- Gaming Gear, Hardware, Storage

SSD Review : Kenceng, Stabil, Harga Lebih Murah Feat Apacer AS2280Q4 M.2 PCIe Gen4 500GB

SSD Gen 4 kini semakin populer dikalangan konsumen, terlebih lagi menawarkan kinerja yang jauh lebih kenceng dibanding pilihan standar NVMe SSD. Nah, dari sekian banyaknya pilihan seru di luar sana, Apacer AS2280Q4 bisa jadi bahan pertimbangan utama kalian. Karena selain menawarkan kinerja tinggi, harga yang ditawarkan kami rasa jauh lebih masuk akal.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : TEAMGROUP EX2 Elite SSD Review : Desain Lebih Fresh, Kinerja Kenceng & Terjangkau

Apacer AS2280Q4 M.2 PCIe Gen4 SSD Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Apacer tentu udah dikenal banget dalam urusan storage yang berkualitas, dan hal tersebut berlaku untuk seri AS2280Q4 generasi terbaru yang membawa interface PCIe Gen 4×4. Ini tentu saja bisa memenuhi kebutuhan tinggi gamer ataupun pembuat konten modern, apalagi kini semakin banyak mobo yang mendukung fitur tersebut, termasuk seri terbaru B550.

Apacer AS2280Q4

Desain sih mungkin enggak terlalu signifikan dalam hal estetika, namun produsen membawa pilihan extra dengan kehadiran heatsink tambahan. Artinya bahwa perangkat extra tersebut bisa memberikan sisi pendinginan yang jauh lebih efektif pada storage ini, yang terkadang itu sangat dibutuhkan agar stabilitas saat sedang bekerja penuh bisa tetap dicapai, bahkan untuk pemakaian lama sekalipun.

Apacer AS2280Q4

Nah, Apacer AS2280Q4 itu sendiri membawa bentuk faktor M2 dengan ukuran 2280 (80mm) dan berat sekitar 8.3gram. Sedangkan untuk pilihan konfigurasi dalam urusan kapasitas, produsen memberikan tiga pilihan, mulai dari 500GB, 1TB dan hingga 2TB.

Harga yang ditawarkan sebagaimana kami ungkap sebelumnya bisa lebih terjangkau dibanding pilihan merk lain pada kelas maupun spesifikasi hampir sama dengan harga mulai dari 1.8 jutaan. Disisi lain, produsen mengklaim bahwa AS2280Q4 memiliki tingkat ketahanan yang tinggi dengan durasi Mean time between failures (MTBF) bisa sanggup bertahan hingga 1.5 juta jam, termasuk shock resistant hingga 1500G.

Setidaknya, itu bisa memberikan sesuatu yang positif bagi konsumen yang mencari perangkat hebat enggak dilihat dari performanya saja, namun juga berlaku dalam hal kualitas yang bisa ditawarkan untuk waktu yang sangat lama. Garansi yang ditawarkan SSD ini juga berlaku hingga 3 tahun.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi Inti AS2280Q4 M.2 PCIe Gen 4×4 SSD
Capacity 500GB/ 1TB/ 2TB
NAND Flash 3D TLC
Interface PCIe Gen 4×4 (Compliant with NVMe 1.3)
ECC Support Up to 72bit/1KB
Shock 1500G/0.5 msec
Vibration 7~800Hz, 3.08Grms
Low Power Consumption (Active/Idle) 275/80mA
MTBF 1,500,000 hours
Humidity 5%~95%
Standard Operating Temperature 0°C ~ +70°C
Storage Temperature -40°C ~ +80°C
Dimensions (L)80 x (W)22 x (H)1.35mm
Weight 8.3g
Accessory Heatsink
Warranty 3 Years
Harga Rp1.857.000

Buat urusan spesifikasi, sebagaimana kami ungkap sebelumnya, Apacer AS2280Q4 hadir dengan interface PCIe Gen 4×4 yang masih bisa kompatibel dengan slot M.2 NVMe 1.3. Jadi, ketika mobo kalian masih mendukung PCIe gen 3, maka SSD ini sebenernya masih bisa dipakai dan bekerja dengan baik, meskipun potensi kinerja yang ditawarkan pastinya enggak akan maksimum.

Apacer AS2280Q4

Disamping itu, SSD ini juga membawa tipe NAND Flash 3D TLC (Triple Level Cell) dan memakai chipset Toshiba sebagai pilihan utamanya. Hal terbaiknya, AS2280Q4 juga membawa cache extra dengan kapasitas DRAM hingga 512MB DDR4 1600Mhz yang bisa memberikan stabilitas baik saat sedang bekerja penuh.

Fitur extra lain yang dibawa AS2280Q4 ini juga adalah dukungan mekanisme Thermal Throttling. Artinya bahwa fitur ini bisa menyesuaikan penskalaan frekuensi secara dinamis sehingga bisa meningkatkan keandalan data dan memberikan kinerja berkelanjutan saat panas berlebih. Selain itu, SSD ini juga memiliki dukungan Perlindungan Data E2E (End-to-End) yang berarti itu bisa memperluas kontrol kesalahan, sehingga bisa memastikan keamanan data yang superior, integritas, dan masa pakai SSD lebih lama.

Performa

Bagaimana dengan performanya? Secara utuh SSD ini bisa memberikan kinerja yang sangat handal, bahkan klaim speed up to 5GB/s bisa berlaku pada beberapa skenario, khususnya dalam hal read speed. Sayangnya, itu enggak berlaku dalam skenario write speed, meskipun performa yang ditawarkan masih tetap solid.

Apacer AS2280Q4

Nah, kali ini kami memakai mobo terbaru dari ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi yang mendukung interface PCIe Gen 4. Setidaknya pilihan mobo ini juga bisa jadi harapan kalian saat berencana akan memiliki Apacer AS2280Q4 untuk performa terbaik.

Apacer AS2280Q4

Pada tes ATTO Diskbenchmark, performa yang ditawarkan AS2280Q4 ini bisa mencapai 5.2GB/s, khususnya untuk read speed, sedikit lebih baik dibanding Corsair MP600. Cuman, itu tidak berlaku untuk kinerja write speed yang hanya mampu mencapai hingga 2.37GB/s saja.

Apacer AS2280Q4

Sedangkan pada tes AS SSD Benchmark yang cukup populer, SSD ini bisa memberikan kinerja yang baik untuk read speed hingga 4206 MB/s dan hingga 2364 MB/s untuk write speed, sedikit berbeda dengan Cardea ZERO Z440, meskipun untuk write speed tertinggal jauh.

Apacer AS2280Q4

Pada TxBENCH juga memiliki skor hampir sama dengan read speed up to 4779 MB/s dan hingga 2507 untuk write speed. Kinerja write speed masih tertinggal jauh dengan seri unggulan, meskipun kami rasa sudah cukup memuaskan pada harga tersebut.

Apacer AS2280Q4

Sebagai contoh, pada tes AS SSD Benchmark Copy Duration, hasil yang ditawarkan masih menggigit dengan seri kelas atas dengan perbedaan waktu yang enggak terlalu jauh. At least itu bisa menjadi pertanda yang baik bahwa storage ini masih bisa diandalkan untuk semua kegiatan pada aplikasi yang berbeda.

Suhu

Buat urusan suhu, kehadiran heatsink tambahan benar-benar sangat efektif untuk mendinginkan gaharnya Apacer AS2280Q4 dengan perbedaan sebelum memakai Heatsink bisa mencapai 22%. Suhu sebelumnya bahkan cukup tinggi hingga 67° celcius, namun ketika heatsink dipakai, suhu turun drastis hingga 52° Celcius rata-rata saat sedang bekerja penuh.

Apacer AS2280Q4

Apacer AS2280Q4

Kesimpulan

Gimana menurut kalian hingga sejauh ini? Kami rasa AS2280Q4 M.2 PCIe Gen 4×4 SSD dengan kapasitas 500GB tentu sangat berharga dan layak banget untuk kalian pertimbangkan. Kinerja yang ditawarkan sangat tinggi, khususnya untuk read speed yang bisa mencapai performa hingga 5GB/s atau bahkan lebih. Kehadiran heatsink extra yang ditawarkannya juga sangat efektif, dan hal terbaiknya adalah harga.

Apacer AS2280Q4

Bayangkan saja, dengan modal cuman sekitar 1.8 jutaan, kalian udah bisa mendapatkan storage kenceng plus kapasitas yang sangat memadai. Setidaknya SSD ini bisa jadi pilihan utama untuk sistem operasi, aplikasi atau beberapa game. Disamping itu, stabilitas yang ditawarkan benar-benar solid.

Sayangnya, kinerja write speed mungkin masih kurang nendang jika dibandingkan dengan pilihan SSD Gen 4 premium yang ditawarkan merk lain, meskipun kami rasa udah sangat mencukupi. Disamping itu, produsen enggak menyediakan software extra, meskipun enggak terlalu berpengaruh sih. Disisi lain, kalian juga perlu memiliki mobo yang mendukung SSD Gen 4, meskipun kini sudah banyak sih pilihan yang lebih murah, termasuk seri B550.

Tapi terlepas dari itu semua, dan setelah melihat performa besar dari Apacer AS2280Q4, maka kami rasa SSD ini masih ideal kok untuk dipertimbangkan. Garansi yang ditawarkannya juga cukup panjang, termasuk kemudahan untuk melakukan banyak hal melalui perangkat ini.

Nah, itu dia ulasan kami mengenai Apacer AS2280Q4 Gen 4 SSD yang terkadang punya banyak hal menarik untuk dibongkar lebih mendalam. Jadi, semoga bermanfaat ya…!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat