Fitur Baru WhatsApp Kini Memungkinkan Pengguna Bisa Cek Fakta Terlebih Dahulu Dari Pesan Viral

WhatsApp kini memiliki fitur baru yang bisa membantu pengguna untuk terhindar dari segala macam berita Hoaxs yang biasa menyebar pada aplikasi perpesanan paling populer di dunia tersebut.

Nantinya, ketika seseorang mengirimkan pesan dalam bentuk link, pengguna yang menerima bisa memeriksa fakta terlebih dahulu secara langsung melalui Google tentang semua kebenarannya. Hanya saja, Fitur ini baru tersedia pada beberapa negara tertentu aja (atau pada awalnya), seperti AS, Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, dan Inggris.

Baca juga : GIGABYTE Umumkan CPU Cooler Baru AORUS ATC800, Mampu Dominasi Core i9-10900K 5.1GHz Dengan Hasil Positif

Biasanya, aplikasi perpesanan ini sering mendapatkan banyak kritikan karena menjadi tempat berlabuhnya berita Hoax semakin menjadi. Untuk itulah, pihak pengembang terus memberikan banyak fitur baru untuk menjaga pengguna dari berita yang salah kaprah, salah satunya adalah fitur terbaru ini.

WhatsApp

Hanya saja, Pengguna WhatsApp akan melihat ikon kaca pembesar di sebelah pesan ketika itu telah diteruskan lebih dari lima kali. Hal yang perlu dilakukan adalah mengetuknya untuk mencari konten pesan online, yang akan membantu orang menemukan apakah itu teori nyata atau salah informasi / konspirasi.

Contoh penggunaan WhatsApp adalah pesan yang menyatakan “minum air bawang putih segar akan menyembuhkan COVID-19.” Menekan ikon meminta izin untuk mencari ini di web, yang memunculkan beberapa situs web pengecekan fakta yang menunjukkan klaim itu salah.

Siapa saja dapat melakukan pencarian web cepat sendiri untuk memeriksa validitas pesan, tentu saja, tetapi fitur baru ini membuat proses lebih cepat dan lebih mudah, dan dapat mendorong lebih banyak orang untuk mengkonfirmasi fakta daripada menganggap apa yang mereka baca itu sudah benar duluan.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts