- Cooler, Tutorial

CPU Cooler Mana Sih Yang Pas Buat Saya? Simak Penjelasannya Di Sini

Ada banyak pilihan prosesor desktop hebat di luar sana, tapi sebelum memilih, terkadang kalian juga harus mempertimbangkan CPU Cooler alias pendingin prosesor. Mengapa begitu? Terciptanya kondisi suhu yang ideal tentu bakal memberikan kinerja terbaik buat prosesor yang kalian miliki, apalagi jika itu memiliki fitur Overclocking.

Pertanyaannya, pilihan mana yang tepat buat kalian? Sebelum menentukan hal tersebut, ada baiknya kalian mempertimbangkan beberapa hal atau beberapa faktor yang bisa memudahkan pencarian kalian sebelum membelinya. Atau juga, ini bisa jadi tambahan ilmu yang bermanfaat saat kalian berencana akan upgrade CPU Cooler.

Baca juga : Motherboard Intel Z490 Sudah Tersedia Secara Pre Order, Harga Bisa Lebih Mahal Dibanding Z390

Hal Yang Perlu Kalian Ketahui : CPU Cooler

Sebagaimana kita tahu, CPU Cooler merupakan perangkat penting untuk mendinginkan prosesor, khususnya untuk menarik panas dan mengeluarkannya keluar. Hasilnya, suhu akan tetap stabil dan bisa dalam kondisi terbaiknya saat bekerja, termasuk meningkatkan efisiensi.

Nah, ada dua pilihan CPU Cooler yang udah ada di pasaran hari ini, yaitu pendingin berbasis udara alias Air Cooler dan Liquid Water Cooling, alias pendingin yang menggunakan media cairan untuk mengatasi panas yang dikeluarkan prosesor.

CPU Cooler

Dari kedua pilihan ini, pilihan termurah biasanya berada pada Air Cooler, termasuk kemudahan untuk memasangnya. Tentu, itu karena pilihan komponen pada jenis pendingin CPU ini enggak terlalu banyak, seperti Fan maupun heatsink. Bahkan perlu proses yang singkat untuk bisa membuatnya bekerja.

Sedangkan untuk Liquid Cool, pilihan ini bisa lebih mahal dan memiliki banyak komponen, apalagi jika kalian ingin memakai pilihan custom. Harga dan waktu proses untuk membangunnya bisa jauh lebih lama dibanding saat merakit OC berdasarkan Air Cooler. Tapi, nilai estetika bisa jauh lebih menarik (meskipun preferensi bisa berbeda dari setiap orang), termasuk fitur yang lebih hening saat bekerja.

Pendingin berbasis udara alias Air Cooler biasanya memiliki banyak macam varian, dimana pilihan paling murah terkadang udah tersedia atau udah disediakan oleh produsen pembuat prosesor yang biasa disebut dengan stock cooler. Pilihan ini pada dasarnya udah mencukupi, jika kalian memakainya secara normal.

Misal, AMD memiliki pilihan solid untuk stock cooler sekelas Wraith Stealth, dimana CPU Cooler ini bisa berharga banget bagi pengguna yang enggak pengen ngeluarin anggaran extra untuk membeli perangkat pendingin lain. Hanya saja, ada keterbatasan yang ditawarkan Stock Cooler tersebut, dimana pendingin ini tidak bisa memberikan kinerja OC yang lebih tinggi. Disinilah, jika kalian pengen ngeluarin potensi terbaik dari prosesor kalian, apalagi jika CPU yang kalian miliki punya fitur OC, maka kehadiran pendingin ketiga bisa jauh lebih jitu untuk dipertimbangkan.

Mengapa begitu? Terkadang pilihan extra akan membawa banyak fitur jauh lebih menarik, karena tidak hanya ruang kinerja yang bisa lebih solid, namun juga estetika yang lebih berwarna. Contohnya adalah kehadiran CPU Cooler premium yang ditawarkan beberapa produsen besar seperti NZXT, Cooler Master maupun Corsair.

Mengapa harus mempertimbangkan Brand Populer?

Meskipun istilah ini belum seutuhnya benar, namun merk populer biasanya menawarkan pilihan yang lebih solid, baik dari kualitas, kinerja termasuk estetika. Hanya saja, itu tentu enggak datang dengan murah, namun setidaknya ada kepastian dari nilai extra yang ditawarkan, terlebih lagi untuk penggunaan jangka Panjang.

Jadi, ketika kalian berencana untuk upgrade CPU Cooler, mengorbankan sedikit (atau lebih banyak) anggaran dengan memilih solusi pasti dari merk populer akan membawa nilai berharga buat penggunaan dalam waktu yang sangat lama. Disamping itu, CPU Cooler juga bisa dipakai pada banyak perangkat, jadi tidak terbatas untuk satu platform saja.

Mana Yang Harus Saya Pilih, Air Cooler Atau AIO Liquid Cooler?

Ketika Stock Cooler belum bisa diandelin buat kinerja terbaik prosesor yang kalian miliki, kehadiran CPU Cooler yang lebih nendang akan memberikan solusi pasti. Cuman, terkadang suka ada dilemma, khususnya dari pilihan antara Air Cooler atau All In One Liquid Cooler (AIO).

AIR Cooler pada dasarnya punya keunggulan dari nilai harga yang lebih terjangkau, kemudahan untuk memasangnya, termasuk estetika yang sebenernnya juga enggak kalah kerennya. Apalagi jika heatsing dan Fan yang hadir benar-benar terbaik untuk performa maupun desain. Cuman, minus terbesar yang ditawarkan CPU Cooler berbasis udara adalah tingkat kebisingan, meskipun pilihan modern hari ini bisa lebih positif. Tapi tetap saja AIR Cooler bisa lebih bising dibanding pendingin berbasis Cairan.

Sedangkan untuk AIO Liquid Cooler, atau satu paket lengkap pendingin Cair biasanya menawarkan solusi pasti untuk desain dan kinerja, bahkan jika kalian memilih pilihan terbaik untuk pergi. Kinerja yang tenang dan bisa mendinginkan CPU paling gahar menjadi salah satu nilai unggulannya, cuman harga yang ditawarkan enggak datang dengan murah. Apalagi jika kalian pengen fitur paling mewah dari AIO. Dan salah satu kendala pendingin ini adalah proses pemasangan yang agak ribet, apalagi buat newbie.

Kedua pilihan ini sama-sama membawa nilai positif maupun minus yang dihadirkan, hanya saja jika kalian menginginkan nilai harga yang lebih terjangkau, pemasangan yang enggak ribet dan masih bisa bawa performa yang positif, maka Air Cooler bisa jadi solusi pastinya. Namun jika kalian menginginkan nilai yang lebih bermakna dari estetika, hening, dan solusi tajir untuk mendinginkan prosesor hebat kalian, maka AIO Liquid Cooler bisa jadi pilihan pastinya.

Kesimpulan Awal

Sebelum kita pergi terlalu jauh, sebenernya masih ada banyak hal yang perlu kalian pertimbangin tentang CPU Cooler yang ideal. Hanya saja, jika pada dasarnya stock cooler bawaan prosesor yang kalian masih miliki masih ideal dan mencukupi, apalagi hanya buat penggunaan kasual tanpa hal extra lainnya, maka pilihan ini bisa jadi yang terbaik, Apalagi jika anggaran yang kalian miliki terbatas.

Jadi, itu dia beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang CPU Cooler, meskipun masih ada banyak hal seru lainnya yang belum kami ungkap sepenuhnya. Namun, setidaknya kalian sudah bisa mengetahui pilihan yang pas buat kalian bukan? Jika ada pertanyaan atau koreksi, kalian bisa mengomentarinya lewat kolom komentar dibawah ini. Yang pasti, semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat