- Gaming Gear, Hardware, Monitor

ASUS VP249QGR Review : Budget Monitor Gaming Yang Worthed, 144Hz – Harga Masuk Akal

Ketika kalian butuh kualitas dibanding estetika buat urusan monitor gaming, ASUS VP249QGR bisa banget jadi rekomendasi utamanya. Ada banyak alasan berharga mengapa perangkat ini ideal, cuman buat lebih lengkapnya, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : ASUS ZenBook 13 UX325 Review : Nilai Portabilitas Yang Lebih Seru

ASUS VP249QGR Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASUS VP249QGR mungkin enggak bawa nilai estetika lebih, maupun pilihan materi yang enggak terlalu solid. Cuman perangkat ini punya makna besar bagaimana kualitas visual bisa jauh lebih efektif, terlebih lagi nawarin banyak nilai unggulan.

Disisi lain, harga 2.8 jutaan yang ditawarin juga enggak mahal banget, bahkan cukup masuk akal kalo liat detail spek inti yang ditawarin, bahkan terasa cukup mewah, termasuk ukuran display yang ideal.

ASUS VP249QGR

Secara utuh, monitor gaming ini punya bobot sekitar 3.5kg dan bawa ukuran display 23.8” maupun Resolusi Full HD. Warna hitam jadi sajian utama, dengan bezel tipis disekitar layar yang juga bisa bawa makna positif buat bawa nilai visual bisa terasa lebih luas.

ASUS VP249QGR

Finishing yang ditawarin perangkat ini dari desain juga sangat rapi, meskipun dudukan monitor yang sepenuhnya terbuat dari bahan plastik terkesan agak rentan gitu. Tapi overall aman sih, maupun dukungan vesa wall mount meskipun kalian perlu beli perangkat extra.

Paket yang dibawa saat kalian beli monitor gaming ini juga sederhana, seperti kabel power maupun kabel HDMI. Enggak ada bonus istimewa didalamnya. Kalo pemasangan sih enggak ribet, cukup beberapa langkah aja dan monitor udah siap dipake. Cuman, fleksibilitas buat rotasi mungkin sangat terbatas, dimana monitor ini enggak dukung banyak hal, cuman ngatur kemiringan aja dan itu pun cukup terbatas.

ASUS VP249QGR

Konektivitas & Audio

Buat konektivitas, ASUS VP249QGR kami rasa punya pilihan lengkap buat kebutuhan banyak pengguna, seperti port HDMI, D-Sub maupun Display Port. Produsen juga melengkapinya dengan port audio jack 3.5mm yang bisa berharga ketika kalian masih pengen mengandalkan speaker bawaan monitor.

ASUS VP249QGR

Bicara mengenai audio, monitor ini tentu punya fitur tersebut melalui 2W x 2 Stereo RMS. Kualitas cukup baik, meskipun jangan harap terlalu lebih deh buat kualitas. Yang penting, lebih baik pake speaker bawaan monitor daripada enggak ada sama sekali.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti ASUS VP249QGR
Display 23.8″, Full HD (1920×1080)
Panel Type IPS
Brightness 250 cd/㎡ (Typical)
Contrast Ratio 1000 :1 (Typical)
Viewing Angle (CR≧10) 178°(H)/178°(V)
Response Time 1ms MPRT , 4ms (Gray to Gray)
Display Colors 16.7M
Refresh Rate(max) 144Hz
Adaptive-Sync supported FreeSync™ technology
Stereo Speakers 2W x 2 Stereo RMS
I/O Ports HDMI, D-Sub, DisplayPort
PC Audio Input 3.5mm Mini-Jack
Tilt +20°~-5°
VESA Wall Mounting 100x100mm
Security Kensington lock
Dimensions With Stand (WxHxD) : 540.50 x 389.34 x 204.42 mm
Weight Net Weight (Esti.) : 3.56 kg
Harga Rp2.800.000 (Cek Harga terbaru disini)

Sajian spesifikasi inti bisa jauh lebih solid. Pertama monitor ini hadir dengan panel IPS, yang berarti bahwa selain nawarin nilai visual yang terasa lebih tajam, sudut pandang juga terasa lebih luas hingga 178°. Jadi, kalian masih bisa dengan jelas liat tampilan display baik dari sisi kanan maupun kiri.

ASUS VP249QGR

Resolusi sebagaimana kita sebutin adalah Full HD (1920×1080) dengan dukungan aspek rasio 16:9. Dukungan saturasi warna juga bisa cukup ideal hingga 72% NTSC. Itu berarti intensitas warna bisa semakin positif dengan nilai visual yang tampil di monitor bisa sangat jelas.

ASUS VP249QGR

Buat nyempurnain apa yang bisa ditawarin ASUS VP249QGR, khususnya buat gamer, beberapa spek mumpuni seperti waktu respon 1ms dan refresh rate 144hz tentu jadi sajian utamanya. Dua fitur ini bisa jadi solusi berharga buat gamer yang terpaut dengan aksi game cepat, apalagi di dunia eSport.

ASUS VP249QGR

Semakin cepat waktu respons, jumlah waktu yang diperlukan piksel dalam display untuk berubah bakal semakin cepat pula, termasuk lebih sedikit artefak gambar yang terlihat. Sebaliknya, semakin tinggi refresh rate, tampilan visual bakal terasa semakin halus dan tentunya sangat nyaman buat dilalui.

Sisa spesifikasi juga bisa dibilang ok lah, enggak ada nilai lebih selain apa yang telah kita sebutin. Brightness cukup, enggak kurang. Beberapa dukungan teknologi unggulan juga bisa ngasi manfaat extra, seperti teknologi ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB ™) yang bisa menghilangkan ghosting dan tearing agar tampilan visual gaming bisa terasa tajam saat berhadapan dengan frame rate tinggi.

ASUS VP249QGR

Monitor ini juga dukung adaptive-Sync FreeSync yang juga bakal ngurangin masalah screen tearing maupun stuttering yang dipicu gara-gara keterbatasan monitor yang enggak sinkron dengan kecepatan frame rate yang dihasilin VGA.

Tombol Pengaturan & Fitur Extra

Semua pengaturan layar sepenuhnya memakai tombol manual dengan pilihan hingga 6 tombol. Enggak ada dukungan software, yang terkadang agak ribet juga sih buat ngatur, meskipun apa yang ditawarin bisa cukup berharga.

ASUS VP249QGR

Ada total 7 tombol yang enggak nunjukin informasi detail, tapi sebenernya jika diperhatiin secara seksama, navigasi bisa cukup mudah buat dilalui. Meskipun kalian perlu eksplorasi lebih lanjut secara realtime.

Semua pengaturan sebagaimana kita ungkap punya manfaat tersendiri, seperti ngatur brightness,  ngaktifin nilai visual, bahkan punya fitur game plus yang mudahin aksi saat main game seperti crosshair, timer atau Fps counter.

Disisi lain, monitor ini juga dukung teknologi istimewa seperti blue light filter yang bakal ngurangin jumlah cahaya biru dengan empat pengaturan filter. Jadi, kalian bisa dengan nyaman depan monitor dalam waktu cukup panjang. Terlebih lagi, perangkat ini udah diuji ketat dan disertifikasi oleh laboratorium TÜV Rheinland, yang tentu aja enggak sembarangan perangkat yang mengklaim dukung teknologi tersebut.

ASUS VP249QGR

Monitor ini juga dukung teknologi shadow boost, yang tentu aja bakal ngasi manfaat extra buat ekpos area gelap yang bahkan enggak ngaruh banget ke detail kualitas visual. Setidaknya, enggak ada lagi kendala nyari musuh tersembunyi dalam kegelapan kalo make fitur ini.

Kesimpulan

Jadi, gimana sejauh ini menurut kalian? Kami rasa ASUS VP249QGR mungkin enggak terlalu menarik kalo liat dari sudut estetika atau bahan materi yang ditawarin. Terlebih lagi enggak bawa dukungan software maupun fleksibilitas yang kurang banget, cuman bisa ngatur tilt atau kemiringan aja.

Tapi apa yang ada dalam perangkat ini jauh lebih berharga dengan detail speksifikasi mumpuni. Contoh, monitor ini dukung panel IPS yang di bakal ngasi sajian visual bakal terasa lebih tajam, atau sudut pandang yang luas. Refresh rate tinggi bakal ngasih gameplay yang lebih halus, dan waktu respon cepat bisa berarti lebih sedikit ghosting maupun kualitas gambar yang lebih baik.

Dukungan extra juga melekat pada ASUS VP249QGR, seperti shadow boost maupun Teknologi ASUS Extreme Low Motion Blur (ELMB ™). Intinya, monitor ini bisa berharga buat gamer eSport yang butuh perangkat solid dengan budget yang lebih nyenengin. Setidaknya ada poin besar monitor ini bakal berlaku.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami mengenai monitor gaming ASUS VP249QGR, baik dari sisi minus maupun positifnya. Dan kayaknya, perangkat ini layak buat kami rekomendasikan sebagai salah satu monitor gaming yang worth banget dari detail spesifikasi maupun harga. Meskipun belum kita ungkap lebih dalam, yang pasti sih semoga bermanfaat ya!

ASUS VP249QGR Final Score : 8.8/10

Pros :

  • Harga Lebih Masuk Akal
  • Banyak Fitur Unggulan
  • Refresh rate Tinggi & Waktu Respon Cepat
  • Konektivitas Lengkap

Cons :

  • Nilai Ergonomis yang masih kurang
  • Enggak ada dukungan software

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat