- Berita Terbaru, Software, Windows

Butuh Alat Recovery Gratis? Coba Aja Windows File Recovery

Ada tools baru nih dari Microsoft yang bisa bermanfaat banget buat kalian yang enggak sengaja kehilangan file penting, yaitu Windows File Recovery. Intinya, ini merupakan aplikasi baris perintah yang akan memulihkan berbagai file dan dokumen dari hard drive lokal, USB Drive, bahkan bisa juga dipakai untuk mengembalikan file dari SD Card.

Ini tentu bisa jadi berita yang menggembirakan buat kalian yang butuh pencerahan setelah kehilangan semangat gara-gara file penting kalian hilang. Hal terbaiknya, ini merupakan software gratis yang tersedia melalui Windows Store.

Baca juga : Microsoft Dikabarkan Akan Rilis Xbox Series S Dengan Harga Jauh Lebih Terjangkau

Jadi, cara kerjanya sama seperti tools recovery file lainnya, dimana kalian harus menggunakannya sesegera mungkin pada file yang dihapus untuk memastikan mereka belum ditimpa, misal batas waktu format hanya sekali saja sebelum ada file lain yang menimpa.

Windows File Recovery

Dan alat ini bisa memulihkan banyak file umum, seperti MP3, video MP4, dokumen PDF, gambar JPEG, dan dokumen Word, Excel, dan PowerPoint yang khas. Hanya saja, Windows File Recovery memiliki mode default yang dirancang terutama untuk sistem file NTFS. Ini akan memulihkan file dari disk yang rusak atau setelah kalian memformat disk.

Alat ini juga menawarkan opsi lainnya yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan jenis file tertentu di seluruh sistem file FAT, exFAT, dan ReFS yang disebut signature mode. Mode ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil file, namun proses pemulihan bisa lebih akurat.

Jadi, kehadiran Windows File Recovery akan menjadi software penting bagi mereka yang secara tidak sengaja menghapus dokumen penting, atau menghapus drive secara tidak sengaja. Microsoft sebenernya sudah menyediakan pilihan yang memungkinkan kalian memulihkan dokumen sebelum memakai Windows 10. Hanya saja, kalian harus mengaktifkannya secara khusus agar bisa menggunakan fitur File History yang dinonaktifkan secara default.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat