- Storage, Tutorial

Standar SSD SATA III atau NVMe, Mana Sih Yang Ideal Buat Kamu?

Ketika harus memilih antara standar SSD SATA III baik ukuran 2.5” atau bentuk M.2 dengan opsi NVMe SSD, pilihan mana yang ideal buat saya? Itu tentu cukup membingungkan, dan terkadang suka ada banyak yang terjebak dalam dilema tersebut.

Untuk itulah, dalam upaya untuk membantu kalian yang masih pusing menentukan pilihan terbaik, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Standar SSD SATA III atau NVMe, Mana Yang Ideal?

Pertama, sebelum pergi secara liar mencari merk terhebat yang udah ada dipasaran, kalian tentu perlu mengetahui kebutuhan pasti yang kalian butuhkan. Misal, pada dasarnya jika ingin merasakan peningkatan performa dari kasual HDD, pilihan SSD SATA III dengan harga termurah pun udah mencukupi, apalagi jika budget yang kalian miliki dan hanya pengen nampung Windows sebagai tempat berlabuhnya SSD baru tersebut.

SSD SATA III atau NVMe

Disamping itu, SSD biasa pada dasarnya udah bisa ngasih perbedaan besar dalam performa, bahkan hingga 3 kali lebih cepat dibanding HDD. Tapi, enggak semua merk punya hal yang sama, antara kualitas, performa maupun garansi.

SSD SATA III atau NVMe

Pertanyaannya, apa sih SSD SATA III itu sendiri? Ini merupakan interface, gerbang bagaimana performa storage itu bakal ngasih speed realistis kepada pengguna. Interface SATA III (revisi 3. x), dikenal sebagai SATA 6 Gb / s (gigabit per second). Setiap gigabit kalo dalam konversi MB/s berarti 100MB/s. Jadi, 6 GB/s itu berarti gerbang yang ditawarkan SSD dengan tipe ini maksimal bisa mencapai 600 MB/s.

Namun kenyataannya, itu bisa berbeda-beda dan rata-rata speed hanya mencapai hingga 550MB untuk write speed atau read speed. Cuman setidaknya storage tersebut udah bisa mendekati dan mewakili interface ini.

Keuntungan SSD SATA III itu biasanya harga yang datang lebih murah, bahkan kalian bisa mendapatkan storage ini dibawah 1 jutaan, itupun dengan kapasitas memadai, misal 512GB. Kemudian storage ini punya kompabilitas yang baik, bahkan kalian bisa memasangnya dengan perangkat lama, baik di PC lama atau laptop jadul.

Bagaimana dengan NVMe SSD? Storage ini kami rasai boleh dibilang bisa mewakili kebutuhan user yang punya banyak kegiatan menuntut, dan bisa jadi solusi terbaik untuk semua pekerjaan bisa dengan mudah teratasi. Tentu, performa yang jauh lebih kenceng, bahkan punay perbedaan hingga 3 kali lipat dibanding standar SSD SATA III jadi alasan utamanya.

Istilah NVMe (Non-Volatile Memory Express) itu sendiri merupakan interface berbasis PCIe dengan tujuan peningkatan kinerja dan efisiensi jauh lebih baik. NVMe dapat memberikan kecepatan baca-tulis berkelanjutan hingga 2000MB per detik atau bahkan lebih, jauh lebih cepat daripada SATA SSD III, yang terbatas pada kecepatan 600MB per detik.

SSD SATA III atau NVMe

Jadi, NVMe SSD bisa ideal buat kalian yang butuh kecepatan paling optimal, seperti ketika kalian butuh waktu loading gaming atau aplikasi yang jauh lebih kenceng, transfer data yang lebih solid, apalagi generasi terbaru Gen4 SSD.

SSD SATA III atau NVMe

Disisi lain, NVMe SSD biasanya punya keuntungan tersendiri dalam mobilitas, dimana itu gak butuh ruang extra pada casing, mamun melekat pada mobo. Itu karena kebanyakan SSD ini punya bentuk faktor M.2 dengan ukuran kecil yang mudah untuk dibawa kemanapun kalian pergi.

Sayangnya, nilai kompabilitas mungkin masih agak terbatas. Terkadang PC atau laptop lama enggak bisa sembarang memakai SSD ini. Disisi lain, harga yang ditawarkan jauh lebih mahal, bahkan kalian perlu ngeluarin anggaran jutaan buat dapetin kapasitas besar untuk sebuah NVMe SSD.

Sudah cukup dimengerti hingga sejauh ini? Kita harap sih begitu, apalagi jika kalian bisa ngambil keputusan penuh setelah membacanya. Jadi, terlepas dari segala kekurangan atau hal yang belum diungkap, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat