ASUS ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti Review : Kinerja Superior, Desain Lebih Istimewa

Ketika kalian masih bingung mencari pilihan terbaik untuk VGA terbaru Nvidia GeForce RTX 3060 ti, maka kehadiran ASUS ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti bisa jadi kandidat sempurnanya. Mengapa begitu? Estetika, kinerja dan kemampuan pendinginan yang superior tentu bisa jadi jawaban pastinya, meskipun harga tentu enggak datang dengan murah.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming Radeon RX 6800 Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

ASUS ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti : Apa Yang kami Tahu Sejauh ini

Barisan produk Republic of gamer itu kita rasa jadi opsi premium buat user yang pengen tenaga besar, kualitas terbaik dan estetika yang jauh lebih heboh. Tapi, harga tentu enggak datang dengan murah, malah enggak ada opsi budget buat seri ini.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Nah, itu berlaku buat ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti yang kini hadir dengan desain yang lebih mewah dan bener-bener solid ketika bicara kualitas materi maupun cooling. Bahkan, RGB lighting makin blink-blink yang terlihat jelas dibagian samping dengan cahaya yang cukup terang. PC Rig bakal makin sempurna, apalagi jika kalian suka dengan RGB buat nyempurnain estetika.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Backplate juga makin menawan, dan kualitas premiumnya kerasa banget. Kita rasa, desain terbaru ini punya opsi paling sempurna sebagai pilihan komponen sultan yang berkualitas tinggi.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Ukurannya besar dengan panjang hingga 31cm dan butuh ruang expansi hampir 3 slot pada case. Jadi, sebelum beli VGA ini, pastiin case bisa ngedukungnya. Disisi lain, kalian butuh rekomendasi PSU 750W lewat dua pin power x 8, meskipun kita rasa PSU 650W bisa mencukupi sih.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Cooling pada VGA ini juga makin ditingkatkan dengan heatsink yang super tebel, dan 3 fan yang ngedukung teknologi aksial, dimana bagian tengah berputar terbalik buat ngurangi turbulensi dan diklaim bisa efektif ngebuang panas yang dihasilin perangkat.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Gimana dengan harga? Jangan harep dapet opsi murah deh buat ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti, karena VGA ini jadi salah satu pilihan termahal diantara RTX 3060 Ti dengan harga SRP sebesar 9.2 jutaan. Tapi, kalo ngeliat overall performance, kualitas, pendinginan maupun estetika, kayaknya worth sih, itu pun kalo stok banyak.

Spesifikasi

Spesifikasi inti  ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti
Graphic Engine NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 TI
Bus Standard PCI Express 4.0
Video Memory 8GB GDDR6
Engine Clock OC Mode – 1890  MHz (Boost Clock)
Gaming Mode – 1860  MHz (Boost Clock)
CUDA Core
Memory Speed 14 Gbps
Memory Interface 256-bit
Interface Yes x 2 (Native HDMI 2.1)
Yes x 3 (Native DisplayPort 1.4a)
HDCP Support Yes (2.3)
Dimensions 31.85  x 14.01  x 5.78  Centimeter
Recommended PSU 750W
Power Connectors 2 x 8-pin
Slot 2.9 Slot
Harga SRP Rp9.299.000

Sedangkan buat urusan spek, VGA ini hadir dengan kekuatan 8GB GDDR6 256-Bit, 4864 CUDA Cores, Clockspeed up to 1860 Mhz, dan bandwith memori up to 448 GB per detik. Kalian bisa harepin banyak peningkatan performa yang baik dibanding generasi sebelumnya, termasuk kebutuhan yang jauh lebih mencukupi buat game modern pada resolusi tinggi.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Dibangun berdasarkan proses manufaktur 8nm, ada isyarat juga bahwa konsumsi daya bisa berlaku positif. Meskipun, real performance bisa ngasi tau kepastiannya.

Performa

Jadi, kita bakal nunjukin performa ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti ini pada beberapa game terbaru yang demanding banget, khususnya di resolusi 4K maupun 1440p. Bisa libas enggak sih dengan nilai fps yang cukup? Overall bisa, meskipun enggak semua sih.

Cyberpunk 2077

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Contoh, pada game terbaru seperti Cyberpunk 2077 dengan resolusi 4k Ultra setting, fps rata-rata cuman nyampe 26 aja dan itu pastinya enggak nyaman. Jadi, best scenario pada game ini buat RTX 3060 Ti berada di resolusi 1440p, dimana VGA ini bisa ngasih fps rata-rata nyampe 49 sebelum Ray tracing aktif dan DLSS OFF. Kalo pengen opsi lebih baik, preset mungkin perlu dikurangi lagi hingga High atau medium, khususnya kalo kalian pengen dapetin framerate yang lebih tinggi.

Shadow Of The Tomb Raider

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Beda halnya saat nyoba game lama yang masih menuntut lainnya seperti Shadow Of The Tomb raider. Fps rata-rata di resolusi 4k highest setting bisa nyampe 51. Itu tentu nyaman banget tanpa banyak kendala.

Red Dead Redemption 2

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Sedangkan buat game RDR2, 4k ultra setting masih bisa dilibas, meskipun framerate rata-rata Cuma nyampe 41. Tapi masih nyaman dan aman. Kalian bisa ngurangi kualitas preset jika pengen framerate yang lebih baik.

Battlefield V

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Sisa game lainnya yang kami coba juga aman di resolusi 4k dengan fps yang sangat baik, seperti Battlefield V dengan fps rata-rata hingga 62

Gears 5

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

dan Gears 5 Ultra setting dengan fps rata-rata hingga 64.

DLSS & Ray Tracing Performance

Gimana dengan performa saat Ray tracing dan DLSS aktif? Kita coba pada Cyberpunk 2077, dimana game ini nawarin beberapa pengaturan yang lengkap, entah itu opsi Ray tracing medium atau ultra, termasuk juga opsi DLSS mulai dari auto, balanced dan performance. Semua opsi ini bakal ngasi kualitas berbeda, termasuk pengalaman saat bermain.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Saat ray tracing medium aktif dengan DLSS off, fps drop signifikan dengan fps rata-rata bisa nyampe dibawah 25, padahal resolusi berada di 1440p. Kehadiran DLSS bakal ngeboosting framerate jauh lebih baik, meskipun resikonya kualitas rendering in game berkurang.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Terkadang, nilai visual juga jadi ngaruh. Kita rasa, game ini masih ok kok tanpa ray tracing aktif atau DLSS OFF, meskipun kalo kalian pengen ngaktifin ray tracing, best scenario buat VGA ini berada di resolusi 1440p, setting Ray Trace medium, dan DLSS di opsi Balanced. Fps tinggi, dan kualitas visual In game tetep nyaman.

Suhu & Konsumsi Daya

Gimana dengan suhu? VGA ini punya cooling yang bener-bener handal, bahkan jadi salah satu pilihan terbaik yang bisa ngejaga suhu tetep aman bahkan buat pemakaian lama sekalipun. Betapa tidak, suhu saat main game bahkan enggak nyampe suhu diatas 70° celcius dengan rata-rata Cuma nyampe 64 ° celcius.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Fan pun enggak berisik. Jadi, makin sempurna deh kalo udah punya RTX 3060 ala ROG ini.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Konsumsi daya juga jadi salah satu yang terbaik dengan apa yang bisa kami sebut sebagai VGA yang punya performa hebat, tapi irit daya.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Kesimpulan

Harga mungkin jadi kendala terbesar yang hadir pada VGA ini, termasuk ukuran yang besar dan perlu PSU dengan kapasitas watt yang tinggi. Tapi kalo bicara performa, kualitas materi, cooling dan estetika, ASUS bener-bener mampu ngasi opsi terbaik untuk seri RTX 3060 Ti pada ROG Strix terbaru ini.

ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti

Performa sangat meyakinkan yang bahkan masih bisa libas game menuntut di resolusi 4k rata kanan, meskipun kalo Cyberpunk 2077 sih best scenarionya berada di resolusi 1440p. Pendinginan juga sama positifnya, dimana suhu bisa terjaga dengan baik, dan fan enggak berisik. Kualitas materi yang ditawarin VGA ini juga enggak bisa dilewatkan dengan mudah, termasuk estetika yang makin menawan.

Intinya, kalo udah punya ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti, PC bakal makin sempurna, entah itu show off, atau kinerja maupun cooling yang sangat menjanjikan. Jadi, enggak salah deh kalo kami bisa bilang VGA ini bisa raih skor tinggi dan layak banget dapet award Editor’s choice kami.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang ROG Strix GeForce RTX 3060 Ti. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts