AMD Radeon RX 590 Late Review : Harga Semakin Murah, Kinerja Masih Powerful

AMD Radeon RX 590 sebenernya punya potensi sebagai salah satu VGA yang masih worth banget hingga hari ini. Pertanyaannya, bisakah VGA ini bersaing dengan kartu grafis modern terbaru, khususnya untuk real gaming di pengaturan nyata?

Untuk lebih lengkapnya, apalagi jika kalian berencana akan membeli seri lama yang sebenernya masih fresh untuk diungkap, simak terus penjelasan detailnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS ROG STRIX RX 5600 XT TOP Edition Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

Radeon RX 590 Late Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Bulan November 2018, Radeon RX 590 dirilis dan pilihan GPU terbaru tim merah ini membawa angin sejuk yang cukup berharga bagi pengguna untuk libas gaming di level 1080p dengan performa yang lebih positif, khususnya jika dibandingkan dengan RX 580 atau GTX 1060. Hanya saja, nilai popularitas VGA ini seolah meredup dalam waktu singkat terlebih lagi semakin banyak pilihan VGA baru yang lebih superior dalam harga, meskipun performa yang ditawarkan RX 590 sebenernya masih bisa dibilang sangat baik hingga hari ini.

Radeon RX 590

Harga rilis yang ditawarkan pada seri RX 590 memiliki nilai 4.5 jutaan. Waktu itu cukup terjangkau, terlebih lagi spesifikasi tinggi yang bisa menawarkan kegiatan gaming rata kanan di level 1080p dengan hambatan yang enggak terlalu berarti.

Hanya saja, beberapa minus mungkin masih agak berat buat pengguna modern jaman now, khususnya dari nilai konsumsi daya. Meskipun begitu, Radeon RX 590 pada dasarnya punya nilai unggulan berarti, apalagi harga yang ditawarkan kini jauh lebih terjangkau dengan nilai harga semakin membumi, yakni sekitar 3 jutaan.

Radeon RX 590

Salah satu opsi ideal yang masih cukup nendang untuk seri RX 590 adalah PowerColor dengan seri Red Devil yang punya tampilan cukup berwibawa. Kalian bahkan bisa melihat seri ini masih terjual di etalase toko dengan harga cukup murah sekitar 3.1 jutaan. Padahal spesifikasi yang hadir sangat solid untuk menantang gaming modern di pengaturan tertinggi.

Spesifikasi PowerColor RX 590 Red Devil
Video Memory 8GB GDDR5
Stream Processor 2304 Units
Engine Clock up to 1576MHz(OC)/1545MHz(Silent)
Compute Units 36
Memory Speed (Effective) 8 Gbps
Memory Clock 2000MHz x4 (8.0Gbps)
Memory Interface 256-bit
DirectX® Support 12
Bus Standard PCIE 3.0
Standard Display Connectors DL DVI-D/ HDMI/ DisplayPort x3
Harga Rp3.170.000

Dengan berbekal kekuatan 8GB GDDR5, 2304 Stream Processor, memory interface 256-bit, clockspeed up to 1576Mhz, memory Clock up to 2000Mhz, dukungan DX12 dan bus standar PCIe 3.0, apa yang ditawarkan Radeon RX 590 melalui PowerColor Red Devil tentu cukup menggairahkan bagi kalian, apalagi jika kalian ingin memaksimalkan kinerja penuh VGA tersebut buat game berat di level 1080p, bahkan beberapa game masih bisa dilibas di resolusi 1440p.

Pertanyaannya, bisakah VGA ini bersaing dengan VGA modern yang punya spesifikasi jauh lebih cangih atau harga yang serupa? Kita akan tunjukan seberapa efektif Radeon RX 590 dalam hal kinerja pada beberapa game modern dibawah ini.

Performa

Battlefield V

Pertama ada Battlefield V, dimana game ini menjadi salah satu game yang masih seru untuk dimainkan dengan suguhan visual yang sangat menarik. Kalian bahkan perlu memiliki kartu grafis handal buat libas di pengaturan tertinggi.

Radeon RX 590

Untungnya, Radeon RX 590 masih memiliki wibawa dan bisa memberikan kinerja dengan Fps rata-rata hingga 77 dengan perbedaan sekitar 5.4% lebih baik dibanding GTX 1660 Super maupun RX 5500 XT versi 4GB.

Assassin’s Creed  Odyssey

Hal yang sama juga berlaku untuk Assassin’s Creed  Odyssey, bahkan hanya terpaut beberapa Fps aja jika dibanding GTX 1660 Super dengan selisih sekitar 4% dalam hal kinerja.

Shadow Of The Tomb Raider

Sedangkan untuk Shadow Of The Tomb Raider, Radeon RX 590 mampu memberikan nilai unggulan pasti dibanding RX 5500 XT maupun GTX 1660 dengan selisih sekitar 4.3%.

Gears 5

Untuk game terbaru sekelas Gears 5, Radeon RX 590 mampu mengungguli semua pesaing pada nilai harga yang hampir sama dengan nilai Fps paling besar, termasuk dengan GTX 1660 Super dengan selisih sekitar 13%.

GTA V

Sayangnya, Radeon RX 590 tidak mampu bersaing ketat pada game lama yang sebenernya masih layak untuk dimainkan hingga hari ini, yaitu GTA V dengan Fps rata-rata 68. Terpaut selisih sekitar 14% dibanding GTX 1660 Super.

Star Wars Jedi: Fallen Order

Terakhir, dan bisa jadi penyempurna untuk nunjukin kekuatan RX 590 pada beberapa game modern adalah skenario Star Wars Jedi: Fallen Order. Secara utuh, VGA ini masih layak banget untuk libas game tersebut di pengaturan tertinggi, khususnya pada level 1080p dengan Fps rata-rata hingga 77. Sangat layak dan bisa melebihi ekspetasi kalian jika dibanding VGA lain pada harga yang sama atau sedikit lebih tinggi.

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu yang ditawarkan PowerColor Red Devil pada dasarnya sangat baik dan mencukupi, bahkan untuk kegiatan gaming terlama sekalipun. VGA ini bahkan mampu menghasilkan suhu normal dengan rata-rata hingga 78°Celcius, dan itu terhitung cukup baik. Hanya saja, fan agak sedikit berisik saat sedang bekerja tinggi, meskipun masih terhitung normal juga sih.

Sedangkan untuk konsumsi daya, nilai minus terbesar yang tentu aja enggak bisa bersaing ketat dengan kartu grafis modern hari ini adalah faktor ini. Radeon RX 590 bahkan memiliki konsumsi daya terbesar dengan rata-rata hingga 188 Watt, jauh berbeda hingga 79% dibanding RX 5500 XT.

Kesimpulan

AMD Radeon RX 590 pada dasarnya masih bisa memberikan performa yang sangat handal untuk kegiatan gaming 1080p tanpa banyak hambatan berarti, bahkan masih sanggup menggunguli beberapa kartu grafis pada kisaran harga yang hampir sama atau sedikit lebih baik. Dan hal terbaiknya, seri ini semakin membumi dengan nilai jauh lebih murah, termasuk kestabilan driver yang benar-benar menyenangkan untuk dilalui.

Cuman, tentu nilai konsumsi daya yang besar masih menjadi kendala bagi beberapa konsumen, apalagi bagi mereka menginginkan solusi terbaik untuk urusan ini, namun masih bisa memberikan kinerja handal dalam segala kegiatan yang bakal mereka hadapi.

Tapi terlepas dari itu semua, dan jika kalian pada dasarnya enggak terlalu peduli dalam urusan konsumsi daya, menginginkan alternatif hebat untuk urusan VGA nendang pada harga yang tepat, PowerColor RX 590 bisa menjadi salah satu pilihan idealnya, bahkan masih worth banget untuk libas game modern jaman now.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts