- Berita Terbaru, Motherboard

Mobo B450 & X470 Akhirnya Resmi Dukung Prosesor Terbaru AMD “Zen 3” Ryzen 4000 Series

Sebelumnya kita telah mendengar kabar buruk bahwa jajaran motherboard AMD 400 series, seperti Mobo B450 maupun X470 tidak mendukung prosesor baru yang didasarkan pada arsitektur “Zen 3” yang akan datang. Nyatanya, ada kabar gembira bagi para pemilik mobo lama, dimana produsen telah menetapkan bahwa chipset AMD B450 dan X470 masih bisa mendukung prosesor baru AMD berikutnya, setidaknya untuk Ryzen 4000.

Hal tersebut diungkap langsung dari AMD sendiri, dimana mereka mengatakan bahwa telah menerima umpan balik pengguna secara cermat. Meskipun ada sejumlah kendala dan tantangan, namun pada akhirnya mobo lama, khususnya B450 maupun X470 masih bisa dipakai untuk mendukung era “Zen 3”.

Baca juga : Pre-Order ASUS TUF Gaming FX506 Kini Sudah Tersedia, Ryzen 4000 Mobile Series & Nvidia GPU Siap Menanti

Hanya saja, perlu dicatat bahwa akan ada sejumlah batasan yang bisa saja tidak memberikan kinerja maksimum dari Ryzen 4000, meskipun tidak terlalu signifikan. Dan nantinya, produsen motherboard akan memberikan update bios saat prosesor baru tiba.

AMD sendiri mengatakan bahwa mereka akan melakukan beberapa langkah bersama mitra produsen motherboard mereka untuk mewujudkan semua hal tersebut terjadi, termasuk :

  • Mengembangkan dan mengaktifkan mitra motherboard kami dengan kode untuk mendukung prosesor berbasis “Zen 3” di BIOS beta pilihan untuk motherboard AMD B450 dan X470. \
  • Update BIOS opsional ini akan menonaktifkan dukungan untuk banyak model AMD Ryzen ™ Desktop Processor yang ada untuk membuat ruang ROM yang diperlukan tersedia.
  • BIOS beta pilihan akan memungkinkan jalur peningkatan satu arah untuk Prosesor AMD Ryzen dengan “Zen 3,” yang akan datang akhir tahun ini. Flashing kembali ke versi BIOS yang lebih lama tidak akan didukung.
  • Untuk mengurangi potensi kebingungan, tujuan AMD adalah menawarkan unduhan BIOS hanya untuk pelanggan terverifikasi dari motherboard seri 400 yang telah membeli prosesor desktop baru dengan “Zen 3” di dalamnya. Ini akan membantu AMD memastikan bahwa pelanggan memiliki prosesor yang dapat di-boot setelah BIOS menyala, meminimalkan risiko pengguna dapat terjebak dalam situasi tanpa-boot.
  • Waktu dan ketersediaan pembaruan BIOS akan bervariasi dan mungkin tidak segera bersamaan dengan ketersediaan prosesor berbasis “Zen 3” pertama.
  • Ini adalah jalur terakhir yang dapat diaktifkan AMD untuk 400 Series motherboard agar bisa menambahkan dukungan CPU baru. Rilis CPU di luar “Zen 3” membutuhkan motherboard yang lebih baru.
  • AMD terus merekomendasikan motherboard AMD 500 Series untuk kinerja dan fitur terbaik dengan CPU baru mereka.

Hingga pada akhirnya, komitmen AMD bersama AM4 bisa terpenuhi seutuhnya, meskipun tahun ini merupakan tahun terakhir untuk seri 400 bisa berpetualang bersama jajaran prosesor baru tim merah.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat