CORSAIR 5000D AIRFLOW : Estetika Menawan, Pendinginan Terbaik I Casing PC Review

Ketika bicara mengenai casing PC, CORSAIR tentu jadi salah satu merk populer untuk pergi. Tentu saja, karena sangat dikenal dalam kualitas handal yang ditawarin, nilai estetikanya juga berlaku. Nah, salah satu pilihan terbaru yang cukup menjanjikan adalah seri 5000D AIRFLOW. Kerennya kerasa, build quailty yang solid, dan tentu saja kemudahan juga berlaku.

Tapi untuk lebih detailnya, simak review terbaru kami tentang CORSAIR 5000D AIRFLOW dibawah ini.

Baca juga : Thermaltake Tower 100 : Simple & Unik I Mini ITX Case Review

CORSAIR 5000D AIRFLOW : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

CORSAIR 5000D AIRFLOW itu punya makna besar buat totalitas show off komponen PC bagi user, kemudahan managemen kabel, dan tentu saja efektifitas pendinginan yang bisa ditawarkan case itu sendiri jadi beberapa nilai unggulan pastinya.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Meskipun, harga enggak datang dengan murah dimana kalian perlu rogoh kocek cukup dalam, karena CORSAIR 5000D AIRFLOW itu dihargai sekitar 2.2 jutaan, pilihan yang terkadang jauh dari lingkaran budget user. Tapi, apa yang ditawarkan case ini bisa sepadan dengan nilai harga premium yang hadir.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Impresi pertama dari desain itu elegan dan finishing yang bener-bener rapi. Produsen bahkan memperhatikan detail finishing paling kecil tanpa ada cacat sekalipun, entah dari finishing warna maupun build quality yang ditawarkan.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Membawa bentuk Mid-Tower ATX Case, ukuran yang ditawarkan cukup besar dengan panjang dan tinggi sama-sama memiliki ukuran 52 cm, dan ketebalan sekitar 24.5 cm. Ada cukup banyak ruang buat nampung komponen high-end, bahkan dengan ukuran paling panjang sekalipun.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Disisi lain, case ini punya fitur semi modular dimana kalian bisa bongkar hampir keseluruhan part case. Hanya bagian PSU Cover aja yang enggak bisa dibongkar, agak disayangkan sih, namun tetap bisa memberikan ruang yang baik saat akan masang komponen ke casing.

Btw, CORSAIR AIRFLOW itu sendiri punya dua pilihan warna antara putih dan hitam. Jadi, pengguna bisa menyesuaikan selera yang disukai. Kami sendiri memiliki sampel warna putih, warna elegan dengan symbol besar buat clean setup. Minusnya sih kalo case warna putih itu cepet kotor. Disisi lain, untuk nambah estetika, produsen memberikan kaca temper di bagian samping agar show off komponen PC bisa bener-bener kerasa.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Nah, ngebangun PC pake case ini juga bisa cukup mudah, malah kalian bisa atur management kabel tanpa perlu proses yang ribet. Pertama case ini mudah buat dibongkar. Lalu, ada jalur management kabel khusus buat ngatur kabel-kabel dengan teknologi dimana CORSAIR menyebutnya sebagai Rapidroute management cable, termasuk ruang extra yang besar hingga 25mm dan penutup extra. Bahkan Case ini punya banyak bonus Velcro buat mengikat kabel-kabel.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Spesifikasi CORSAIR 5000D AIRFLOW

  • Form Factor : Mid-Tower
  • Case Dimensions : 520mm x 245mm x 520mm
  • Maximum GPU Length : 420mm
  • Maximum PSU Length : 225mm
  • Maximum CPU Cooler Height : 170mm
  • Expansion Slots : 7+2 vertical
  • Case Drive Bays : 3.5” x2, 2.5” x4
  • Case Warranty : Two years
  • Color : White
  • Case Material : Steel, Tempered Glass, Plastic
  • Radiator Compatibility : 120mm, 140mm, 240mm, 280mm, 360mm
  • Weight : 13.84kg / 30.51lbs
  • Harga : Rp 2.250.000 (Cek harga terbaru disini)

Dukungan Pendinginan

Hal terbaik dari CORSAIR 5000D AIRFLOW itu adalah dukungan pendinginan yang lengkap, termasuk tema utama dari case itu sendiri, tentu saja Airflow alias sirkulasi udara yang bisa efektif banget. Mengapa begitu? Total cooling fan yang bisa dipasang sangat banyak, 3 dibagian depan degan ukuran maks nyampe 14cm, 3 dibagian atas dengan ukuran max 14cm, satu dibagian belakang dan 3 dibagian samping dengan ukuran max 14cm. Btw, Corsair sendiri menawarkan dua bonus fan non RGB.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Disisi lain, bagian front panel terdiri dari mesh dan dust filter, jadi udara masuk yang disedot fan bagian depan bisa maksimum. Mesh yang hadir juga enggak Cuma dibagian depan aja, namun dibagian atas dan belakang juga tersedia, termasuk dust filter.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Dukungan buat AIO liquid cooler juga lengkap, bahkan kalian bisa masang radiator nyampe 360mm dibagian depan maupun belakang. Kalo dibagian belakang sih nyampe 120 mm, sedangkan dibagian samping juga bisa memungkinkan hingga 360 mm, meskipun pengguna perlu mengorbankan tempat storage.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Fan controller juga tersedia yang bisa menampung hingga 6 fan sehingga memudahkan proses pengkabelan tanpa perlu banyak hal ribet saat menyambungnya ke motherboard atau PSU.

Dukungan Storage

Bicara mengenai storage alias penyimpanan, CORSAIR 5000D AIRFLOW menawarkan dukungan yang cukup lengkap. Kalian bisa memasang storage dengan ukuran 2.5” hingga 4 opsi lewat bracket khusus dibagian samping kanan case, dan dua tempat storage ukuran 3.5” lewat drive bay dibagian bawah yang juga bisa dilepas.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Port I/O

Bicara tentang konektivitas, case ini juga nawarin pilihan lengkap mulai dari 2 port USB 3.0, sebuah port USB Type C 3.1 dan jack audio combo. Kehadiran port USB Type tentu bisa jadi sesuatu yang istimewa dan benar-benar dibutuhkan bagi pengguna modern dengan kinerja yang cepat.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Kompabilitas

Sejauh ini tentu cukup menyenangkan, tapi perlu dicatat nih kalo case ini juga punya kompabilitas yang perlu diperhatikan user saat akan membelinya. Pertama, case ini sebenernya masih bisa menampung motherboard hingga ukuran e-ATX dengan lebar jauh lebih luas.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Panjang kartu grafis maksimum yang bisa dipasang pada case ini mencapai 42cm dengan slot expansi yang banyak hingga 7 slot. Kalian bahkan bisa memasang posisi VGA secara vertical, meskipun bracket enggak termasuk, maupun kabel riser itu sendiri. Panjang PSU max nyampe 22cm dan ketinggian CPU yang bisa dicapai maks hingga 17cm.

Kesimpulan

Bagaimana menurut kalian sejauh ini? tentunya CORSAIR 5000D AIRFLOW bisa banget buat dipertimbangkan sebagai salah satu casing PC handal plus pesona yang positif. Wibawa besar Corsair yang berkelas itu sendiri sudah terasa pada case ini, mulai dari desain yang clean, elegan, maupun build quality yang solid.

Disisi lain, case ini juga menawarkan efektifitas pendinginan yang sangat baik, mulai dari dukungan fan yang melimpah, atau bahkan sirkulasi udara yang maksimum. Intake lewat panel Mesh bisa mendinginkan komponen jauh lebih baik dibanding case dengan panel depan yang tertutup.

CORSAIR 5000D AIRFLOW

Kemudahan pun berlaku, seperti kalian bisa membongkar hampir setiap part dari casing, termasuk managemen kabel dengan hadirnya jalur khusus untuk mengikat kabel ataupun ruang yang luas dibagian samping kanan case. Bahkan bisa tertutup juga dengan tambahan penutup extra. Jadi, hasil pc build benar-benar clean.

Minus yang paling signifikan sih dari sisi fan yang agak berisik, meskipun enggak terlalu signifikan dan masih nyaman kok. Kalo urusan seleran warna sih bisa beda-beda, Cuma perlu dicatet aja kalo kalian memilih warna putih, terkadang suka cepet kotor. Jadi, kalian perlu teratur membersihkan case ini.

Hingga pada akhirnya, CORSAIR 5000D AIRFLOW sangat layak kok untuk dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan casing PC yang berharga buat menampung banyak komponen high-end tanpa perlu khawatir tentang sisi kompabilitas yang terbatas. Ruang yang luas, estetika yang positif banget, kemudahan management kabel dan tentu saja airflow yang sangat efektif. Kalo urusan harga sih memang terhitung mahal, namun beberapa fitur unggulan tersebut sepadan dengan nilai harga, atau bahkan bisa menghemat banyak hal sekaligus.

Nah, itu dia ulasan singkat kita tentang casing pc terbaru CORSAIR 5000D AIRFLOW. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts