Nvidia GeForce RTX 3060 Resmi Dirilis : Detail Spesifikasi, Harga & Fitur Baru

Nvidia GeForce RTX 3060 resmi dirilis, dan pilihan GPU terbaru tim hijau ini tampaknya memiliki sesuatu yang menjanjikan buat gamer, khususnya untuk gaming 1080p rata kanan atau bahkan untuk 1440p, meskipun enggak maksimum sih. Hanya saja, produsen tidak memberikan pilihan edisi founder, jadi pilihan yang ada hanya untuk seri AIB.

Baca juga : ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING : Positif & Minusnya I Motherboard Review

Nvidia GeForce RTX 3060 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

SPESIFIKASI INTI NVIDIA GEFORCE RTX 3060
NVIDIA CUDA® Cores 3584
Boost Clock (GHz) 1.67
Base Clock (GHz) 1.41
Standard Memory Config 12 GB GDDR6
Memory Interface Width 256-bit
Ray Tracing Cores 2nd Generation
Tensor Cores 3rd Generation
NVIDIA Architecture Ampere
Resizable BAR Coming Soon
HDMI 2.1 Yes
DisplayPort 1.4a Yes
NVIDIA Encoder 7th Generation
NVIDIA Decoder 5th Generation
VR Ready Yes
Standard Display Connectors HDMI 2.1, 3x DisplayPort 1.4a
Multi Monitor 4
HDCP 2.3
Graphics Card Power (W) 200
Required System Power (W) (2) 600
Supplementary Power Connectors 1x PCIe 8-pin

Dengan bandrol harga sebesar $ 499 atau jika dikonversi kurs rupiah hari ini sekitar 7.1 jutaan, Nvidia GeForce RTX 3060 hadir dengan kekuatan 12GB GDDR6, 3584 CUDA Core, Memory bandwith 192-bit, Clockspeed up to 1777Mhz dan memory Clock up to 15 Gbps tentu bisa jadi sesuatu yang menggiurkan bagi konsumen.

Nvidia GeForce RTX 3060

Harga yang diumumkan bulan januari kemarin tampaknya memiliki kenaikan, dimana pada awalnya diumumkan dengan harga $ 329, dan kini menjadi $ 499. Jadi, kenaikan cukup drastis dan jika sudah tersedia di negara kita, itu bisa mencapai nilai diatas 7 jutaan.

Nvidia GeForce RTX 3060

Nilai TDP berada di level 170W dan Nvidia sendiri mengisyaratkan bahwa syarat PSU minimum untuk kartu grafis terbaru adalah 600W. Meskipun, kayaknya pilihan PSU dengan kapasitas 500W masih aman.

Nvidia GeForce RTX 3060

Untuk performa, beberapa situs reviewer ternama seperti Techpowerup mengungkap bahwa kinerja RTX 3060 sedikit berada di atas RTX 2070 atau bisa seimbang dengan Radeon RX 5700 XT. Harapan gamer bisa terpenuhi, meskipun peningkatan harga tampaknya cukup menyesakan. Padahal sebelumnya, RTX 3060 bisa jadi kandidat sempurna untuk sebuah GPU hebat pada harga yang pantas, khususnya jika nilai berada di bawah 7 jutaan.

Fitur Baru Resize Bar

Nah, apa yang menarik lainnya, produsen membawa fitur baru yang bisa memberikan kinerja jauh lebih tinggi. Salah satunya adalah fitur Resize Bar, dimana teknologi ini memungkinkan CPU bisa mengakses VRAM secara penuh.

AMD telah memperkenalkan teknologi ini dengan istilah Smart Access Memory. NVIDIA awalnya dikomunikasikan ke AIB bahwa ia akan mencoba mengimplementasikan fitur ini dengan driver, tetapi akhirnya mengumumkan bahwa model RTX 30 lainnya akan memerlukan update BIOS. Firmware baru sekarang diharapkan tersedia bulan depan. Untuk saat ini, RTX 3060 saat ini merupakan satu-satunya kartu grafis NVIDIA yang mendukungnya.

Pembatasan Kinerja Untuk Mining

Nah, Nvidia juga menambahkan fitur baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Fitur tersebut adalah pembatasan kinerja untuk mining cryptocurrency. Jadi, driver untuk VGA terbaru ini akan mendeteksi jika kartu grafis digunakan untuk penambangan cryptocurrency, yang kemudian kinerja akan diturunkan setengah dari tingkat hash. Ini secara teknis membuat kartu grafis kurang menarik bagi mining.

RTX 3060 itu sendiri merupakan model pertama yang menampilkan algoritme anti-crypto, yang disertakan dalam firmware dan software. NVIDIA mengatakan bahwa ini tidak akan memengaruhi beban kerja lain, seperti game atau rendering, dan itu tidak mungkin untuk diretas.

Kesimpulan Awal

Hingga pada akhirnya, review sudah mengudara dengan janji kinerja yang sepadan, meskipun GPU lama dari Nvidia sendiri pada harga yang hampir sama masih bisa bersaing. Kita tunggu saja bagaimana semua kepastian tersebut ketika sudah benar-benar tiba di negara kita, khususnya jika melihat dari sisi harga.

Comments

Related Posts