- Gaming Gear, Hardware, RAM

Apacer NOX 16GB DDR4 3000Mhz : Upgrade Sempurna Pada Harga Yang Lebih Terjangkau

Apa yang membuat kegiatan gaming makin berharga nyatanya bukan cuman kehadiran prosesor maupun kartu grafis semata, namun juga itu berlaku buat memori alias RAM. Dan ketika kalian butuh kit memori yang handal pada harga yang lebih terjangkau, Apacer NOX 16GB DDR4 3000Mhz bisa banget buat kalian pertimbangin.

Nyatanya, estetika RGB yang dibawa NOX juga enggak kalah kerennya, yang tentu aja bakal nambah wibawa PC bisa terasa lebih solid. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Monitor Gaming AORUS KD25F : Apa Yang Bisa Kamu Harapkan Sepenuhnya!

Apacer NOX Gaming Memory Review : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Apacer itu bisa dibilang sebagai produsen yang sangat berpengalaman dalam urusan memori sejak tahun 1997 silam. Marketing yang kurang greget, khususnya untuk produk consumer kami rasa jadi salah satu alasan mengapa brand ini enggak terlalu banyak dikenal dikalangan enthusiast. Padahal, jika melihat dari segi kualitas yang ditawarkan, brand ini enggak kalah hebatnya dengan produsen sekelas Corsair ataupun merk terkenal lainnya.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Buktinya adalah seri memori kit gaming terbaru NOX, yang nyatanya bawa pilihan chipset unggulan Samsung B-Die yang jarang banget ditawarkan oleh merk lain, apalagi harga bener-bener jauh lebih menggoda di kisaran 1.3 jutaan, khususnya untuk kapasitas 16GB (8×2) dengan speed 3000Mhz.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Estetika juga enggak kalah kerennya, dukung RGB lighting dengan desain “enggak” murahan, dapet banget kelasnya, malahan produsen bawa fitur lampu LED hingga 8 titik yang jarang banget ditawarin pada harga segitu atau kebanyakan brand lain cuma pake 6 titik LED. Hasilnya, tingkat kecerahan bisa efektif buat show off, termasuk dukung software RGB populer bawaan mobo sekelas ASUS Aura Sync, RGB Fusion, MSI Mystic Light dan ASRock Polychrome RGB.

Nilai menarik yang dibawa memori gaming NOX ini adalah desain secara keseluruhan, sudut finishing yang benar-benar rapi, heat sink yang ditawarin pada perangkat ini juga keliatan banget wibawanya, terbuat dari aluminium kelas atas warna hitam dengan kesan elegan dan penuh misteri.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Produsen sendiri mengklaim bahwa heat sink yang ditawarin NOX punya manfaat tersendiri, yang bisa memberikan tingkat disipasi panas lebih ideal, bahkan untuk penggunaan paling menuntut sekalipun.

Spesifikasi Internal

Apacer Nox 16GB itu sendiri memiliki 3 pilihan konfigurasi dalam hal kapasitas yang ditawarkan kepada konsumen, mulai dari 8 GB hingga 32 GB. Disisi lain, produsen nawarin speed yang juga berbeda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 2400Mhz, 2666Mhz, 3000Mhz hingga pilihan 3200Mhz. Cuman kali ini kita pake memori kit 3000Mhz, bisa dibilang sweet spot dengan latency rendah pada CL16-18-18-38 termasuk dukungan Intel XMP 2.0 maupun terbuka untuk overclocking.

Spesifikasi Inti Apacer NOX 16GB DDR4 3000Mhz
Frequency 3000Mhz
Capacity 16GB (8GBx2)
Voltage 1.35V
CAS Latency 16-18-18-38
Memory Architecture x8 FBGA DRAM chip
Intel XMP 2.0 Yes
PIN 288-pin
Certificate RoHS, CE, FCC, RCM, VCCI, JEDEC
Package Dual Channel package
Warranty Limited lifetime warranty
Harga Rp1.350.000

Sebenernya, stock default speed cukup rendah pada kecepatan 2133Mhz, cuman ruang untuk overclocking bisa sangat tinggi, bahkan jika kalian mampu, kalian bisa mendobrak speed diatas 4000Mhz. Inilah mengapa memilih memori modul bisa sangat penting, khususnya ketika berurusan dengan OC. Memilih timing yang tepat jadi salah satu tantangannya, dan terkadang jauh lebih rumit dibanding proses overclocking pada prosesor maupun VGA.

OC standar dengan peningkatan clockspeed sedikit lebih tinggi bisa sangat mudah untuk dilakukan tanpa banyak perubahan berarti, setidaknya itu bisa kalian coba hingga speed 3400 atau 3600Mhz dengan sedikit perubahan timing walaupun tanpa harus merubah voltase.

Namun ketika menginjak hingga 3800 sd 4000, tantangan bisa cukup terjal, apalagi jika kalian pake platform baru seperti X570 dari AMD. Kami berhasil mendapatkan clockspeed hingga 4000Mhz dengan timing 18-23-23-48 dengan DRAM voltase diatas 1.4. Hasilnya, kinerja bisa jauh lebih solid, khususnya ketika berurusan dengan aplikasi yang butuh tenaga extra RAM.

Apacer Nox

Bicara mengenai kompabilitas, Apacer Nox ini sepenuhnya kompatible baik dengan platform AMD maupun Intel. Kami bahkan mencobanya pada dua platform baru antara X570 maupun Z490. Hasilnya, tidak ada kendala sedikitpun, malah ruang oc bisa jauh lebih efektif buat ngasilin kinerja tinggi.

Performa

Performa yang ditawarkan memori gaming ini bisa sangat menggoda, khususnya ketika fitur XMP maupun OC diaktifkan. Chip Samsung kami rasa menawarkan ruang overclocking yang baik, termasuk stabilitas sistem yang juga sama positifnya.

Untuk itulah, kami memakai platform baru yang sangat menjanjikan untuk tes, yaitu Intel Z490 dengan pilihan mobo ASUS ProArt, termasuk perbandingan dengan produk lain yang secara utuh bisa memperlihatkan bagaimana performa sesungguhnya mengenai Apacer Nox pada banyak aplikasi nyata.

7-Zip File Manager

Pertama dalam uji coba 7-Zip file manager, dimana ini bisa jadi awal yang baik untuk memperlihatkan bagaimana sesungguhnya kecepatan memori bisa sangat berpengaruh pada skenario kompresi data maupun dekompresi.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Apacer Nox pada stock speed mungkin enggak terlau nendang dalam nunjukan performa melalui 7-Zip file manager test dengan Rating dalam MIPS (million instructions per second). Tapi ketika XMP aktif maupun fitur OC hingga speed 4000Mhz, memori kit sangat superior dengan skor jauh lebih positif.

Winrar

Hal yang sama juga berlaku buat urusan Winrar, dimana performa multi-thread bisa nunjukin seberapa efektif kecepatan memori bisa berlaku, termasuk dongkrak kinerja prosesor jauh lebih solid.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Selisih yang ditawarkan dibanding speed default 3000Mhz dengan OC pada kecepatan 4000Mhz cukup tinggi dengan perbedaan kinerja hingga 11%.

AIDA Cache & Memory Benchmark

Sedangkan untuk Cache & Memory melalui software AIDA, speed default XMP pada kecepatan 3000Mhz masih bisa bersaing ketat dengan seri brand unggulan sekelas Corsair maupun TeamGroup dengan pilihan Vulcan Z yang hadir dengan harga hampir sama.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Dan ketika fitur OC aktif dengan speed hingga 4000Mhz, kinerja jauh lebih superior baik antara performa memory read speed maupun write speed.

Gaming performance

Kapasitas yang mencukupi, ditambah speed tinggi pada memori bisa ngaruh banget buat kegiatan gaming. Nyatanya hal tersebut berlaku buat Apacer Nox 16GB memori kit, khususnya ketika kami tes pada game sekelas Ghost Recon Breakpoint, baik pada stock speed 2133Mhz, saat fitur XMP aktif (3000Mhz) dan OC di kecepatan 4000Mhz.

Apacer Nox 16GB DDR4 3000Mhz

Meskipun, perbedaan nilai Fps enggak terlalu signifikan, tapi bisa cukup ngaruh buat pengalaman gaming terbaik. Hal yang kami rasa memberikan nilai positifnya adalah minimum frame rate yang semakin meningkat ketika clockspeed memoy bertambah.

Kesimpulan

Apacer NOX dengan kapasitas 16GB kami rasa bisa banget buat kalian pertimbangin saat sedang mencari kit memori handal dengan harga yang terasa jauh lebih terjangkau. Kualitas yang baik, fitur RGB yang jauh lebih cerah, bahkan dukung software RGB populer seperti ASUS Aura Sync, chip Samsung yang handal, dan sepenuhnya terbuka untuk OC benar-benar jadi daya tarik tersendiri bagi PC Builder.

Bahkan kami belum menemukan nilai minus berarti yang biasa hadir pada setiap perangkat, khususnya ketika itu sangat mempengaruhi kinerja. Disamping itu, produsen juga nyediain beberapa pilihan konfigurasi, mulai dari speed terendah maupun kapasitas hingga 32GB. Jadi, kalian bisa nyesuain pilihan sesuai dengan kebutuhan maupun budget.

Jadi, Apacer NOX tampaknya sudah memenuhi kategori award best value yang biasa kami hadirkan untuk setiap perangkat berharga dan ideal dari faktor price to performance, bonus extra dalam hal estetika maupun sudut finishing juga membuatnya semakin ideal bagi pengguna modern. Memori ini juga bisa ideal untuk hampir setiap platform, termasuk seri Ryzen yang terkadang suka agak “memilih” dalam urusan memori.

Nah, itu dia ulasan kami mengenai Apacer NOX ini, meskipun enggak sepenuhnya kami ungkap lebih mendalam. Jadi, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat