Nvidia Resmi Dukung Teknologi Resizable BAR, Dimulai Dengan RTX 3060

Nvidia akhirnya resmi mendukung Resizable BAR, dengan pilihan GPU pertama yang mendukung adalah RTX 3060 dan beberapa laptop tertentu yang dilengkapi seri RTX 3000. Kehadiran fitur ini tentu saja akan memberikan performa jauh lebih baik, meskipun hanya pada beberapa game tertentu.

Baca juga : CORSAIR 5000D AIRFLOW : Estetika Menawan, Pendinginan Terbaik I Casing PC Review

Nvidia Resizable BAR : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Nvidia sendiri mengatakan bahwa kehadiran Resizable BAR dapat meningkatkan kinerja “dari beberapa persen, hingga 10%”. Pada akhir Maret, seri RTX 3000 lain akan menerima dukungan untuk Resizable BAR, dengan lebih banyak game yang akan ditambahkan ke daftar.

Saat tulisan ini dibuat, ada delapan judul yang siap mendukung fitur ini, diantaranya adalah :

  • Battlefield V
  • Borderlands 3
  • Forza Horizon 4
  • Gears 5
  • Metro Exodus
  • Red Dead Redemption 2
  • Watch Dogs: Legion

Secara utuh, Resizable BAR awalnya di implementasikan oleh AMD dimana produsen menyebutnya sebagai SAM (Smart Access Memory). Fitur ini merupakan standar PCIe yang memungkinkan CPU sistem bisa melihat keseluruhan subsistem memori GPU, bukan hanya sebagian kecil dari 256 MB.

Nvidia Resizable BAR

Tapi, perlu dicatat bahwa kompabilitas agak terbatas. Seperti dukungan motherboard hanya berlaku untuk AMD dengan chipset seri 500 maupun seri 400 dan itu juga berlaku untuk seri Intel seri 500 seperti motherboard Z590 dan seri 400 lama seperti Z490. 

Nvidia Resizable BAR

Prosesor juga sama, dimana menurut Techspot itu hanya bisa dilakukan dengan prosesor Ryzen 5000 series atau Intel generasi ke-11, khususnya untuk core i5, i7 ataupun core i9. Prosesor Ryzen 3000 tampaknya bisa berlaku, bahkan Nvidia sendiri mengungkap secara resmi hal tersebut. Prosesor lama Intel generasi ke-10 juga berlaku, bahkan untuk seri terendah mulai dari Core i3.

Update bios terbaru motherboard juga jadi syarat utama agar bisa mengaktifkan fitur ini. Beberapa produsen bahkan sudah memberikan bios terbaru, seperti Asus, Gigabyte dan MSI. Dan terakhir pengguna perlu mengupdate VBIOS GPU selain seri RTX 3060 yang sudah sepenuhnya bisa aktif. Biasanya produsen sudah memberikan (atau akan) update tersebut pada bagian support dari GPU yang dipakai pengguna.  

Pertanyaannya, apakah hanya seri RTX baru saja yang mendukung fitur Resizable BAR? Nvidia belum mengungkap secara pasti, namun kemungkinan bisa benar adanya. Meskipun, kita tunggu update terbaru dari semua hal tersebut.

Comments

Related Posts