- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Tes Performa ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn : Complete Edition

Horizon Zero Dawn versi PC boleh dibilang punya banyak hal menarik buat gamer yang menginginkan kualitas visual terasa jauh lebih seru. Hanya saja, game ini nyatanya butuh spesifikasi tinggi untuk pergi, khususnya ketika kalian ingin memaksimalkan semua pengaturan grafis di game tersebut.

Nah, ini bisa jadi ide yang baik buat nunjukin kinerja ROG Strix RX 5600 XT yang kami miliki, apakah bisa memberikan nilai framerate terbaik?

Baca juga : ASUS TUF Gaming VG249Q : Monitor Gaming Solid Budget 3 Jutaan Dengan Spek Internal Mumpuni

Tes Performa ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Sebagaimana diungkap sebelumnya, Horizon Zero Dawn : Complete Edition versi PC  membutuhkan spesifikasi PC yang sebenernya enggak terhitung berat buat spek minimum, yaitu :

  • Requires a 64-bit processor and operating system
  • OS: Windows 10 64-bits
  • Processor: Intel Core i5-2500K@3.3GHz or AMD FX 6300@3.5GHz
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: Nvidia GeForce GTX 780 (3 GB) or AMD Radeon R9 290 (4GB)
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 100 GB available space

Ini setidaknya bisa jadi pertanda yang baik jika kalian masih memiliki PC yang enggak terlalu heboh dalam hal kinerja grafis pada resolusi 1080p. Hanya saja, kualitas visual mungkin enggak terlalu menarik jika dibanding saat pengaturan rata kanan, yang terkadang kami rasa nilai grafis jauh lebih mengesankan dibanding apa yang pernah ditawarkan di versi Playstation, apalagi jika framerate berada di atas 60 Fps.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Disinilah, kehadiran VGA yang lebih nendang kayaknya jadi taruhan utama untuk pergi. Nah, ketika kalian masih berburu pilihan ideal, Radeon RX 5600 XT bisa jadi solusi berarti, bahkan VGA ini masih sanggup kok untuk memberikan kinerja game sekelas Horizon Zero Dawn di pengaturan 1440p Ultimate Quality.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Enggak percaya, kami buktikan pada beberapa tes pada resolusi berbeda, mulai dari 1080p hingga pengaturan 4k. Tapi, ada beberapa catatan yang perlu kalian pertimbangkan, khususnya untuk driver VGA yang dibawa.

Nyatanya, game ini butuh versi driver terbaru yang benar-benar mendukung game tersebut, yaitu Radeon Software Adrenalin 2020 Edition 20.8.1 yang dirilis awal agustus lalu. Jika tidak, ada sejumlah bug menanti, termasuk framerate yang terkadang enggak terlalu maksimal.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Contohnya, ketika kami memakai pilihan driver Adrenalin 2020 Edition 20.4.2, game itu sendiri sudah memberikan peringatan mengenai masalah kompabilitas. Jika dipaksa pun ada sejumlah masalah, seperti framerate yang terkadang drop.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Nah, beda halnya ketika memakai versi terbaru Adrenalin 2020 Edition 20.8.1, dimana semua pengalaman bermain Horizon Zero Dawn nyatanya punya dampak yang positif. Framerate bahkan berlaku lebih dengan rata-rata hingga 70 Fps yang sebelumnya ketika memakai Adrenalin 2020 Edition 20.4.2 hanya terbatas pada 62 FPS. Disamping itu, ketika memakai driver terbaru, masalah framerate yang drop enggak muncul lagi, bahkan dilalui dengan lancar tanpa ada kendala sekalipun.

RX 5600 XT juga ternyata sanggup memenuhi dahaga gamer yang ingin bermain di resolusi lebih tinggi, dimana ketika kami tes pada resolusi 1440p (2560×1440), VGA ini sanggup memberikan framerate hingga 55. Itu tentu masih nyaman, apalagi disajikan pada pengaturan tertinggi.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Pada resolusi yang lebih tinggi, khususnya di 4k (3840×2160) framerate pastinya agak kurang nyaman pada ultimate Quality, dimana kalian perlu mengatur kualitas grafis sedikit lebih rendah untuk mendapatkan framerate yang ideal, misal di high atau medium. Itu karena framerate pada pengaturan tertinggi hanya memiliki Fps rata-rata hingga 30 saja, meskipun ada peningkatan saat memakai Adrenalin 2020 Edition 20.4.2.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu yang ditawarkan RX 5600 XT melalui ROG Strix TOP Edition juga nyatanya sangat nyaman untuk dilalui dengan suhu rata-rata hingga 65° Celcius aja secara default. Inilah mengapa kami rasa pilihan Edisi ROG Strix jadi salah satu yang terbaik buat kualitas pendinginan.

ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition Di Horizon Zero Dawn

Teknologi 7nm juga punya banyak unggulan, salah satunya bisa memberikan konsumsi daya yang lebih irit. Nyatanya, pada game ini ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition hanya mengkonsumsi daya rata-rata cuman sebesar 109 Watt saja, dan itu merupakan sesuatu yang sangat positif buat gamer yang ingin bermain game lama tanpa harus khawatir dengan konsumsi daya PC.

Kesimpulan Awal

Terlepas dari segala hal positif yang bisa dilakukan ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition pada game terbaru Horizon Zero Dawn : Complete Edition, kami rasa ada beberapa catatan penting buat kalian sebelum membeli VGA ini, atau jika masih mengandalkan VGA lama berbasis Radeon series.

Hal yang terpenting adalah kehadiran driver terbaru yang mendukung game tersebut jadi syarat utama agar semua hal yang akan dilalui kalian tetap lancar jaya tanpa banyak kendala. Dan sayangnya, software lama tidak menyediakan versi terbaru, baik melalui driver itu sendiri ataupun di situs resmi. Setidaknya hal tersebut kami alami saat memakai RX 5600 XT ini. Ini bisa jadi masukan buat AMD agar pengguna enggak mengalami hal ribet saat akan bermain game terbaru.

Tapi, RX 5600 XT bisa jadi rekomendasi kalian untuk aset berharga buat perangkat grafis, hari ini atau hingga beberapa tahun ke depan. Salah satu pilihan idealnya tentu adalah ROG Strix RX 5600 XT TOP Edition, yang bahkan saat kami tes masih memiliki pilihan default. Jadi, ada potensi jauh lebih baik buat memaksimalkan kinerja melalui fitur OC, meskipun kami rasa default aja udah cukup sih.

Disamping itu, VGA ini juga memiliki kinerja hebat yang enggak cuman di level 1080p, namun juga masih punya taring di resolusi 1440p. Fps hingga 55 pada Horizon Zero Dawn tentu jadi salah satu bukti nyatanya bukan? Meskipun kalian juga perlu memiliki perangkat extra lain yang mendukung, seperti prosesor, RAM maupun mobo yang mencukupi. Tertarik untuk membeli ROG Strix RX 5600 XT? Kalian bisa melihat harga terbarunya disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat