- Gaming Gear, Hardware, Keyboard

ASUS ROG Strix Scope RX Review : Keyboard Gaming Yang Penuh Estetika Positif

ASUS ROG Strix Scope RX bisa jadi kandidat solid untuk sebuah keyboard gaming handal. Karena selain nilai estetika yang jauh lebih positif, kehadiran ROG RX Red Switch punya makna besar yang bisa membawa kegiatan apapun yang kalian lemparkan pada perangkat tersebut semakin nyaman untuk dilalui.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan ROG Strix Scope RX? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS ROG Strix Go 2.4 Review : Mudah, Enggak Ribet, Kualitas Audio Solid!

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Ketika bicara tentang perangkat ASUS ROG, terkadang apa yang hadir dalam benak kita biasanya estetika, build quality maupun harga yang lebih ke arah Sultan gituh. Performa bisa relatif sih. Nah, kami juga berpikiran sama saat pertama kali ngeliat keyboard terbaru ASUS ini.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Harga pastinya mahal banget. Cuman ketika dikasi tau tentang nilainya, ternyata cukup menggiurkan dengan SRP sebesar Rp 1.699.000. Padahal, awalnya kami pikir kalo Scope RX RGB bakal punya harga diatas 2 jutaan, atau bahkan bisa nyampe 3 jutaan.

Desain

Pertanyaannya, mengapa keyboard gaming ini bisa begitu istimewa, dan kenyataan kalo harga terasa lebih menggoda? Pertama desain yang dibawa pastinya wah banget deh, apalagi jika kalian suka sekali dengan estetika bling-bling yang penuh RGB. Bahkan, setiap tombol punya pilihan RGB LED independent dengan penerangan yang sangat cerah, keliatan banget kelasnya. Produsen bahkan ngasih penerangan dibagian backlit juga, plus efek cahaya bisa disesuain lewat software Armoury crate atau lewat tombol manual dengan kombinasi Fn dan tombol kanan atau kiri.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Build quality yang hadir rapi banget dan keliatan kelasnya. Enggak ada minus atau cacat pada setiap finishing yang disajiin. Hal terbaiknya, keyboard ini punya fitur anti air maupun dust IP56 resistance  dengan klaim kalo keyboard ini punya perlindungan extra dari tumpahan air atau debu. Keyboard ini bisa banget buat aset jangka panjang dengan materi aluminum khususnya dibagian pelat atas yang berharga buat sisi ketahanan.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Secara utuh, ROG Strix Scope RX RGB punya bobot sekitar 1 kg dan panjang sekitar 44cm, lebar 13,7cm dan ketebalan sekitar 3.9cm. Enggak butuh ruang banyak di meja dan cukup ideal buat ditempatin dimana saja.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Sedangkan buat konektivitas, keyboard ini sepenuhnya memakai USB 2.0 dengan pilihan kabel tetap sepanjang 1.8 meter. Sayangnya, perangkat ini butuh dua port USB, dimana pilihan extra yang hadir buat fitur RGB. Setidaknya, ada pengorbanan buat fitur RGB yang bakal memakan daya extra, meskipun worth sih.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Keyboard ini juga bawa port USB tambahan buat kebutuhan extra pengguna untuk memasang perangkat lain, seperti misal USB flashdrive atau charging perangkat smartphone. Sayangnya, pilihan masih terbatas untuk perangkat USB 2.0 saja, meskipun lebih baik ada daripada enggak sama sekali bukan?

Spesifikasi

Spesifikasi Inti ROG Strix Scope RX
Key Switch ROG RX RED Optical Mechanical Switch
Connectivity USB 2.0
Size (Full/TKL) 100%
Lighting Per-Key RGB LEDs
Anti-Ghosting 100% Anti-Ghosting
Macro Keys All Keys Programmable
On-the-Fly Recording Support
USB Report rate 1000 Hz
USB Pass through Yes, full function
Profile Hot Keys Fn + 1 / 2 / 3 / 4 / 5 / 6*
OS Windows® 10
Software Armoury Crate
Dimensions 440x137x39 mm
Weight 1.07kg
Color BLK
Harga Rp1.699.000

ROG Strix Scope RX RGB pada dasarnya punya pilihan penuh buat sebuah keyboard, termasuk pilihan extra numpad maupun beberapa bonus tombol tambahan. Dan inti dari keyboard gaming ini adalah switch yang berbasis ROG RX Red Switch yang diklaim punya penekanan tombol konsisten dan wobble-free dengan respons cuman 1 ms. Masa pakai switch khusus ala ROG ini juga sangat panjang yang diklaim bisa nyampe hingga 100 juta penekanan tombol.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Switch ini benar-benar istimewa dengan feel sangat nyaman untuk kegiatan extra seperti pengetikan, suara khas mekanik masih tetep ada, cuman enggak terlalu keras gitu. Bahkan smooth banget seperti saat nyoba brown switch dengan tingkat aktuasi yang bahkan enggak perlu keras neken tombol. Saking istimewanya, kalian bahkan bakal liat ada logo ROG dibagian switch yang enggak bisa ditawarin merk lain.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Jadi, keyboard ini kayaknya enggak berlaku buat kegiatan gaming semata, bahkan kalian bisa ngelakuin hal lebih seperti kegiatan pengetikan jangka panjang. Fungsi dobel yang ditawarkan bakal jadi magnet seru buat gamer hybrid yang punya banyak kegiatan lewat keyboard.

Setiap tombol yang hadir sebagaimana kita ungkap sebelumnya punya fitur RGB LED dengan central lighting buat penerangan extra, logo ROG backlit, maupun efek cahaya yang dapat disesuain. Disisi lain, kalian bisa ngatur banyak hal pada keyboard shortcut seperti ngatur kecerahan, play stop atau pause atau juga ngatur RGB lighting.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Sayangnya, macro agak terbatas maupun sedikit ribet lewat kombinasi tombol. Produsen enggak ngasih pilihan bonus buat tombol makro penuh, meskipun ada sih buat nyimpen memori onboard. Cuman, nilai gamingnya melekat banget, bahkan tombol Ctrl yang diperpanjang bisa mudahin kegiatan extra pengguna seperti buat crouch saat main game FPS.

ASUS ROG Strix Scope RX RGB Gaming Keyboard

Simpulan

Kita rasa, keyboard gaming terbaru ROG Strix Scope RX RGB ini punya banyak hal menarik buat kalian pertimbangin. Kami belum bisa bongkar semua keseruan saat make keyboard, waktunya agak terbatas sih.

Desain istimewa, fitur RGB penuh yang ideal buat show off, sisi ketahanan dengan fitur dust spill maupun water resistant yang berharga, ROG RX Red Switch yang nyaman dan kualitas juga enggak kalah kerennya dengan pilihan populer, termasuk harga.

Nilai 1.6 jutaan mungkin mahal buat kebanyakan gamer, cuman kalo bicara tentang seri premium AR O Gi, kalian bisa dapetin sesuatu yang jauh lebih seru sebagai aset jangka panjang. Feelnya dapet, estetikanya begitu ngegoda, maupun build quality yang bener-bener solid.

Sayang seribu sayang, beberapa minusnya juga sempet kita alami, seperti pilihan tombol makro yang terbatas, enggak banyak bonus extra yang melekat saat kalian beli keyboard ini, bahkan kita enggak nemuin keycaps puller buat nyabut tombol keyboard. Ini bisa penting banget buat ngebersihin perangkat. Itu aja sih beberapa minusnya.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang keyboard mekanik terbaru ASUS ROG Strix Scope RX RGB yang sebenernya punya hal jauh lebih menarik. Cuman waktu peminjaman sangat terbatas sih, mungkin dilain waktu kita bakal ngungkap lebih dalam, khususnya buat urusan switch mekanik terbaru ROG RX Switch.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat