- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

Makin banyak pilihan “segar” Radeon RX 5600 XT dipasaran, dan kini ASUS ikut gabung dengan hadirnya seri ROG STRIX TOP Edition. Look yang kerasa banget kelasnya jadi sajian utama kartu grafis tersebut, termasuk spesifikasi yang juga punya kesan tangguh.

Pertanyaannya, bisakah VGA ini memenuhi harapan tinggi kalian? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Ryzen 3000 Mana Yang Pas Buat Kalian? Berikut 5 Pilihan Solidnya

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Sebenernya, kita sudah mencoba Radeon RX 5600 XT dari XFX, dan hasilnya cukup positif, bahkan bisa jadi the next king of midrange GPU selanjutnya, jika sejumlah PR udah bisa diatasi dengan baik oleh AMD sendiri, khususnya dalam hal driver yang pada awalnya enggak stabil. Nah, seiring berjalannya waktu, update driver terus bermunculan untuk hasil kinerja yang lebih positif, termasuk seri Radeon software terbaru.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Nah, ketika PR setidaknya udah bisa diatasi dengan baik, dan kalian sedang mencari pilihan superior dari semua Radeon RX 5600 XT yang udah ada dipasaran, maka ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition bisa saja jadi pilihan serunya. Apa yang menarik pada VGA ini tentu aja bentuk desain yang ciamik, look yang keliatan banget kelas high-end nya, termasuk sajian mewah. Meskipun, kita enggak memungkiri bahwa seri ini enggak datang dengan murah, bahkan kalian perlu rogoh kocek cukup dalam, yaitu sekitar 6 jutaan.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Tapi, terlepas dari itu semua, sebenernya VGA ini memiliki potensi sebagai pilihan VGA terbaik untuk seri RX 5600 XT, jika minus yang dihasilkan enggak begitu banyak. Jadi, buat lebih detailnya, mari kita ungkap lebih dalam tentang tuh VGA.

Ok, pertama adalah desain, dimana VGA ini memiliki dimensi yang cukup Panjang sekitar 30cm, lebar sekitar 13cm dan ketebalan sekitar 5.3 cm. Itu tentu bakal menghabiskan cukup ruang extra pada casing pc, apalagi jika kalian punya bentuk case kecil. Disamping itu, VGA ini memakan ruang hingga 2.7 pada slot expansi, sehingga kalian perlu liat dulu kompabilitas case sebelum beli tuh VGA.

Sedangkan buat kebutuhan daya, ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition memiliki port 6 pin dan 8 pin daya. Beda banget sama XFX yang cuman butuh ruang 8 pin, meskipun kita enggak memungkiri bahwa VGA ini butuh banyak daya enggak cuman kinerja yang dihasilin, namun juga sudut estetika dalam bentuk pencahayaan RGB. Kalian juga butuh PSU minimal 450W buat ngangkat VGA ini, meskipun idealnya sih diatas 500W.

Nah, bicara mengenai AR Gi bih, kalian bisa temukan banyak pencahayaan pada RX 5600 XT TOP Edition, mulai dari lampu LED dengan total hingga 8 led yang tersebar di setiap bagian sisi shroud diantara fan, kemudian juga logo dibagian backplate yang bisa menyala. Hasilnya, estetika bisa sangat menyenangkan buat show off PC totalitas. Apalagi, kalian juga bisa atur pencahayaan lewat software AURA RGB Lighting dengan banyak pilihan efek.

Cuman sayangnya, VGA ini enggak bisa singkron dengan perangkat lainnya, bahkan butuh banyak software yang agak ribet juga sih. Sehingga, itu pasti bisa bawa pengalaman yang enggak terlalu nyenengin buat dilalui. Hasilnya, itu bisa jadi minus berrti dan jadi PR besar buat ASUS, dimana konsumen pada dasarnya butuh sebuah software yang bisa wakilin semuanya, termasuk penggunaan yang nyaman dan mudah, termasuk enggak harus banyak download maupun install.

Buat urusan pendinginan, ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition bawa 3 fan dengan desain Axial. Fan yang hadir bisa dibilang sebagai generasi terbaru untuk kinerja pendinginan terbaik, dimana setiap kipas punya hub yang lebih kecil dengan bilah yang lebih Panjang, termasuk cincin penghalang buat ningkatin tekanan udara ke bawah.

Fan yang hadirpun dukung teknologi 0dB untuk kinerja yang tenang dan enggak berisik. Intinya, Fan baru akan bekerja saat nyampe suhu tertentu. Itu tentu bakal bawa pengalaman baik, meskipun saat sedang bekerja penuh suara yang dihasilin sebenernya cukup berisik, meskipun keitung normal sih.

Nah, ASUS ROG STRIX itu sendiri sebenernya banyak dikritik gara-gara punya pendinginan yang buruk, khususnya buat seri AMD. Untungnya, produsen kayaknya mendengarkan keluh kesah penggemar, sehingga mereka meningkatkan kualitas pendinginan maupun finishing pada VGA ini, yang tentu aja menjadi nilai positif lainnya buat PC Builder.

Sedangkan buat urusan display port, ada total 4 pilihan konektivitas pada tuh VGA, termasuk sebuah port HDMI dan 3 display port. Ini bisa dibilang sebagai pilihan default yang mencukupi buat pengguna modern, khususnya ketika kalian punya banyak perangkat display untuk ruang visual yang lebih luas.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi Inti ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition
Graphics Engine AMD Radeon RX 5600 XT
Bus Standard PCI Express 4.0
OpenGL OpenGL®4.6
Video Memory  6GB GDDR6 192 Bit
Engine Clock – OC Mode up to 1670 MHz (Game clock**) / ~ 1770 MHz (Boost clock*)
Engine Clock – Gaming Mode up to 1670 MHz (Game clock**) / ~ 1750 MHz (Boost clock*)
Stream Processors 2304
Memory Speed 12Gbps
Memory Interface 192-bit
Interface HDMI Output : Yes x 1 (Native) (HDMI 2.0b)
Display Port : Yes x 3 (Native) (DisplayPort 1.4)
Recommended PSU 450W
Power Connectors 1 x 6-pin, 1 x 8-pin
Dimensions 30.37 x 13 x 5.39 Centimeter
Slot 2.7 slot
Harga  Rp6.250.000

Buat urusan spesifikasi, ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition pada dasarnya punya spesifikasi sama dengan seri RX 5600 XT lainnya yang udah ada dipasaran, termasuk memori 6Gb GDDR6, 2304 Stream processor, 12Gbps Memori Speed, 192 Bit lebar memori bus dan default PCie 4.0.

Spesifikasi yang hadir pada dasarnya udah bisa memenuhi kebutuhan banyak pengguna modern hari ini, apalagi buat kegiatan gaming. Cuman, apa yang membedakan VGA ini dengan seri default RX 5600 XT adalah clockspeed yang lebih tinggi hingga up to 1670 Mhz sebelum update bios, dan hingga 1770 Mhz maupun memori speed hingga 14Gbps saat update bios sudah berlaku.

Spesifikasi setelah Bios diupdate

Bicara mengenai update Video Bios, pada dasarnya kalian perlu melakukannya secara manual  dengan mengunduh VBios secara terpisah. Cukup ribet sih, dimana kalian perlu ngatur dulu VGA sebelum update, termasuk opsi switch q dan P dibagian PCB buat pilihan dual bios.Tapi, hasil yang didapetin saat udah diupdate kerasa banget kinerjanya, bahkan memberikan peningkatan berarti buat main game terasa lebih seru.

Kinerja

Nah, bicara mengenai performa, kali ini kita bakal nunjukin bagaimana performa ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition pada beberapa skenario, khususnya di gaming 1080p maupun 1440p. Jadi, buat dukung performa VGA ini, kita pake beberapa komponen inti buat maksimalin potensi kinerja tuh VGA, yaitu :

Beberapa kartu grafis lainpun kami pinjam dari brand atau toko rekanan kami sebagai pembanding yang ideal, diantaranya adalah :

  • Zotac RTX 2060 Gaming 6GB GDDR6
  • GALAX GTX 1660 Ti 1Click OC6 GB GDDR6
  • Gigabyte RX 5700
  • XFX 5600 XT THICC II PRO

Shadow Of The Tomb Raider

Pada dasarnya, VGA ini bisa ngasi kinerja nendang banget buat gaming di level 1080p, bahkan kalian bisa jalanin triple A dengan FPS diatas 60 atau lebih.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Contohnya di Shadow Of The pada pengaturan tertinggi, ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition mampu ngasilin Fps rata-rata hingga 78 frame per second,  hampir setara dengan RTX 2060 dengan skor hampir sama. Hal terbaiknya, versi bios update ngasi kinerja jauh lebih superior dengan dongkrak Fps hingga 88.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Hal yang sama juga berlaku untuk gaming di level 1440p, bahkan bisa ngasi pengalaman cukup baik dan punya selisih lebih baik dibanding XFX maupun RTX 2060.

Battlefield V

Ketika seri RX 5600 XT sebelumnya bisa ngasi performa hebat di game Battlefield V, hal tersebut juga berlaku buat VGA ini. Bahkan punya kinerja sedikit lebih baik dibanding XFX, termasuk peningkatan berarti saat Vbios berlaku dengan Fps rata-rata hingga 99.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Disamping itu, kinerja di level 1440p masih ideal banget dengan Fps rata-rata hingga 60 frame per detik. Cukup nyenengin bukan?

Assassin’s Creed  Odyssey

Assassin’s Creed  Odyssey masih jadi pilihan game seru hingga hari ini dan kalian pastinya butuh VGA Tangguh buat bisa maksimalin kualitas grafis pada game tersebut.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Nyatanya, RX 5600 XT yang dibawa ASUS lewat seri Top Edition benar-benar sangat baik, bahkan bisa setara dengan RTX 2060 baik di level 1080p maupun 1440p.

Gears 5

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition juga bisa jadi pembangkit semangat kalian buat libas game sekelas GEARS 5 dengan Fps rata-rata hingga diatas 88 maupun 95 setelah update bios.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Hal yang sama juga berlaku di resolusi 1440p dengan Fps bisa nyampe 67.

Star Wars Jedi: Fallen Order

Terakhir, dan bisa menjadi pembanding yang baik buat nunjukin kinerja grafis untuk VGA ini adalah game Star Wars Jedi: Fallen Order. Kalian bisa melakukan banyak hal lewat tuh VGA untuk game tersebut untuk pengalaman terbaik.

 

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition pada dasarnya memberikan kinerja setara dengan RTX 2060 dengan Fps rata-rata hingga 94 dan 97 ketika udah diupdate biosnya. Dan di level 1440p masih layak banget dengan Fps rata-rata hingga 88, sedikit lebih baik jika dibandingin dengan XFX.

Suhu & Konsumsi Daya

ASUS bener-bener bawa perbaikan berarti buat pendinginan pada seri ROG STRIX, khususnya untuk seri ini dan bisa juga berlaku untuk seri terbaru Strix lainnya. Ketika sebelumnya banyak dikritik gara-gara sistem pendinginan yang kacau, namun seri terbaru ini bisa merubah pandangan banyak orang semakin positif.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Betapa tidak, kinerja pendinginan bisa sangat baik dengan suhu rata-rata bisa mencapai 65 derajat. Cuman, saat idle cukup tinggi hingga 51 derajat, termasuk peningkatan berarti ketika Bios update berlaku. Tapi, selebihnya sangat baik dan jauh dibawah normal. Sayangnya, pendingin agak sedikit berisik saat sedang bekerja tinggi, meskipun enggak terlalu ngeganggu banget, apalagi jika kalian punya casing yang efektif redam keributan tersebut.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition

Sedangkan buat urusan konsumsi daya, 7nm Navi GPU ga usah dipertanyain lagi buat urusan tersebut, bahkan kini jauh lebih baik dibanding seri lama maupun Nvidia. Meskipun sedikit lebih besar dibanding XFX yang pernah kami coba, tapi tetep VGA ini ngasih konsumsi daya yang positif, padahal kinerja yang ditawarin cukup baik.

Kesimpulan

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition bisa dibilang bawa revolusi baru bagaimana besarnya VGA AMD terasa jauh lebih superior, khususnya ketika dilihat dari kinerja yang ditawarin, bentuk desain yang kerasa banget kelasnya, dan perbaikan yang sangat positif dalam urusan pendinginan. Setidaknya beberapa poin tersebut udah bisa meyakinkan kami bahwa itu sudah cukup memenuhi syarat sebagai salah satu kandidat VGA midrange yang superior.

Cuman, itu enggak datang dengan murah dengan pengorbanan terbesar adalah harga yang bisa dibilang sangat mahal. Dengan nilai sekitar 6.2 jutaan, itu tentu enggak terlalu layak untuk dipertimbangkan buat kalian yang punya budget pas-pasan. Seandainya punya pun, ada pilihan lain yang lebih seru dalam kinerja, termasuk seri RX 5700 yang nendang banget dibanding RX 5600.

Selain itu, kelemahan terbesar dari VGA terbaru AMD ini adalah stabilitas driver yang perlu diperbaiki kembali. Meskipun udah semakin baik, namun tetep aja suka ada masalah, khususnya untuk dukungan game tertentu. Dan terakhir adalah software RGB bawaan ASUS yang t  erlalu banyak, bahkan enggak singkron dengan perangkat lain. Jadi, itu bisa jadi minus lainnya yang perlu kalian pertimbangin.

Tapi terlepas dari itu semua, dan pada dasarnya jika kalian seorang Rogers sejati, setidaknya, seri ini bisa cukup layak buat dipertimbangin khususnya dari beberapa sisi unggulan yang kita ungkap sebelumnya, termasuk juga jika kalian enggak masalah dengan harga yang ditawarin. Jadi, itu dia ulasan kita tentang ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition.

ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition +
Desain Berkelas Harga Terlalu Mahal
RGB Lighting Driver Masih Belum Stabil
Kinerja 1080p & 1440p Yang worth banget Software AURA Sync Terpisah
Hemat Daya
Pendinginan Yang Superior

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat