T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz Review : Powerful & Kompabilitas Yang Baik

Upgrade memori pada laptop gaming tentu akan memberikan kepastian untuk kinerja yang lebih baik, maupun kapasitas yang jauh lebih mencukupi. Dan ketika kalian butuh opsi RAM SO-DIMM ideal untuk pergi, maka T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz dari TEAMGROUP bisa layak untuk dipertimbangkan.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : TEAMGROUP C201 USB3.2 FLASH DRIVE Review : Lebih Dari Sekedar Kasual Flash Disk

T-Force Vulcan SO-DIMM Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Desain secara utuh cukup bergaya dengan heat spreader warna hitam yang mencolok dan sedikit balutan warna merah di sekitarnya yang membawa logo kebanggan merk T-FORCE gaming dari TEAMGROUP. Terkadang, estetika bisa memberikan magnet tersendiri sebagai salah satu poin bonus yang setidaknya menunjukan kesan awal yang positif.

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Produsen sendiri mengatakan bahwa heat spreader super slim ini merupakan kombinasi dari graphene dan tembaga foil yang diklaim bisa memberikan efek pendinginan 6%. Hasilnya, VULCAN dapat menjaga stabilitas pada suhu rendah dan tetap menawarkan kinerja tinggi pada saat yang bersamaan.

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Bagaimana dengan harga? T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz single channel ini memilii harga di kisaran 1 jutaan, meskipun harga bisa sedikit berbeda di marketplace baik secara online maupun online. Perlu dicatat juga bahwa TEAMGROUP menawarkan beberapa pilihan konfigurasi dalam hal kecepatan, mulai dari speed 2400Mhz, 2666Mhz dan hingga 3200Mhz.

Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun dukungan spesifikasi default laptop konsumen. Dan pilihan tertinggi kami rasa ideal untuk laptop terbaru yang mendukung pada kecepatan tersebut. Jadi, sebelum membeli memori gaming ini, sebaiknya cek dukungan kompabilitas memori, khususnya mengenai frekuensi yang didukung.

Spesifikasi Internal T-Force Vulcan SO-DIMM

  • Module Type : DDR4 260 PIN SO-DIMM
  • Capacity : 16GB
  • Frequency : 3200 Mhz
  • Data Transfer Bandwidth : 25,600 MB/s (PC4 25600)
  • Latency : CL22-22-22-52
  • Voltage : 1.2V
  • Dimensions : 30(H) x 70(L)mm
  • Heat Spreader : Graphene copper-foil
  • Warranty : Lifetime warranty

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Untuk urusan spesifikasi, T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz memiliki latency yang cukup tinggi di CL22-22-22-52. Meskipun, dukungan default voltase rendah di 1.2V dan memiliki chipset Hynix sebagai pilihan utamanya.

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Dukungan XMP 2.0 berlaku, dan kami rasa memori ini bisa jadi pelengkap untuk kebutuhan kapasitas RAM yang besar, atau modal yang baik ketika kalian berencana akan membutuhkan pilihan yang jauh lebih besar di masa depan. Single channel 16GB tentu bakal memberikan kepastian dalam hal kapasitas, terlebih lagi antara desain yang istimewa maupun konsumsi daya yang hemat.

Kinerja

Bagaimana dengan kinerja? Bisa cukup positif, terlebih lagi kami mencobanya pada laptop gaming terbaru Lenovo legion 5 dengan kekuatan prosesor AMD Ryzen 5 4600H. Laptop ini mendukung memori pada speed tinggi 3200Mhz.

Untuk itulah, kami membandingkannya dengan memori default bawaan laptop gaming tersebut dan hasilnya tentu sangat menarik untuk diungkap.

SiSoftware Sandra Memory Bandwidth

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Pada tes SiSoftware Sandra Memory Bandwidth, T-Force Vulcan SO-DIMM punya kepastian keunggulan performa lebih baik dibanding pilihan default memori bawaan laptop dengan perbedaan tipis sekitar 4.8%, khususnya dalam tes Float Memory Bandwith. Tapi aplikasi yang butuh memori tinggi tentu akan cukup berpengaruh.

7-Zip File Manager

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Sedangkan pada 7-Zip File manager, performa bisa jauh lebih menarik untuk diungkap, baik kompresi data maupun dekompresi dengan skor yang baik, meskipun enggak terlalu signifikan sih.

AIDA Cache & Memory Benchmark

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Dan terakhir adalah AIDA Cache & Memory Benchmark yang setidaknya bisa menunjukan efektivitas kecepatan memori, entah itu read speed, write atau bahkan copy. Dan secara utuh, memori ini menghasilkan skor cukup baik dengan perbedaan sekitar 2.9% dibanding pilihan default bawaan laptop.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini? mungkin kami enggak memberikan nilai lebih pada performa gaming, terlebih lagi terkadang perbedaan enggak terlalu signifikan ketika kalian punya GPU dedicated pada laptop. Dan secara utuh, T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz bisa jadi pilihan utama kalian ketika sedang mencari memori yang handal untuk laptop atau bahkan notebook yang mendukung speed tinggi.

T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz

Stabilitas maupun kompabilitas yang baik, khususnya untuk generasi perangkat terbaru bisa jadi nilai unggulan pasti perangkat ini. Estetika juga bisa sangat berarti dengan heat spreader yang bergaya, plus punya manfaat extra untuk menjaga suhu memori bisa terjaga dengan baik. Meskipun, itu dipengaruhi pada kualitas pendinginan laptop sih.

Sedangkan harga relatif, murah enggak, mahal pun enggak terlalu. Dan latency cukup tinggi pada CL12, sehingga performa maupun konsumsi daya enggak terlalu efektif secara utuh, namun masih baik secara keseluruhan.

Hingga pada akhirnya, T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz tentu bisa banget untuk kebutuhan memori maupun kapasitas tinggi buat pengguna pada laptop gaming, entah itu sebagai pelengkap tambahan atau modal utama untuk pergi. Tapi, perlu dicatat bahwa ketika kalian tertarik dan ingin membeli memori ini, pastikan laptop mendukung frekuensi 3200Mhz.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami mengenai T-Force Vulcan SO-DIMM 16GB DDR4 3200Mhz. Meskipun enggak kami ungkap semua, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts