiba-tiba bluescreen saat masuk ke Window dan ada keterangan SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION dimana file AsIO.sys jadi masalahnya? Hal tersebut baru saja terjadi kepada kami. Dan setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata biang keladinya ada di software yang baru saja kami instal.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengurangi Lag & Latensi Dalam Game Online

Solusi Atasi PC Bluescreen Dimana AsIO.sys Jadi Penyebabnya

Biasanya, masalah PC Bluescreen dengan kode AsIO.sys terjadi pada software bawaan ASUS. Hal yang sama juga berlaku bagi kami saat menginstal AI Suite 3. Ketika semua komponen file udah di instal, kemudian sistem meminta untuk restart, masalah bluescreen saat masuk sistem SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION dengan keterangan AsIO.sys muncul.

Beberapa solusi sudah dilakukan, namun hal paling paling efektif adalah menonaktifkan semua services yang bekerja di latar belakang saat Windows start-up. Masalahnya, itu tidak bisa dilakukan karena setiap kali sistem masuk, PC langsung bluescreen.

Nah, cara untuk mengatasinya bisa dilakukan lewat safe mode, yaitu :

Jika sistem tidak mau bekerja secara normal saat pertama kali start-up, tunggu blue screen hingga dua kali. Biasanya akan muncul sistem recovery mode.

  • Setelah itu, klik Troubleshoot > Advanced Options > dan pilih Startup settings lalu restart.

  • Setelah itu, Klik opsi safe mode (lihat keterangannya dilayar)

(Baca lebih lanjut tentang cara masuk safe mode disini)

  • Kemudian sistem akan masuk ke Safe mode dan biasanya semua services yang bekerja di latar belakang tidak akan berjalan.
  • Di bagian ini, pergi ke System Configuration atau cara termudahnya ketik “ms.config” dibagian search bar.

PC Bluescreen Gara-Gara AsIO.sys

  • Setelah masuk ke System configuration, klik bagian service.
  • Centang dulu opsi “Hide all Microsoft service” supaya sistem bisa bekerja dengan normal.

PC Bluescreen Gara-Gara AsIO.sys

  • Kemudian klik opsi “disable All” services dan Apply. Kalian bisa mengaktifkannya lagi ketika sudah menghapus AI Suite 3.
  • Setelah itu, restart PC.

Nah, biasanya PC akan bekerja normal kembali. Tapi bukan berarti masalahnya sudah hilang, karena itu akan terjadi lagi ketika AI Suite 3 (dalam kasus kami) terbuka. Jadi, hal yang perlu dilakukan sebelum mengaktifkan lagi service adalah menguninstal atau menghapus aplikasi ini.

PC Bluescreen Gara-Gara AsIO.sys

Biasanya, itu agak susah pake tools add & remove bawaan Windows. Jadi, kalian perlu pake software ketiga seperti CC Cleaner free yang kami pake.

Jika sudah, kalian bisa mengaktifkan kembali service di system configuration supaya aplikasi bisa kembali berjalan dengan normal saat start-up.

Kita harap, masalah pc bluescreen gara-gara AsIO.sys bisa teratasi. Semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts