Gigabyte RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G Review : Performa Menjanjikan, Desain Lebih Positif

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G bisa mewakili pilihan hebat untuk sebuah VGA desktop dengan performa tinggi, estetika masih menawan, dan harga kita rasa masih dalam hitungan masuk akal.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan VGA terbaru dari Gigabyte tersebut? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : GIGABYTE Umumkan AORUS Gen4 7000s SSD, Kinerja Superior – Read Speed Up to 7Gb/s

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Kesan pertama saat melihat RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G dari Gigabyte ini adalah sederhana, clean, desain yang kompak namun nilai estetikanya masih kena dengan kesan elegan yang kerasa banget. Dan kita rasa seri Gaming OC terbaru pada RTX 30 punya sesuatu yang istimewa, meskipun perubahan desain enggak terlalu signifikan dibanding RTX 2060 SUPER yang dulu sempat kita coba.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Overall, RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G punya bobot yang cukup ringan namun masih memiliki materi yang kokoh dan kualitas solid. Disisi lain, VGA ini juga enggak akan memakan ruang extra pada case, karena ukuran panjang yang ditawarkan hanya sekitar 28cm dan ruang hingga 2 slot lebih. Meskipun, kalian perlu melihat kompabilitas case sebelum membelinya, dimana pilihan casing mid tower bisa jadi solusi terbaiknya, meskipun micro juga masih bisa mencukupi.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Pendinginan yang ditawarkan juga masih tetep jadi salah satu yang terbaik, dimana kehadiran triple fan Windforce cooling sistem jadi solusi andalan Gigabyte untuk memberikan kinerja terbaik buat ngejaga suhu tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Inilah mengapa, kami selalu suka dengan performa pendinginan yang ditawarkan kartu grafis dari Gigabyte, termasuk materi heatsink yang superior maupun fan yang enggak berisik.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Dukungan software RGB juga berlaku melalui RGB Fusion, meskipun kita rasa VGA ini enggak terlalu heboh dalam urusan RGB dimana itu hanya ditunjukan pada logo saja. RGB bisa dibilang hanya sebagai bonus extra untuk melengkapi nilai estetika bagi user, yang terkadang bisa jadi solusi ideal kalian yang enggak terlalu butuh blink-blink pada VGA.

Sedangkan untuk harga, RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G ini memiliki harga sekitar 9 jutaan. Nilai tersebut lebih masuk akal ketika melihat potensi kinerja maupun desain yang ditawarkan. Itu juga termasuk potensi cooling, yang bahkan belum bisa ditawarkan merk lain sebagai paket lengkap bagi enthusiast. Cuman, ketersediaan stok mungkin masih agak ghoib, jikapun ada kalian akan melihat peningkatan harga yang cukup signifikan.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi inti Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G
Graphic Engine NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 TI
Bus Standard PCI Express 4.0
Video Memory 8GB GDDR6
Core Clock 1770 Mhz
CUDA Core 4864
Memory Speed 14 Gbps
Memory Interface 256-bit
Interface Yes x 2 (Native HDMI 2.1)
Yes x 2 (Native DisplayPort 1.4a)
Dimensions 31.85  x 14.01  x 5.78  Centimeter
Recommended PSU 650W
Power Connectors 8‎ pin*1 + 6 pin*1
Slot 2 Slot
Harga Rp9.525.000

Bagaimana dengan spesifikasi? Secara utuh, RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G hadir dengan kekuatan 8GB GDDR6 256 bit, clockspeed up to 1770 Mhz yang sedikit lebih tinggi dibanding edisi reference, CUDA Cores 4864, Memory Clock up to 14000 Mhz dan memori Bandwith hingga 448 GB/s.

Dukungan PCIe 4.0 juga berlaku, dan nyatanya kalian enggak butuh power supply extra besar untuk pergi. Karena PSU 550W juga bisa mencukupi melalui 8 pin+ 6 pin yang tersedia pada perangkat tersebut.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Dukungan Ray Tracing dan teknologi istimewa lainnya berlaku, termasuk DLSS dengan sejumlah peningkatan berarti dalam upaya untuk memboosting framerate jauh lebih tinggi pada game yang mendukungnya.

Kinerja

Untuk performa, kali ini kami akan sajikan kinerja yang ditawarkan RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G pada beberapa game terbaru yang cukup menuntut di resolusi tinggi.

Cyberpunk 2077

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Pertama ada game terbaru yang sangat demanding banget, Cyberpunk 2077. RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G dari Gigabyte nyatanya hanya mampu memberikan framerate di resolusi 4k rata-rata hanya sampai 25 saja. Kita rasa, best scenario berada di opsi 1440p dengan fps bisa mencapai 52.

Shadow Of The Tomb Raider

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Sedangkan untuk game lama namun masih butuh grafis extra seperti Shadow Of The Tomb Raider, fps rata-rata jauh lebih tinggi hingga 51 dan punya selisih sekitar 27% dibanding RTX 2060 SUPER. Itu tentu sesuatu yang sangat menjanjikan sebagai opsi upgrade, apalagi jika kalian punya VGA lama.

Red Dead Redemption 2

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Game lainnya yang butuh grafis extra adalah Red Dead Redemption 2 aliasn RDR2. Resolusi 4k rata kanan masih bisa dicapai dengan fps rata-rata hingga 43 dan di resolusi 1440p bahkan jauh lebih nyaman hingga 64.

Gears 5

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Game FPS seperti Gears 5 juga bisa jadi patokan perbedaan performa yang menjanjikan pada VGA ini dengan skor tinggi dibanding RTX 2060 SUPER, atau bahkan 2080 SUPER. Framerate bisa mencapai 115 di resolusi 1440p dengan selisih sekitar 13% jauh lebih baik dibanding RTX 2080 SUPER. Padahal, kalau melihat harga, VGA ini jauh lebih murah loh.

Battlefield V

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Dan terakhir adalah Battlefield V, dimana VGA ini mampu memberikan skor tinggi dengan fps bisa mencapain 105 di resolusi 1440p, dan hingga 64 untuk 4k.

DLSS & Ray Tracing Performance

Gimana dengan teknologi istimewa Ray Tracing, apakah ketika fitur ini diaktifkan fps drop signifikan. Jawabannya iya, bahkan drop bisa mencapai 50% tanpa ray trace aktif. Untungnya, kehadiran DLSS jadi solusi pasti untuk menjaga fps tetap tinggi, walaupun kualitas in game agak sedikit berkurang. Simak perbedaannya dibawah ini.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu yang ditawarkan RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G masih tetap solid dengan suhu rata-rata mencapai 69° celcius. Meskipun bukanlah yang terbaik, namun kondisi suhu saat sedang bekerja tinggi sangat aman, dan hal terbaiknya fan enggak berisik. Jadi nyaman deh kalo udah punya VGA ini.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Hal positif lainnya juga berlaku untuk urusan konsumsi daya dengan rata-rata mencapai 155W saat kami coba melalui AIDA64 GPU Sistem Stability test. Proses manufaktur 8nm dengan kualitas komponen solid tentu jadi salah satu alasan utamanya, meskipun sekali lagi suka ada perbedaan dalam kinerja nyata sesungguhnya.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Kesimpulan

Gimana sejauh ini menurut kalian? Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G bisa jadi solusi pasti VGA hebat tahun ini dan layak banget untuk dipertimbangkan. Performa gaming yang superior, bahkan masih solid di resolusi tinggi jadi salah satu alasannya. Disisi lain, desain terasa lebih istimewa dengan estetika yang clean dan menawan. Walaupun RGB sih enggak terlalu heboh. Dukungan cooling juga masih solid dan bisa banget buat dipake berlama-lama tanpa harus khawatir dengan suhu tinggi.

Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G

Harga SRP sebesar 9 jutaan mungkin keitung mahal buat budget user, tapi jika melihat potensi kinerja, kualitas maupun desain, kami rasa bisa sepadan dengan hal tersebut, atau bahkan lebih positif. Sayangnya, stok mungkin masih ghoib, ataupun kalau ada harga bisa mencapai nilai yang lebih mahal.

Disisi lain, Gigabyte enggak memberikan dukungan software extra, meskipun pilihan simpel jauh lebih efektif buat pengguna. Minus yang signifikan belum kita temukan sejauh ini, dan kami rasa VGA ini layak mendapatkan salah satu award istimewa sebagai opsi menarik untuk direkomendasikan buat kalian.

Jadi, itu dia ulasan singkat mengenai Gigabyte GeForce RTX 3060 Ti Gaming OC Pro 8G. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts